5 Jenis Tari Topeng Cirebon yang Kental Akan Adat dan Sejarahnya

Cirebon nggak hanya terkenal akan udangnya saja lho, namun juga tradisi budayanya, Sahabat. Nah, tari-tarian dari kota ini juga dinantikan oleh wisatawan yang datang ke sana, Sahabat. Salah satu tarian paling populer dikenal dengan nama tari topeng. Dulunya, tarian ini populer di wilayah kesultanan sekitar Subang, Brebes, Indramayu, Majalengka, Losari dan Jatibarang. Nggak heran jika daerah-daerah tersebut juga memiliki gaya tari topeng yang hampir mirip.

Lalu, bagaimana dengan pementasan dan jenis dari tari topeng tersebut? Simak informasinya di bawah ini, Sahabat!

Jenis Tari Topeng Cirebon

Tari topeng Cirebon dikenal memiliki ragam jenis tari yang berbeda, hal ini dikenal dengan nama Topeng Panca Wanda atau Topeng Lima Rupa. Masing-masing dari ekspresi dan bentuk dari topeng tersebut memiliki filosofinya tersendiri, Sahabat.

1. Topeng Panji

http://cireboncinnamon.com/wp-content/uploads/2018/01/cirebon1-4.jpg

Tari topeng yang pertama adalah Topeng Panji yang menggambarkan sucinya seorang anak yang baru lahir. Gerakan-gerakan sederhana, halus dan lembut membuat ciri khas tari topeng ini mudah dikenal. Selain itu pada bentuk topengnya berwarna putih dengan mata, hidung dan guratan lain yang tipis. Seperti kata pepatah mengatakan bahwa manusia yang baru lahir masih putih suci seperti kertas putih.

2. Topeng Samba

http://cireboncinnamon.com/wp-content/uploads/2018/01/cirebon2-4.jpg

Tarian ini menggambarkan ketika manusia masuk dalam fase anak-anak. Gerakan-gerakan yang lincah, lucu dan kurang luwes memang dihadirkan dalam tarian ini. Seperti anak-anak pada umumnya, topeng yang digunakan memiliki ekspresi seperti anak-anak dengan mata yang agak terbuka dengan warna agak merah muda.

3. Topeng Rumyang

http://cireboncinnamon.com/wp-content/uploads/2018/01/cirebon3-3.jpg

Tari Topeng Rumyang merupakan penggambaran ketika masuk dalam masa remaja atau masa mencari jati diri. Gerakan-gerakan pada tarian ini terlihat adanya pengulangan yang cenderung labil. Sebagai bentuk ekspresinya, topeng yang digunakan memiliki warna dasar merah muda dengan ukiran sederhana.

4. Topeng Tumenggung

http://cireboncinnamon.com/wp-content/uploads/2018/01/cirebon4-2.jpg

Gerakan yang tegas seperti mengisyaratkan kebijaksanaan ketika masuk ke dalam fase dewasa. Topeng yang digunakan pun memiliki ekspresi yang lebih tegas dan berwibawa dengan warna dominan merah. Untuk kostumnya sendiri biasanya penari menggunakan pakaian warna hitam. Tumenggung dalam bahasa setempat merupakan struktur kerajaan atau kesultanan dengan pangkat panglima perang.

5. Topeng Kelana

https://www.flickr.com/photos/naiinaiinaii/5130891035/

Tari topeng ini sebagai bentuk penggambaran keserakahan manusia yang terlalu ambisius dan amarah. Penarinya sendiri biasanya mengenakan kostum berwarna merah dengan gerakan-gerakan yang lebih lincah dari jenis tari topeng lainnya. Pada ekspresi topengnya terdapat banyak guratan yang rumit serta adanya ikatan tali ornamen khusus.

Pementasan Tari Topeng Cirebon

Pementasan tari topeng sering diadakan di bale (panggung) atau tempat terbuka lain dengan penari berada di bagian tengahnya. Biasanya sebagai alat penerangannya menggunakan obor atau sinar bulan langsung dengan diiringi oleh musik khas Cirebon.

 

Namun, kini tari topeng tersebut sudah berkembang dan dipentaskan di berbagai tempat untuk menarik pengunjung. Dihiasi dengan lampu-lampu sorot yang menawan dan dekorasi panggung yang menakjubkan. Dalam satu pementasan biasanya akan ada urutan dari tari topeng tersebut yang dimulai dari Tari Topeng Panji sampai Tari Topeng Kelana.

https://www.flickr.com/photos/qefy/6907254049/

 

Dari sejarah dan bentuk ekspresi masing-masing tari topeng tersebut memang sangat mengesankan, ya? Nggak ada jadwal pastinya dari pementasan tari topeng tersebut, jadi Sahabat perlu mencari informasinya lebih dalam lagi untuk melihat langsung pementasannya, ya!

 


Keterangan
Lokasi : cirebon, jawa barat
Jelajah JAWA BARAT

06-08-2017 9:10 AM
Mulia Car Rental

01-02-2018 4:32 PM
Rekreasi Berkreasi 2017

19-07-2017 2:18 AM
Curug Cibaliung

28-08-2017 8:48 AM
Kebun Strawberry Ciwidey