Tahu Tuna Pacitan

Usaha pengolahan ikan tuna yang saya jalankan telah melalui perjalanan panjang yang dimulai pada awal tahun tahun 2008. Saya membentuk kelompok pembudidaya ikan lele. Usaha budidaya ikan lele di daerah kami ternyata kurang menguntungkan karena berbagai faktor antara lain tidak tersedianya luasan tanah yang cukup, sumber air tidak melimpah, tidak tersedianya benih lele yang bagus, dan yang lebih penting lagi adalah harga pakan ikan yang sangat mahal ketika sampai di tempat kami akibat dari mahalnya ongkos transportasi.

pabrik tahu tuna terpercaya pacitan

Kunjungan Hayono suyono ke sentra dewa ruci

Melihat situasi yang berkembang pada awal tahun 2009 saya memutuskan untuk membentuk kelompok baru yang bergerak pada kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil kelautan dan perikanan tetapi masih seputar ikan lele. Berbagai langkah dan upaya kami lakukan untuk bisa mengolah dan memasarkan olahan ikan lele bahkan pada tahun 2011 kami mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan berupa bantuan peralatan pengolahan untuk memproduksi Bakso ikan. Tanpa kenal lelah usaha terus kami lakukan tetapi memasaran olahan ikan lele ternyata bukan perkara yang mudah. Sebagian besar calon konsumen menolak ketika kami tawari produk olahan ikan lele.

 

Akhirnya pada April 2013 kami dirikan usaha pengolahan aneka produk tuna dengan merek dagang “DEWA RUCI” dimana kami memutuskan untuk mengganti jenis ikan yang kami olah dari ikan lele menjadi ikan tuna.

 

Inilah awal dari kepercayaan diri kami karena dengan mengolah ikan tuna segar, ternyata faktor pemasaran menjadi lebih mudah untuk kami atasi. Difasilitasi oleh pemerintah daerah kabupaten Pacitan melalui Bagian Perekonomian, kami mengikuti berbagai event pameran produk olahan ikan sehingga produk kami perlahan tapi pasti semakin dikenal oleh masyarakat.

 

Kenapa memilih usaha pembuatan olahan tuna

Seiring dengan program nasional GEMARIKAN menjadikan saya berfikir untuk ikut ambil bagian didalamnya dengan berbuat nyata mengolah ikan tuna dengan berbagai varian produk agar lebih banyak orang yang menyukai makan ikan.

Ini berarti peluang pemasaran masih terbuka sangat lebar.

Ditambah fakta untuk kabupaten Pacitan memiliki bentang pantai sekitar 80 Km dengan potensi penangkapan ikan yang cukup tinggi.

Dimulai awal tahun 2013 kami mulai mengolah ikan tuna

Pabrik tahu tuna hygenis

Kunjungan Bupati pacitan ke pabrik tahu tuna Ngadirojo Pacitan

 

Proses Pengolahan 

Proses pengolahan yang kami lakukan adalah, begitu ikan datang langsung kami pisahkan daging dan durinya kemudian daging ikan kami simpan pada freezer untuk kami olah setiap hari.

Daging ikan dilumatkan / disurimi kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu lantas diaduk dengan mesin pengaduk untuk menghasilkan adonan yang lumat.

Dari adonan ini lantas dicetak sesuai dengan kebutuhan, dimatangkan, terakhir dikemas untuk disimpan sementara di freezer sebelum dijual ditempat atau dikirim ke pelanggan

Courtesy of http://tahutunapacitan.com/

 


Keterangan
Lokasi : pacitan, jawa timur
Jelajah JAWA TIMUR

08-02-2018 2:48 AM
Bang Wetan 2018

06-08-2017 8:45 AM
House Of Sampoerna

08-08-2017 7:43 AM
Sego Bungkus Bu Poer