Siap-Siap Terhanyut dalam Indahnya Air Terjun Kalela

Keeksotisan Pulau Sumbawa tidak hanya berkutat pada Pantai Lakey-nya atau Pulau Moyo-nya yang bahari tetapi juga pesona Air Terjun Kalela yang membuat Sahabat selalu ingin mendatangi tempat ini. Berlokasi di Desa Jereweh, Sumbawa Barat, air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini menjadi salah satu desinasi pariwisata unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tidak boleh dilewatkan.

Air Terjun Kalela mempunyai sebutan yang cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah   Air Terjun Jantup, Air Terjun Ai Koa, dan Air Terjun Semporon Tangkil. Namun demikian, nama Kalela-lah yang lebih familier di telinga masyarakat sekitar. Atraksi alam ini memang benar-benar tepat untuk dijadikan alternatif liburan ketika Sahabat sedang mengeksplorasi bagian barat Pulau Sumbawa.

Air Terjun dengan Penampakan yang Unik

Sumber: Feedram.club

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Kalela memiliki bentuk yang bisa dibilang unik. Kekhasan yang terlihat adalah tebing batu yang berundak-undak tersusun secara alami dengan indah. Bebatuan berukuran besar yang berwarna abu-abu tersebut semakin cantik karena tertutupi oleh bentangan lumut hijau yang tebal dan akar-akar pohon besar yang menjuntai.

Keunikan berikutnya adalah aliran air tipisnya yang begitu jernih yang seakan-akan keluar dari akar-akar tersebut serta gua alami kecilnya yang menawan. Kolam alami yang dipenuhi dengan air yang bewarna turquoise (pirus) di bawahnya juga tidak bisa Sahabat remehkan. Hal ini memperkuat bahwa keanggunan yang Air Terjun Kalela tawarkan tidak akan pernah terbantahkan.

Aktifitas Seru yang Bisa Sahabat Lakukan di Air Terjun Kalela

Ada banyak keseruan yang bisa Sahabat lakukan sembari melakukan ekplorasi di Air Terjun Kalela. Tempat yang dijadikan sebagai tempat mandi penduduk Desa Jereweh tersebut sangat cocok untuk kegiatan berenang dan bermain air. Sensasi air kolamnya yang jernih mengakibatkan pengunjung merasa ingin berendam berlama-lama di dalamnya.  

Sumber: instagram/adityaalazis

Jika Sahabat ingin melakukan hal yang lebih ekstrem, maka meloncat ke kolam alami dari tebing batu yang berada di sebelah kanan air terjun bisa dijadikan pilihan yang seru. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan gadget kesayangan Sahabat. Berkegiatan tubing atau naik di atas ban di atas air juga patut dicoba.

Cara Menuju ke Air Terjun Kalela

Cara terbaik untuk menuju ke Air Terjun Kalela adalah dengan berkendaraan sepeda motor yang bisa Sahabat tempuh selama 90 menit dari Pelabuhan Poto Tano. Jarak antara pelabuhan dengan lokasi atraksi alam ini adalah sekitar 48 kilometer. Ketika Sahabat sudah sampai di Desa Jereweh, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyusuri jalanan berbatu yang diapit persawahan hijau. Setiba di tempat parkir air terjun, Sahabat harus berjalan kaki sepanjang 200 meter.

 

Air Terjun Kalela menawarkan sejuta pesona alam Sumbawa Barat yang wajib Sahabat masukkan ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi tahun ini.


Keterangan
Lokasi : sumbawa, nusa tenggara barat