Sensasi Berbelanja di Atas Air di Pasar Terapung di Banjarmasin

Berbelanja di pasar tradisional tentu sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana jika kali ini Sahabat merasakan sensasi berbelanja di atas air. Seperti foto diatas yang diabadikan oleh akun @cucu_buaya. Foto ini berhasil menjadi 50 foto terbaik dalam Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance beberapa waktu lalu. Foto di atas adalah gambaran para pedagang di Pasar Terapung yang ada di kota Banjarmasin. Penasaran? Yuk cek selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Pasar Terapung?

Sumber : inatimes.com

 

Pasar Terapung ini merupakan pasar tradisional yang ada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Lebih tepatnya di daerah Sungai Barito. Di pasar terapung, Sahabat akan menjumpai para pedagang dan pembeli yang melakukan transaksi jual beli seperti biasa, namun pembedanya adalah kegiatan ini dilakukan di atas air. Para pedagang menjual makanan di atas perahu atau dalam bahasa lokal dikatakan jukung. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang kerap menyempatkan diri untuk berkunjung ke pasar ini. Namun, pasar ini hanya buka pada pukul 6.30 hingga 8.00 WIT. Jadi Sahabat harus bangun pagi jika ingin berkunjung ke pasar ini.

 

Lalu, Sahabat bisa melihat para pedagang yang sudah selesai berjualan akan pulang dengan cara ditarik dengan kapal mesin sehingga akan membentuk untaian panjang di belakang seperti yang berhasil diabadikan oleh @cucu_buaya diatas. Wah, terlihat cantik ya Sahabat.

Sejarah singkat Pasar Terapung

Pasar terapung di Banjarmasin ini dipercaya menjadi peninggalan dari Kerajaan Banjar yang berdiri di sekitar tahun 1595M. Diketahui bahwa pemimpin Kerajaan Banjar pada saat itu, Patih Masih dan Patih Kuin menerima tugas dari pemerintah setempat untuk mengelola wilayah di sekitar Pasar Terapung. Sehingga kedua pemimpin tersebut memutuskan untuk menjadikan wilayah Pasar Terapung untuk kegiatan jual beli yang hingga sekarang masih digunakan bahkan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kota Banjarmasin.

Menuju Pasar Terapung

Sahabat tidak perlu khawatir karena akses untuk menuju Pasar Terapung terbilang sangat mudah. Lokasi pasar ini berada dekat dengan kota Banjarmasin. Namun bagi yang berasal dari luar kota, Sahabat bisa transit di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. Dari situ, Sahabat perlu pergi ke dermaga di daerah Kuin dengan menggunakan mobil atau taksi. Baru dari dermaga, Sahabat bisa menyewa jukung atau perahu untuk menuju ke Pasar Terapung. Harga sewa per jukung sekitar Rp60.000. Kemudian Sahabat akan diajak menyusuri indahnya Sungai Martapura sebelum sampai di hulu Sungai Barito.

Festival Pasar Terapung

Sumber : baritopost.com

 

Dengan statusnya sebagai destinasi wisata andalan kota Banjarmasin, pemerintah setempat mengadakan Festival Pasar Terapung yang diadakan bulan Agustus lalu. Festival ini diadakan selama 3 hari dan mempunyai tujuan untuk memperkenalkan budaya Kalimantan sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan asing maupun lokal untuk berkunjung ke Kalimantan. Tidak tanggung-tanggung, ada bermacam agenda yang dilakukan seperti perlombaan menghias jukung, festival budaya, festival kuliner dan lainnya. Festival ini juga diadakan bertepatan dengan ulang tahun kota Banjarmasin yang ke 492. Lebih spesialnya lagi, festival ini sudah termasuk dalam Kalender Festival Kementerian Pariwisata loh Sahabat. Jadi jangan lewatkan untuk berkunjung tahun depan ya Sahabat.

 

Bagaimana Sahabat? Terlihat sangat asik bukan? Jangan lupa untuk memasukkan Pasar Terapung sebagai destinasi wajib saat berkunjung ke Banjarmasin ya Sahabat!


Keterangan
Lokasi : banjarmasin, kalimantan selatan