Yuk, Kenalan Dengan Kopi Enrekang Khas Sulawesi Selatan

Sahabat, sebelum ngopi enaknya kita bahas dulu perihal kopi, yuk! Sebagai pecinta kopi, tentu Sahabat telah mengetahui berbagai  jenis dan merek kopi. Salah satu yang sudah terkenal yaitu kopi Toraja dari Provinsi Sulawesi Selatan, tetapi tahukah Sahabat, kalau ada 1 daerah lagi yang juga memiliki produk kopi yang rasanya juga nikmat selain kopi Toraja loh. Ya, namanya adalah Kopi Enrekang, berasal dari Kabupaten Enrekang yang menjadi salah satu daerah penghasil Kopi di daerah Kalosi, Sulawesi Selatan.

 

Apakah Sahabat masih merasa asing dengan daerah Kabupaten Enrekang atau Kalosi? Kabupaten Enrekang sebenarnya tetangga sebelah dari daerah Toraja. Walaupun berbatasan wilayah, tetapi kedua daerah tersebut memiliki cita rasa kopi yang berbeda, dipengaruhi oleh letak geografis serta kondisi tanah. Selain itu, banyak juga penyaji kopi atau roaster yang sering salah memberikan nama kopi Kalosi Toraja, padahal kopi Toraja dan kopi Kalosi itu jelas berbeda.

 

Kopi Kalosi telah memenangkan speciality kopi No.1 dan 2 Kontes Kopi Specialty Indonesia 2008, di Jember,  Jawa Timur. Kontes ini memperlombakan aroma dan citarasa berbagai komoditas kopi dari seluruh daerah penghasil kopi di Indonesia. Kontes ini diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dan beberapa pihak lainnya.  Pastinya, juara satu dan juara dua direbut oleh Kabupaten Enrekang.

 

Jenis kopi yang banyak di kembangkan di daerah Kalosi ini adalah arabica typica yang  menjadi kopi langka dan tertua di dunia, karena hanya dapat dibudidayakan pada daerah dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, jenis kopi ini hanya bisa tumbuh di Kabupaten Enrekang dan beberapa perkebunan kopi yang dikembangkan oleh masyarakat dan tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Bungin, Baraka, Alla, Buntu Batu, Curio, Masalle, Baroko dan sebagian kecil di wilayah Kecamatan Enrekang, Malua dan Anggeraja.

 

Buat Sahabat yang sudah tidak sabar dan pengen langsung mencoba Kopi Enrekang, ga perlu jauh-jauh ke Enrekang. Produk ini sudah tersedia dibeberapa online shop di Indonesia! Selamat mencoba!