Sahabat Berencana Berlibur ke Bangka? Ini Tips Menghemat Biaya Perjalanannya

Liburan singkat bersama sahabat harus direncanakan dengan matang agar waktu yang sedikit itu semakin berkesan. Jika Sahabat ingin menikmati ketenangan serta keindahan alam, wisata ke Bangka dapat menjadi pilihan bagus. Terlebih lagi, untuk menuju pulau yang menjadi latar tempat film Laskar Pelangi ini tidak memerlukan bujet terlalu banyak.

 

Kalau patokan keberangkatan sahabat dari Jakarta, dana yang harus Sahabat keluarkan kurang lebih Rp2.000.000 per orang. Biaya tersebut bisa diterapkan kalau jumlah rombongan setidaknya empat orang agar bisa patungan ongkos sewa mobil dan penginapan. Lalu, bagaimana rincian hal-hal lainnya?

 

 

sumber : floresa.co

 

Untuk tiket pesawat termurah, Sahabat bisa mendapatkannya dengan harga Rp350.000 sekali terbang. Tarif ini bisa diperoleh pada hari-hari biasa, kisaran Februari sampai Mei, yang mana bukan musim libur panjang. Kalau sudah merencanakan jauh sebelum keberangkatan, kemungkinan mendapatkan tiket dengan harga murah tentu lebih besar. Namun, jika melakukan perjalanan dadakan, siapkan dana setidaknya sekitar Rp1.000.000  untuk perjalanan pulang pergi.

 

Adapun tarif sewa mobil di Bangka dibanderol sekitar Rp1.350.000 per tiga hari. Kalau Sahabat pergi berempat, tiap orang hanya membayar 337.500. Nominal ini sudah termasuk sopir, bensin, biaya parkir ke objek wisata, dan tip.

 

Wisata ke Bangka dengan dana minimalis bisa disiasati dengan menginap di hotel berbintang rendah atau melati. Sebagai rekomendasi, Sahabat bisa memilih Red Dot yang berada di pusat kota, sehingga mempemudah akses sekaligus menghemat pengeluaran transportasi. Tarif per malamnya sebesar Rp400.000. Dengan ukuran kamar cukup luas, maka bisa berbagi dengan satu orang. Jadi, nominal tersebut dapat digunakan selama dua hari.

sumber : pegipegi.com

 

Berada di pesisir pantai, Bangka menyuguhkan aneka seafood dengan harga terjangkau. Sahabat bisa mendapatkannya dengan kisaran Rp30.000 sampai Rp50.000. Atau, cobalah olahan mi khas bernama koba. Kuliner khas ini dijamin mengenyangkan dan ramah di dompet.

 

sumber : eatinguntildiee.blogspot.com

 

Trik jalan-jalan dengan dana tipis juga bisa diatasi dengan memanfaatkan fasilitas sarapan dari hotel. Namun, mari anggarkan dalam bujet makan agar bisa digunakan sewaktu jalan-jalan. Jadi, perhitungannya adalah Rp200.000 per orang untuk tiga hari dua malam, yang meliputi tiga kali sarapan dan makan siang, lalu dua kali makan malam.

 

sumber : id.pricepedia.com

 

Liburan tidak lengkap tanpa adanya oleh-oleh. Kalau Sahabat wisata ke Bangka, barang-barang yang bisa dibeli adalah kaus, tas-tas cantik, tenun cual, kerupuk, atau sambal tauco. Anggaran ini belum termasuk dalam dana pokok, sama halnya dengan tiket masuk tempat liburan. Kunci untuk menekan pengeluaran bujet ini ada pada tarif pesawat. Oleh karena itu, Sahabat harus menemukan momen tepat.

 

Wisata ke Bangka merupakan pilihan tempat yang tepat guna mengisi waktu liburan singkat bersama sahabat. Ketenangan, keindahan, ragam kuliner, semua ada. Tidak kalah penting, anggarannya juga cukup ramah di kantong. Selamat berlibur Sahabat!


Keterangan
Lokasi : bangka, kepulauan bangka belitung