Tradisi Ngaben Massal Bali, Ritual Pengembalian Jasad Ke Unsur Asalnya

Siapa sih yang tidak mengenal Bali? Pulau yang memiliki beragam tradisi dan kebudayaan unik ini sangat terkenal di dunia internasional. Salah satu yang cukup fenomenal di telinga masyarakat adalah tradisi Ngaben. Ngaben secara awam lebih dikenal dengan tradisi “Pembakaran Mayat” yang biasa dilakukan oleh masyarakat Bali.

Sumber : Foto Kontestan

Namun, sebenarnya istilah “Pembakaran Mayat” tak selamanya tepat. Bagi masyarakat Bali, Ngaben juga biasa disebut Palebon. Palebon sendiri memiliki arti “tanah atau debu”. Sehingga Ngaben atau Palebon merupakan sebuah prosesi upacara bagi orang yang meninggal supaya kembali berwujud tanah dan debu.

Seperti yang telah berhasil diabadikan oleh akun instagram @man_dollo sebagai salah satu peserta Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance. Dalam hal men-tanah-kan, masyarakat Hindu Bali mengenal dua cara, yaitu dengan membakarnya atau menguburnya.

Mengenal Tradisi Ngaben Massal

Berdasarkan pelaksanaannya, tradisi Ngaben adalah sebuah tahap terakhir perjalanan manusia di bumi yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sehingga akhir-akhir ini mulai ditradisikan “Ngaben Massal” agar dapat meringankan beban biaya pengeluaran keluarga yang ditinggalkan.

Walaupun harus melakukannya dengan massal, tradisi Ngaben ini tak akan mengurangi makna dari upacara yang diselenggarakan karena menyesuaikan dengan dasar agama. Pemerintah setempat mendorong masyarakatnya dan mengapresiasi penyelenggaraan tradisi Ngaben Massal ini agar dapat berjalan lancar.

Adapun istilah Ngaben Kecil untuk bayi yang biasa disebut dengan “Ngelungah”. Sementara istilah “Nyekah” adalah upacara sebelum Ngaben dikarenakan belum mempunyai biaya. Dalam upacara tradisi Ngaben Massal ini dipungut biaya yang berbeda-beda, berdasarkan golongan tingkatannya.

Sumber : Flickr

Peserta Ngaben ini tidak hanya dari desa adat pelaksana, namun berasal dari desa adat sekitar, bahkan ada yang berasal dari luar Pulau Bali. Ketika tradisi Ngaben akan berlangsung masing-masing keluarga nantinya akan diberikan penyerahan dupa dan berdoa agar diberikan kelancaran dalam prosesinya.

Tradisi Ngaben Massal Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Upacara Ngaben Massal ternyata menjadi salah satu daya tarik budaya dalam sektor pariwisata, khususnya bagi wisatawan mancanegara. Hampir semua Banjar (wilayah administratif di bawah desa, setingkat dengan rukun warga) akan selalu mengadakan Ngaben Massal. Kegiatan ritual sekaligus kebudayaan ini juga akan menjadi tontonan menarik bagi turis yang datang di Pulau Bali.

Menurut pengelola pariwisata di Bali, kunjungan turis asing terus meningkat dari tahun ke tahun, hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor utama, dikarenakan situasi negara asal turis sekarang ini sedang berlangsung musim liburan, terutama di Eropa.

Faktor Kedua, citra Ubud dan Bali yang diberitakan di media membangkitkan semangat turis untuk hadir datang ke sini. Seperti contohnya kedatangan mantan Presiden Amerika Barrack Obama, Pesepak bola ternama David Beckham, sejumlah aktor film dan penyanyi terkenal seperti John Legend dan banyak lagi.

Faktor Ketiga, pelestarian budaya yang kuat di kawasan Bali, inilah yang menjadi magnet tersendiri bagi sejumlah turis asing datang. Ada beragam kegiatan yang sering dilakukan di sejumlah Pura, adanya kegiatan Ngaben Massal ini dan beragam kegiatan ritual adat yang dilakukan di desa Padangtegal, sehingga mampu menyedot perhatian sejumlah turis asing untuk bisa berkunjung ke Bali.

Faktor Keempat, destinasi wisata di Ubud, Bali bisa dikatakan sangat lengkap dengan sejumlah wisatanya. Hal tersebut bisa dilihat dari kekuatan ritual, kebudayaan, kuliner dan pesona keindahan alamnya yang sangat memukau.

 

Nah Sahabat, itulah salah satu tradisi kebudayaan Nusantara yang patut diacungi jempol serta diapresiasi. Sahabat juga bisa ikut serta menonton secara langsung prosesi Ngaben Massal tersebut di Bali agar lebih mendongkrak pariwisata di Bali.


Keterangan
Lokasi : denpasar, bali
Jelajah BALI

04-06-2017 9:38 PM
Pandawa Beach

07-03-2018 5:31 AM
Gandhi Bali Tours

09-03-2018 3:51 AM
STEVE AOKI AT SKY GARDEN