Nikmati Paduan Keindahan dan Pesona Magis di Pura Terbesar di Bali, Pura Besakih

Pernahkah Sahabat singgah di Bali? Jika pernah, Sahabat pasti sadar bahwa ada banyak sekali pura di Pulau Dewata. Selain menjadi objek wisata yang sangat populer, pura di sana juga masih aktif digunakan untuk beribadah masyarakat Hindu, lho.

Salah satu pura paling tersohor yang ada di Bali adalah Pura Besakih. Komplek pura yang berada di Kabupaten Karangasem ini menyandang status sebagai pura terbesar di seantero Pulau Dewata.

Menjadi Pusat Kegiatan Keagamaan Umat Hindu

https://eljohnnews.com/wp-content/uploads/2017/11/this-is-bali-pura-besakih.jpg

Sebagai pura terbesar di Bali, Pura Besakih aktif digunakan sebagai pusat keagamaan umat Hindu di sana. Beragam bentuk tradisi dan upacara rutin diselenggarakan di lokasi tersebut setiap tahunnya. Karena itu, nggak heran jika pura ini menjadi magnet wisata yang nggak pernah sepi dari wisatawan.

Salah satu upacara paling tersohor di Pura Besakih adalah Upacara Panca Wali Krama. Acara yang cuma diselenggarakan sepuluh tahun sekali ini selalu menjadi buruan para wisatawan dan pencinta budaya.

Selain upacara tersebut, ada pula Upacara Eka Dasa Rudra. Akan tetapi, upacara yang satu ini hanya dilakukan setiap 100 tahun sekali! Sahabat termasuk salah satu orang yang sangat beruntung jika bisa menyaksikan upacara itu.

Keindahan Pura Besakih

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0e/A_view_of_entrance_stairs_to_Pura_Besakih_Hindu_Temple_Bali_Indonesia.jpg

Di samping nuansa agama Hindu yang kental, Pura Besakih juga terkenal karena keelokannya. Arsitektur pura ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di dunia, lho.

Di dalam Pura Besakih terdapat 18 pura kecil yang berfungsi sebagai pendamping. Adapun bagian terbesar dari tempat ini adalah Pura Penataran Agung yang berada tepat di bagian tengah komplek.

Secara total, ada sekitar 200 bangunan besar di dalam area pura. Untuk bisa menyaksikan keindahan berbagai sudut tempat ini, Sahabat wajib berada dalam kondisi super prima, sebab jarak antara tempat parkir dan bagian dalam pura mencapai angka 300 meter.

Aturan Berkunjung ke Pura Besakih

https://2.bp.blogspot.com/--CI5q30ntOw/V18jeqnu5tI/AAAAAAAAEgE/acqXoc1HtCQGRcZViYDYN52vNdonD_HOwCLcB/s640/pura%2Bbesakih%2Bterbesar%2Bdi%2Bbali.jpg

Pura Besakih memang dibuka untuk umum dan boleh dimasuki siapa saja, baik wisatawan asing maupun domestik. Akan tetapi, karena lokasi ini sejatinya merupakan tempat ibadah, ada sejumlah aturan yang harus Sahabat patuhi.

Pertama, Sahabat wajib mengenakan sarung bali untuk dapat masuk ke dalam area pura. Sarung ini bisa Sahabat sewa atau beli di sekitar kompleks pura dengan harga yang sangat terjangkau.

Kedua, wanita yang sedang datang bulan dilarang masuk ke dalam area pura. Aturan ini mutlak dan harus Sahabat patuhi.

Lokasi dan Jam Buka Pura Besakih

Jika Sahabat tertarik untuk mampir ke Pura Besakih, datang saja ke Desa Besakih yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Daerah ini merupakan salah satu kawasan pemukiman tertinggi di Bali dengan ketinggian sekitar 3.142 meter dari permukaan laut.

Pura ini berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Karena jaraknya cukup jauh, Sahabat sebaiknya menyewa kendaraan untuk datang ke sini.

Untuk bisa berkeliling sepuasnya, Sahabat harus membayar biaya masuk sebesar Rp15.000 per orang. Sahabat juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5000  jika membawa kendaraan pribadi.

Oh ya, pura ini dibuka pada pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore WITA untuk turis. Jika Sahabat adalah penganut agama Hindu, Sahabat bisa datang kapanpun Sahabat mau untuk beribadah.

 

Nah, itu dia sedikit penjelasan soal Pura Besakih. Jangan tunggu lama, ayo pergi ke Pulau Dewata untuk menyaksikan keindahan pura tersebut dari dekat!


Keterangan
Lokasi : gianyar, bali
Jelajah BALI

22-09-2017 8:15 AM
Ngaben (Upacara Kematian)

03-12-2017 10:03 PM
Patrick Topping

22-09-2017 7:49 AM
Tukad Unda Klungkung

04-06-2017 9:38 PM
Pandawa Beach