Sate Pusut, Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Ada Saat Hari Besar

Sahabat mungkin sudah tak asing lagi dengan kuliner sate. Kebanyakan sate memang terbuat dari bahan dasar daging yang ditusuk kemudian dibakar. Rasanya yang manis dan gurih membuat mulut langsung berair ketika memikirkannya saja, bukan?  Mulai dari pinggir jalan sampai di restoran pun banyak yang menyediakan kuliner ini sebagai menu andalan.

Berbagai daerah di Indonesia menyediakan kuliner sate dengan berbagai macam bumbu dan cara penyajian yang khas. Jadi, walau namanya sama bukan berarti rasanya juga sama, lho, Sahabat!

Misalnya jika Sahabat datang ke Jogja, di sana ada yang namanya sate klatak. Sate tersebut dibuat dari daging yang ditusuk jeruji kemudian dibakar menggunakan bumbu bawang putih dan merica. Ada juga sate lilit dari Bali yang memiliki cita rasa dari bumbunya yang khas. Pun dengan daerah-daerah lain yang memiliki sate khasnya sendiri.

Kuliner Wajib Saat Hari Besar

Nah, ternyata ada sate yang khas juga dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, namanya adalah sate pusut. Sate ini juga berbeda dengan sate pada umumnya baik dari segi rasa maupun cara penyajiannya. Sate pusut ini menggunakan tusukan yang terbuat dari bambu dengan ukuran yang lebih besar dari tusuk sate pada umumnya.

Uniknya lagi adalah masyarakat Lombok hanya membuat sate pusut ini khusus saat acara tertentu atau saat hari besar saja. Di acara hajatan, pesta rakyat atau hari raya besar saja dipastikan sate pusut ini selalu ada. Hal ini sudah menjadi tradisi sendiri bagi masyarakat Lombok secara turun temurun. Jadi jangan heran ya jika sate ini tak dijual secara umum dan nggak selalu bisa disantap setiap saat.

Sumber : Kooliner.com

Cara Pengolahan Sate Pusut

Sebetulnya cara pengolahan dari sate pusut ini juga terbilang cukup sederhana. Daging sapi yang dicincang halus kemudian diberi bumbu agak pedas khas masyarakat Lombok, kemudian ditambahkan parutan kelapa muda. Setelah itu langsung dililitkan pada tusuk bambu yang besar dan panjang. Selanjutnya sate akan dibakar di atas bara api yang menyala sampai matang.

Ketika dibakar, terciumlah aroma khas dari bumbu sate yang bisa membuat Sahabat makin ngiler dibuatnya. Biasanya saat dihidangkan, sate pusut ini bersanding dengan makanan khas Lombok lain seperti plecing kangkung, ayam taliwang, nasi balap puyung dan masih banyak lagi.

Bisa jadi suatu keberuntungan jika Sahabat datang tepat pada waktunya dan bisa mencicipi sate pusut ini. Dijamin! Sahabat nggak akan bisa berkata-kata lagi jika sudah mulai mengunyah sate ini. Berwisata ke suatu daerah memang tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Dan sate pusut adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba saat Sahabat berkunjung ke Lombok.

Gimana Sahabat? Tertarik untuk mencoba sate pusut ini secara langsung? Jangan pernah lewatkan kuliner satu ini saat berkunjung ke Lombok, ya! Selain itu Sahabat bisa bertanya pada masyarakat setempat di mana bisa mencicipi kelezatan khas dari sate pusut ini. Jadi walau tidak datang saat hari besar atau acara tertentu masih bisa mencicipi sate pusut tersebut.

Jangan lupa untuk berkunjung ke Lombok dan memasukkan kuliner sate pusut ini ke dalam agenda destinasi tahun ini, ya Sahabat!


Keterangan
Lokasi : lombok barat, nusa tenggara barat
Jelajah NUSA TENGGARA BARAT

09-02-2018 8:37 AM
Festival Tambora

22-09-2017 9:28 AM
Madu Sumbawa

22-09-2017 9:22 AM
Pantai Maluk

22-09-2017 9:18 AM
Singang

15-11-2017 11:06 PM
Lombok