Mengenal Apa Itu Teater Koma Yang Sangat Legendaris

Seni teater merupakan sebuah kesenian yang pernah booming di Indonesia, bahkan pernah ditayangkan di layar televisi dan panggung konvensional. Namun, semakin berkembangnya zaman dan teknologi, kancah perteateran mulai berkurang peminatnya.

Tahukah Sahabat jika ada satu kelompok teater yang sangat melegenda, kelompok ini bernama Teater Koma. Saking terkenalnya kelompok teater ini, setiap pertunjukan yang mereka gelar selalu dipadati oleh penonton.

Mengenal Teater Koma

Apa sih Teater Koma itu? Pasti Sahabat masih bertanya-tanya tentang hal tersebut. Teater Koma merupakan satu kelompok seni teater yang berdiri pada tanggal 1 Maret 1977 di Jakarta. Sebagai grup teater yang sudah cukup tua, mereka mempunyai reputasi yang sangat bagus di kancah perteateran Indonesia. Bahkan sudah tercatat 111 repertoar (naskah drama) yang mereka mainkan, baik di layar televisi atau di panggung konvensional.

Teater Koma melakukan debut kreatifnya di berbagai tempat, seperti Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, TVRI, Gedung Kesenian Jakarta, serta tempat-tempat lain di luar Jakarta. Teater Koma termasuk perkumpulan kesenian yang bersifat non profit dan diikuti sekitar 30 anggota aktif serta 50 anggota yang biasa berhimpun bersama.

https://img.jakpost.net/c/2017/07/28/2017_07_28_30336_1501216018._large.jpg

Sejarah Singkat Teater Koma

Didirikan oleh N. Riantiarno sebagai tokoh sentral sekaligus pimpinan Teater Koma. Beliau seringkali melakukan tindakan sebagai sutradara serta penulis skenario. Bahkan, naskah Riantiarno seringkali dimainkan oleh grup teater lain serta jadi materi festival teater di beberapa daerah. Sampai tahun 2015, grup ini sudah memproduksi sekitar 140 pementasan baik di televisi atau di panggung.

Teater Koma banyak mementaskan karya dari N. Riantiarno, seperti Rumah kertas, Maaf.Maaf.Maaf, J.J, Trilogi Opera Kecoa, Opera Sinar Putih, Republik Bagong, Rumah Pasir, dan masih banyak lagi. Nggak hanya itu saja Sahabat, Teater koma juga sering menggelar karya dramawan kelas dunia, seperti William Shakespeare, Bertolt Brecht, Moliere, Aristophanes dan lain sebagainya.

N. Riantiarno dan Teater Koma tetap yakin, teater bisa menjadi salah satu jembatan menuju suatu keseimbangan batin dan jalan bagi terciptanya kebahagiaan yang manusiawi. Jujur merupakan salah satu cara yang diyakini dalam seni teater sebagai cara untuk menemukan peran akal sehat dan budi nurani.

https://services.sportourism.id/fileload/sie-jin-kwie-melawan-siluman-barat-teater-koma-1jpg-QJUW.JPG?q=75

Teater Koma dikenal memiliki banyak pemirsa yang setia, bahkan pentas-pentasnya kerap di gelar lebih dari dua minggu dan pernah berpentas lebih dari sebulan. Sejarah seni drama Teater Koma penuh dengan liku getir, penuh pahit, duka suka lara bebarengan, Bahkan pernah diberhentikan oleh kekuasan Orde Baru (Orba) karena dianggap sebagai ancaman.

Opera Kecoa, Pementasan Paling Ditunggu Dari Teater Koma

Dari sekian banyak pentas teater yang mereka mainkan, Opera Kecoa merupakan pertunjukan yang paling terkenal dari Teater Koma. Naskah yang ditulis oleh Nano Riantiarno ini pertama kali dipentaskan pada tahun 1985. Namun, karena terhambat oleh izin maka diproduksi lagi pada tahun 1990. Opera Kecoa sendiri menceritakan kondisi susah golongan pinggir yang ingin bertahan hidup di Ibukota.

https://asset.kompas.com/crop/0x1:1000x668/750x500/data/photo/2017/08/11/125639520170811-125140-4723-teater-koma-pementasan-lakon-berjudul-warisan.jpg

Cerita pilu yang dihadapi golongan minoritas digambarkan dengan apik dalam Opera Kecoa, mereka menggambarkan bagaimana dunia riil dari golongan marjinal yang harus hidup memikul kemalangan di balik bayangan dinding-dinding pencakar langit. Di bawah arahan sutradara N. Riantiarno, Opera kecoa juga diiringi oleh komposisi musik dari almarhum Harry Roesli dan berbagai tokoh penting lainnya yang ikut andil dalam mendukung pementasan ini.

Bagaimana menurut Sahabat tentang Teater Koma ini? Meskipun sebagai grup teater tua di Indonesia, bayang-bayang dan juga pertunjukan mereka masih dikenang hingga sekarang. Pernahkah Sahabat menyaksikan pentas Teater Koma secara langsung?




Keterangan
Lokasi : jakarta pusat, dki jakarta
Jelajah DKI JAKARTA

18-09-2017 8:39 AM
Seni tari Topeng

18-09-2017 8:46 AM
Avia Tour

18-09-2017 8:23 AM
Kosenda Hotel