Sebelum Hiking, Yuk Sediakan 7 Keperluan Mendaki Ini

Hiking kini menjadi aktivitas yang ngetren di kalangan anak muda. Ditambah lagi Indonesia memiliki banyak gunung dengan pemandangan yang indah. Tak jarang orang-orang menghabiskan waktu liburannya dengan hiking di berbagai gunung.

Nah, sebelum melakukan hiking tersebut ada banyak persiapan yang harus Sahabat penuhi. Persiapan ini sangat dibutuhkan karena jika terjadi kendala saat hiking bisa segera teratasi dengan lebih baik. Banyak sekali hal yang mengancam jika Sahabat tidak mempersiapkan peralatan hiking dengan baik.

Di bawah ini adalah persiapan yang perlu diperhatikan oleh Sahabat. Siap-siap untuk mencatatnya, ya!

1.       Tas Gunung

 

Perlengkapan pertama yang dibutuhkan adalah tas gunung atau tas carrier. Sahabat bisa mempersiapkan tas gunung yang kuat untuk membawa banyak perlengkapan hiking, seperti pakaian, makanan sampai peralatan masak. Banyak cerita dari para pendaki yang tidak memilih tas gunung dengan benar dan putus di tengah perjalanan. Jika hal ini terjadi, untuk membawanya pun menjadi sangat sulit, Sahabat. Pastikan tas gunungmu kuat, ya!

2.       Tenda

Perlengkapan utama ini jangan sampai ketinggalan, ya Sahabat! Pilihlah tenda yang kuat menahan angin dan hujan deras. Biasanya, tenda selalu dilengkapi dengan penutup tenda atau flysheet yang berguna untuk menahan air hujan tidak masuk ke dalam. Jadi, tetap bisa tidur nyenyak dalam kondisi hujan.

3.       Sleeping Bag

Setelah menjalani perjalanan yang berat, tentu Sahabat butuh istirahat yang maksimal, kan? Nah, Sahabat perlu membawa sleeping bag atau kantong tidur. Tentunya pilih sleeping bag yang bisa menahan suhu rendah, ya! Suhu di gunung bisa lebih rendah dari perkiraan, maka dari itu membutuhkan sleeping bag dengan ketahanan yang sangat baik.

4.       Matras

Meski Sahabat sudah membawa tenda dan sleeping bag, masih dibutuhkan matras sebagai alas. Matras ini juga berfungsi sebagai alas ketika ingin memasak di luar tenda. Matras ini akan menahan suhu dingin dari bawah dan menjaga benda di atasnya tetap bersih.

 

5.       Sepatu Mendaki atau Sandal Gunung

Pada medan yang berat dan terjal memang dibutuhkan alas kaki yang mumpuni. Jika tidak, Sahabat bisa terkena risiko tergelincir atau bahkan terperosok. Banyak pendaki pemula yang mengesampingkan peralatan ini dan hanya membawa sepatu biasa untuk hiking. Tentu peralatan tersebut tidak direkomendasikan karena hiking memerlukan peralatan khusus penunjang aktivitas ini.

 

6.       Peralatan Memasak dan Bahan Makanan

Sahabat bisa memilih peralatan memasak yang ringkas dan bahan makanan yang tahan lama. Hal ini untuk mengurangi beban selama mendaki dengan waktu yang lebih lama. Biasanya, untuk gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 mdpl membutuhkan waktu optimal adalah 3-5 hari. Sahabat harus membawa pasokan makanan yang cukup untuk hari-hari tersebut. Ini sangat penting untuk menjaga pasokan makanan tetap optimal selama melakukan hiking.

 

7.       Perlengkapan Darurat

Survival kit, senter anti air, korek anti air, bahan makanan darurat, pisau serbaguna dan masih banyak lagi. Peralatan ini perlu dibawa sebagai persiapan jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tersesat. Bawa selalu perlengkapan ini di tas kecil agar tetap siaga dalam kondisi yang mendesak, ya.

Berbagai perlengkapan tersebut memang sangat dibutuhkan agar selama hiking tidak ada kendala. Hindari membawa terlalu banyak perlengkapan yang tidak penting untuk mengurangi beban selama perjalanan.

Jika terjadi sesuatu yang nggak diinginkan, Sahabat harus bisa tetap tenang dan mulai mencari jalan keluar. Sebelum hiking ada baiknya untuk membaca berbagai artikel lain tentang survival dan tips mendaki agar persiapan jadi lebih matang..

 

 


Keterangan
Lokasi : jakarta pusat, dki jakarta
Jelajah DKI JAKARTA

18-09-2017 9:38 AM
Nusa Indah Tour & Travel

18-09-2017 8:12 AM
Kota Tua

18-09-2017 9:27 AM
Pulau Pramuka

18-09-2017 9:32 AM
Pulau Kotak