Nikmatnya Teh Talua Khas Sumatera Barat

Apakah sahabat sudah pernah mencoba Teh Talua? Bagi yang pernah mencoba, pasti mengingat banyak kesan atas rasa Teh Talua ini.

 

Baiklah, kita coba bahas yuk! Teh Talua merupakan minuman khas Sumatera Barat. Tidak hanya diperjualbelikan di rumah makan Padang, namun Teh Talua ini dapat juga dibuat sendiri di rumah, lho. Dari namanya saja kita bisa tahu kalau Teh Talua adalah minuman yang terbuat dari teh dan dengan tambahan telur yang dicampur gula dan susu kental manis yang diberi sedikit irisan jeruk nipis. Hmm, apakah sudah terbayang rasa Teh Talua ini?

 

Nah, telur yang biasa digunakan untuk Teh Talua adalah telur ayam kampung atau telur bebek. Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, kuning telur dicampurkan dengan sedikit susu kental manis dan gula lalu dikocok hingga berbuih. Kemudian, tuangkan teh panas yang telah dibuat sebelumnya di wadah lain. Jangan lupa dihidangkan dengan irisan jeruk nipis yang bertujuan untuk menyamarkan aroma dari telur tadi ya, Sahabat. Di daerah lainnya, ada juga yang mengocok telur dengan menggunakan seikat lidi dari batang daun kelapa yang telah dibersihkan pelepah daunnya.

 

Untuk kalian yang ingin dan akan berkunjung ke Padang, Teh Talua dapat  dinikmati di rumah makan Terang Bulan di Jalan Belakang Olo. Tepatnya di seberang gedung Fave Hotel, Olo, Padang. Rasa Teh Talua-nya sangat nikmat dan juga berkhasiat untuk kesehatan, lho Sahabat! Teh Talua dikenal berkhasiat untuk memulihkan stamina tubuh dan menjaga kondisi badan agar selalu fit. Semoga Teh Talua ini bisa dikenal seperti minuman tradisional lainnya dari Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Bagaimana Sahabat ? Layak dicoba bukan!


Keterangan
Lokasi : padang, sumatera barat