Berkunjung ke Manado Belum Lengkap Tanpa Mencicipi Kudapan Lokal, Pisang Goroho

Apakah Sahabat berencana mengunjungi Kota Manado pada liburan mendatang? Jika ya, jangan lupa mencicipi pisang goroho ya! Rugi sekali jika datang ke Manado tapi nggak sempat menjajal kudapan satu ini. Bukan sembarang olahan pisang, keunikannya membuat selalu rindu ingin kembali ke Manado.

Cita Rasa Unik

https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/51cce7bfc2c6bd0b/1200x630cq70/photo.jpg

 

Berbeda dengan olahan pisang pada umumnya yang dominan bercita rasa manis, kudapan dari pisang goroho cenderung gurih. Cara menikmatinya pun berbeda, disajikan hangat-hangat bersama sambal. Pisang cukup dipotong agak tipis kemudian digoreng garing. Walau luarnya renyah, daging pisang tetap empuk di dalam.

 

Penggemar masakan Manado tentu nggak asing dengan sambal roa. Sambal berbahan dasar ikan roa yang telah diasap. Memadukan goroho yang legit dengan lezatnya sambal roa, benar-benar mantap di lidah.

 

Pilihan sambal nggak melulu sambal roa, bisa rica, dabu-dabu, apapun sesuai selera. Bila Sahabat datang ke objek wisata Batu Nona, pisang disajikan dengan sambal bakasang yang nggak kalah sedap. Terbuat dari cabai yang dicampur telur ikan cakalang.

 

Dalam penyajiannya, goroho nggak selalu hanya digoreng polos. Ada yang digoreng dengan adonan tepung, dikukus, direbus, dibuat menyerupai french fries, atau diolah menjadi keripik untuk oleh-oleh. Sekarang ini, banyak penjual yang memodifikasi dengan menambahkan aneka topping agar lebih kekinian.  

 

Sebenarnya menu pisang dengan sambal ala Manado bisa didapatkan juga di Jakarta. Sayangnya untuk masalah rasa tentu berbeda dengan yang ada di daerah asalnya.

Pisang Khas Manado

https://scontent-yyz1-1.cdninstagram.com/vp/383efc8e867d594f2653ec692dccc1b9/5D1260F1/t51.2885-15/e35/46317613_348191605998844_2796294235593704909_n.jpg?_nc_ht=scontent-yyz1-1.cdninstagram.com&se=8

 

Sahabat yang tinggal di luar pulau Sulawesi, mungkin akan kesulitan menemukan pisang jenis ini di daerah lain. Bisa dibilang rasanya seperti perpaduan kentang dan ubi. Tanpa perlu mengolahnya dengan rumit, goroho kukus disantap begitu saja juga sudah enak, lho.

 

Dari segi karakteristik, goroho memang memiliki perbedaan dari pisang yang biasa dijadikan kudapan di pulau Jawa. Goroho bertangkai tinggi, dengan ukuran batang yang relatif lebih kecil. Buahnya berkulit hijau, dan akan tetap hijau baik mentah maupun matang. Tekstur daging buahnya keras, ketika sudah masak justru menjadi lembek dan rasanya asam. Karena itulah cenderung dikonsumsi saat mengkal atau belum terlalu matang.

Pisang Berkhasiat

https://pesona.travel/media/pisang-goroho-belum-matang-namun-tetap-lezat_144354_1140.jpeg

 

Masyarakat Sulawesi Utara telah sejak lama mengenal khasiat pisang goroho. Goroho mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Beberapa khasiat lainnya adalah membantu mengatasi ambeien dan anemia, meredakan sakit maag, juga menurunkan kolesterol. Kadar gulanya yang rendah membuat goroho aman dikonsumsi  penderita diabetes.

Mencicipi Legitnya Goroho

Pantai Malalayang di selatan Kota Manado, menjadi tempat yang wajib Sahabat sambangi ketika berkesempatan ke Sulawesi Utara. Kenapa? Karena di sanalah terdapat banyak kedai dengan menu utama pisang goroho yang siap memanjakan lidahmu.

 

Suasananya akan lebih mendukung jika Sahabat datang ke pantai ini kala menjelang senja. Menyaksikan matahari terbenam sambil menyantap goroho dicocol sambal yang sedap, bersama secangkir saraba. Penduduk lokal biasanya mengudap goroho ditemani saraba, minuman jahe khas Sulawesi.

 

Nggak usah khawatir harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati seporsi kudapan khas tanah Minahasa ini, harganya hanya berkisar Rp1.000 atau Rp2.000 per potong.

 

Selain di objek-objek wisata, Sahabat bisa dengan mudah menemukan menu pisang goroho di warung-warung makan seantero kota Manado. Satu yang cukup terkenal berlokasi nggak jauh dari stadion sepak bola Klabat.

 

Gimana? Sudah nggak sabar ingin mencicipi sensasi gurih pedasnya pisang goroho? Yuk, ajak sahabat-sahabatmu ke Manado! Jangan lupa share artikelnya ya!

 

 


Keterangan
Lokasi : manado, sulawesi utara
Jelajah SULAWESI UTARA

19-07-2017 3:15 AM
PT. ADELE TOUR & TRAVEL

19-07-2017 3:12 AM
Kawasan Boulevard

19-07-2017 3:19 AM
Klappertaart

19-07-2017 2:57 AM
Danau Tondano