Pura Luhur Uluwatu, Situs Religius di Bali dengan Panorama Laut yang Eksotis

Sahabat, Bali memang memiliki berjuta pesona yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Selain kekayaan cita rasa kuliner dan pantai-pantai yang menawan, situs-situs religiusnya pun sayang untuk dilewatkan. Nggak percaya? Coba saja datang ke Pura Luhur Uluwatu. Dijamin kamu akan berdecak kagum dan pulang dengan perasaan luar biasa.

Pura yang Istimewa

 

Pura Luhur Uluwatu bukan sembarang pura, melainkan satu dari enam pura utama di Pulau Dewata yang disebut sebagai Sad Kahyangan Jagad. Dipercayai sebagai pilarnya pulau Bali, penopang sembilan mata angin.

Nggak seperti tempat pemujaan lain yang umumnya mengarah ke utara atau timur, Pura ini memiliki arah pemujaan ke barat daya.

Pura menjulang kokoh pada tebing  curam di ketinggian 97 meter, menjorok ke laut. Deburan ombak yang menjilat-jilat dinding tebing, menambah kesan dramatis. Banyak wisatawan sengaja menantikan momen matahari terbenam di sekitar area pura, untuk mengabadikan dengan lensanya, atau sekadar menyaksikan pemandangan yang benar-benar menakjubkan.

 

Pertunjukan Tari Kecak pun terasa sangat berbeda jika dinikmati di Pura Luhur Uluwatu. Saat matahari berangsur tenggelam menjadi penanda pementasan segera dimulai, satu persatu penari memasuki arena membentuk lingkaran. Suasana mistis semakin terbangun dengan irama yang tercipta dari suara para penari mengiringi tarian. Semua disuguhkan berlatar sunset yang amat cantik bersanding kemegahan pura yang memesona.

Satu lagi yang membuat Pura Uluwatu istimewa, pagelaran olahraga selancar berskala internasional kerap diadakan di pantai yang berada persis di bawah pura.

Sejarah dan Legenda Pura Luhur Uluwatu

 

Jika menilik bentuknya, seperti pada tampilan Candi Kurung atau Kori Gelung Agung, pura ini tampaknya merupakan peninggalan sejak zaman dahulu kala. Namun, masyarakat setempat meyakini bahwa pura dibangun sebagai tempat pemujaan kisaran abad ke-9, atas prakarsa seorang pendeta yang bergelar Mpu Rajakertha atau lebih dikenal dengan sebutan Mpu Kuturan.

Menurut legenda, di Pura Luhur Uluwatu tersimpan pusaka yang ditinggalkan Dang Hyang Nirartha sebelum dirinya moksa. Dalam terminologi umat Hindu, moksa ialah tingkatan hidup lepas dari ikatan keduniawian. Dang Hyang Nirartha dikisahkan naik ke surga bersama jasadnya secara fisik atau ngaluhur dan dari sanalah nama pura berasal.

Menuju Pura Luhur Uluwatu

 

Terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Lokasi pura relatif mudah dijangkau, hanya kurang lebih satu jam berkendara dari Bandara Ngurah Rai. Banyak sekali agen perjalanan wisata yang menjadikan Pura Luhur Uluwatu sebagai  destinasi andalan. Jadi nggak perlu khawatir, meskipun kamu berlibur seorang diri dan nggak membawa kendaraan pribadi, Sahabat.

Menuju ke pura, Sahabat harus melewati Alas Kekeran, hutan rimbun yang dihuni  sekitar 300 monyet ekor panjang. Sebaiknya simpan barang-barang berhargamu di dalam tas. Hati-hati juga dengan topi ataupun kacamata yang kamu pakai. Jangan sampai menjadi korban kejahilan monyet-monyet di sana ya, Sahabat.

Sebagaimana layaknya mengunjungi tempat ibadah, ketika memasuki pura pengunjung diharuskan berpakaian sopan. Dan bagi kamu yang sedang menstruasi, hanya bisa sampai area bawah pura.

Harga Tiket dan Fasilitas Pendukung

Sumber : gotravelindonesia.com

 

Harga tiket masuk Pura Luhur Uluwatu pada 2019 ini, untuk wisatawan domestik ialah Rp10.000–Rp20.000 per orang, sedangkan wisatawan asing dikenakan harga Rp20.000–Rp30.000 per orang. Jika ingin menonton pertunjukan Tari Kecak biayanya Rp100.000 per orang baik untuk wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung sangat diperhatikan oleh pengelola. Misalnya penyediaan lahan parkir yang luas dan toilet yang tersebar di banyak titik.

Bisa dikatakan bahwa Pura Luhur Uluwatu adalah tujuan wisata paket komplit. Laut, pantai, hutan, tebing, semua ada di satu tempat. Jadi kapan berlibur ke sana? Yuk, share artikelnya ke teman-teman kamu, siapa tahu mereka juga tertarik menyambangi pura keren ini di liburan mendatang!


Keterangan
Lokasi : tabanan, bali
Jelajah BALI

03-12-2017 10:03 PM
Patrick Topping

04-06-2017 9:38 PM
Pandawa Beach

07-03-2018 5:31 AM
Gandhi Bali Tours

04-12-2018 10:27 AM
Hello Bali