Sebelum ke Kalimantan, Ketahui Yuk 4 Karakteristik Dari Suku Dayak

Sudah bukan rahasia umum jika Indonesia mempunyai banyak sekali suku bangsa. Setiap pulau mempunyai suku lokalnya tersendiri dengan karakteristiknya masing-masing. Contohnya adalah pulau Kalimantan yang mempunyai suku lokal yang bernama Suku Dayak. Seperti yang berhasil diabadikan oleh akun @ridhoagustan saat mengikuti Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance. Hebatnya lagi, foto ini termasuk dalam 50 foto terbaik dalam kompetisi tersebut loh. Lalu, apa sih yang menjadikan suku ini spesial? Yuk, simak karakteristik dari suku Dayak disini.

Apa itu suku Dayak?

Suku Dayak merupakan suku asli dari Pulau Kalimantan yang hidup berkelompok di pedalaman, pegunungan dan sebagainya. Dipercaya bahwa nama “Dayak” diberikan oleh orang Melayu yang datang ke Kalimantan di tahun 1600-an. Dikarenakan pulau Kalimantan merupakan pulau yang kaya dan asri, banyak sekali suku bangsa lokal maupun asing yang berdatangan ke Kalimantan.

Karakteristik masyarakat Dayak

Sumber : misteraladin.com

 

Ada beberapa karakteristik dari suku Dayak yang terlihat berbeda dengan suku lain. Bahkan hingga sekarang karakteristik tersebut masih kental terasa. Seperti beberapa karakteristik dibawah ini:

 

  1. Masyarakat Dayak gemar memakai manik-manik

Gemar menggunakan manik-manik adalah salah satu karakteristik dari suku Dayak. Berbagai aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, anting sangat sering digunakan oleh masyarakat Dayak. Lebih spesialnya lagi, semua pernak-pernik dibuat menggunakan tangan tanpa ada bantuan mesin apapun. Tidak diketahui mengapa masyarakat Dayak gemar menggunakan perhiasan. Namun yang pasti, ini adalah salah satu bentuk betapa mereka sangat menghargai kerajinan tangan mereka sendiri.

 

  1. Mempunyai banyak tato di tubuhnya

Karakteristik yang berikutnya dari suku Dayak adalah tato. Menurut masyarakat Dayak, tato adalah bentuk dari tradisi, seni, religi dan status sosial. Oleh karena itu, tato yang dibuat tidak boleh asal pilih. Selain mempunyai makna yang bagus, tato dipercaya merupakan jalan dari keabadian dan terang. Semakin banyak tato yang mereka punya, mereka akan terlihat semakin terang.

 

  1. Dekat dengan hal mistis

Hal ketiga dari karakteristik suku Dayak adalah kedekatan mereka dengan hal mistis. Sejak zaman dahulu, suku Dayak pedalaman dekat dengan hal mistis. Salah satu hal mistis yang masih berkesan dan paling ditakuti adalah Manajah Antang. Manajah Antang adalah cara suku Dayak untuk mengetahui keberadaan musuh mereka dengan cara meminta arahan pada nenek moyang mereka melalui perantaraan burung antang. Jadi, sepintar apapun musuh mereka bersembunyi, ujungnya akan ketahuan juga jika suku Dayak sudah menggunakan cara ini.

 

  1. Mangkuk merah

Hal terakhir karakteristik suku dayak adalah Mangkuk merah. Mangkuk merah merupakan lambang persatuan dan kedaulatan bagi suku Dayak. Mangkuk merah terbuat dari tanah liat yang diberi warna merah. Mangkuk merah akan disebarkan ke suku Dayak jika ada salah satu dari suku Dayak yang merasa terancam. Biasanya yang menyebar mangkuk merah adalah sang pemimpin yang terpilih. Dengan ini, suku Dayak bisa melindungi sesamanya dengan baik. Penggunaan mangkuk merah juga tidak bisa sembarangan, harus mengikuti aturan adat setempat.

 

 

Luar biasa bukan , Sahabat. Kearifan lokal dari suku Dayak merupakan salah satu daya tarik di Pulau Kalimantan. Yuk, kunjungi Pulau Kalimantan dan saksikan betapa kayanya suku bangsa Indonesia.


Keterangan
Lokasi : kapuas hulu, kalimantan barat
Jelajah KALIMANTAN BARAT

09-03-2018 3:59 AM
Cap Go Meh Run Singkawang 2018

08-08-2017 7:13 AM
Hutan Kota

01-12-2017 12:39 AM
i_amallll

08-08-2017 6:51 AM
Taman Alun-Alun Kapuas