Sirup Tjampolay, Sirup Legendaris Asal Kota Cirebon

Sahabat, pernah mencoba sirup rasa pisang susu? Varian rasa pisang susu terbilang jarang. Salah satu produsen sirup yang memproduksi rasa ini adalah Sirup Tjampolay, yang berasal dari Kota Cirebon. “Rasanja Sedap Baunja Wangi, Sudah Terkenal Dimana2 Tempat,” tagline itu tertera pada labelnya. Memang benar, harum varian pisang susu itu juga khas, sehingga sangat cocok melengkapi berbagai hidangan penutup mulut seperti es campur.

Pendirinya, Tan Tjek Tjiu, meracik sirup berdasarkan resep yang ia peroleh melalui mimpinya. Produksi perdana dilakukan pada 11 Juli 1936. Benar atau tidaknya ihwal mimpi tersebut, tetapi sejak diproduksi, sirup ini sudah menjadi buah tangan favorit khas Cirebon. Terbuat dari gula asli dan pewarna makanan, sirup ini sama sekali tidak menggunakan bahan kimia atau zat pengawet.

Salah satu indikator yang membuktikan sirup ini bebas zat pengawet adalah munculnya kristal gula setelah kemasan sirup dibuka beberapa bulan. Bicara soal rasa, sudah tentu rasa manis legit dan harumnya mengundang selera.

Sumber: Flickr

Pada awal berdiri, sirup ini menghadirkan tiga rasa, yaitu asam jeruk, nanas dan rozen rose. Pilihan rasa yang jarang ditemui pada merek lain, bukan?

Sekalipun melegenda, usaha keluarga yang menggawangi produksi sirup ini tak lepas dari hambatan. Pada 1964 saat Tjiu wafat, produksi pun terhenti sampai tahun 1970. Ketika Setiawan, anak Tjiu, melanjutkan usaha keluarga, jalannya pun tak mulus. Persaingan ketat dengan sirup temulawak yang berharga di bawah sirup ini memaksa usaha tersebut tiarap untuk kedua kalinya. Apalagi saat itu situasi perekonomian masyarakat sedang menurun.

Setelah pabriknya pindah ke Lawang Gada, Cirebon pada 1983, usaha sirup ini mulai menggeliat lagi. Pada era 1990-an, perkembangan usaha tersebut melaju cepat, persis saat Budiman, anak sulung Setiawan, ikut ambil bagian mengelolanya. Ia menciptakan enam rasa baru, sehingga Sirup Tjampolay punya sembilan rasa. Kesembilan rasa tersebut adalah asam jeruk, nanas, rozen rose, pisang susu, melon, leci, jeruk nipis, kopi moka, dan mangga gedong.

Budiman pun berinisiatif merapikan seluruh bagian usaha keluarga ini, dari produksi hingga distribusi. Seiring berjalannya waktu, pembuatan sirup juga pindah ke pusat kota Cirebon. Di sinilah Budiman dan timnya menghasilkan 1.200 botol sirup per hari, tanpa mesin apa pun.

Perlu Sahabat ketahui, sirup ini boleh dikatakan sebagai top brand-nya Kota Udang. Pada 2001, sirup berlogo buah tjampolay ini memperoleh penghargaan Bintang I untuk kategori Standardisasi Kelayakan Industri dari Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. Pada waktu bersamaan, Piagam Penghargaan Standardisasi Industri Internasional juga berhasil diraihnya. Apa yang dicapai ini tentu menggambarkan kualitas produk yang tinggi.

Tangan dingin generasi ketiga keluarga Tjiu sukses membuat sirup ini merambah ke kota-kota di Indonesia. Sebut saja, wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, hingga Pulau Bali dan Pulau Kalimantan. Bahkan, Sahabat bisa membeli sirup ini di toko ritel modern, baik skala besar maupun kecil.

Kiprah sirup ini turut mengharumkan nama kota pesisir utara Jawa Barat tersebut dalam jagat kuliner Indonesia. Layak rasanya sirup ini menyandang titel sirup legendaris Kota Cirebon. Jadi, kalau Sahabat berkunjung ke Cirebon, jangan lupa beli Sirup Tjampolay untuk oleh-oleh keluarga di rumah ya!


Keterangan
Lokasi : cirebon, jawa barat
Jelajah JAWA BARAT

06-08-2017 7:49 AM
Bentani Hotel & Residence

06-08-2017 9:11 AM
Curug Awang Sukabumi

03-12-2017 10:50 PM
Gepuk Ayam Karwati

28-08-2017 8:47 AM
Museum Geologi Bandung

28-08-2017 8:53 AM
Gunung Tangkuban Perahu