Yuk Ke Tempat Wisata di Bangka Yang Kekinian, Danau Camoi Aek Biru

Pulau Bangka, sebagai salah satu pulau besar yang ada di Indonesia tentunya mempunyai daya alam yang mengagumkan. Selain dikenal sebagai pulau penghasil timah, Pulau Bangka juga mempunyai beberapa tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Mulai dari pantai, bekas tambang, alam yang asri hampir semua tersedia di Pulau Bangka. Namun Sahabat, ada satu tempat wisata di Bangka yang sekarang sedang kekinian yaitu Danau Camoi Aek Biru. Mau tahu seperti apa sih danau cantik dengan air yang biru bagaikan warni langit ini ? Yuk, simak penjelasan di bawah ini

Apa itu Danau Camoi Aek Biru ?

Danau Camoi Aek Biru merupakan bekas galian tambang timah yang sudah tidak terpakai. Hal ini tidak lepas karena Pulau Bangka yang menjadi penghasil tambang timah terbesar di Indonesia. Namun berkat keindahan air nya yang berwarna biru muda dan dikelilingi oleh bongkahan kapur membuat perpaduan warna menjadi sangat indah seakan-akan seperti danau yang dikelilingi oleh salju.

Tidak lupa Sahabat, ternyata nama Camoi Aek Biru ini dibuat oleh masyarakat Bangka sendiri. Camoi atau Camoik yang mempunyai arti dalam bahasa setempat adalah bekas galian tambang yang sudah tidak dan Aek yang berarti air. Lalu kata biru diambil dari warna air yang ada di danau ini.

Apa saja yang bisa dilakukan di Danau Camoi Aek Biru ?

Sumber: Flickr

 

Dengan warna airnya yang biru seperti langit dan gundukan kapur putih di sekelilingnya, Sahabat dapat mendapatkan hasil foto yang bagus dan instagram-able disini. Sahabat bisa puas berfoto ria dengan segala angle karena hampir di setiap spot sekitar tempat ini sangat bagus. Namun jika Sahabat merasa belum puas jika hanya berfoto, Sahabat bisa mencoba untuk berenang di danau ini. Ditambah, masyarakat sekitar mempercayai bahwa air di Danau Camoi Aek Biru ini dapat membantu kulit menjadi lebih lembut dan halus loh. Selain berenang dan berfoto, bagi Sahabat yang ingin menguji adrenalin, Sahabat bisa mencoba untuk melompat dari dinding danau di tepian.

Cara menuju Danau Camoi Aek Biru

Sumber: Flickr

 

Untuk menuju tempat wisata di Bangka ini pun terbilang tidak sulit. Danau Camoi Aek Biru terletak di Desa Air Bara, Koba. Berjarak sekitar 50 km dari kota Pangkal Pinang yang bisa Sahabat tempuh dengan mobil kira-kira selama 1 jam hingga 1,5 jam perjalanan. Lalu Sahabat akan menemukan Perempatan Simpang Bembang sebelum memasuki Desa Air Bara. Beberapa ratus meter dari perempatan itu, Danau Camoi Aek Biru akan terlihat di sebelah kiri.

Bagaimana Sahabat? Tertarik bukan untuk mengunjungi tempat wisata di Bangka yang sedang kekinian ini. Namun jika ingin berkunjung kesana, lebih baik pada sore hari Sahabat karena saat siang hari cuaca akan sangat panas ditambah warna birunya yang bisa memantulkan cahaya. Jangan lupa bagi Sahabat yang ingin berenang untuk membawa baju ganti ya. Selamat berlibur Sahabat!