Nikmati Indahnya Wisata Air Terjun Curug Cimarinjung di Sukabumi

Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang masih belum banyak diketahui orang dan memiliki pemandangan yang luar biasa. Salah satunya adalah Curug Cimarinjung yang ada di daerah Sukabumi. Pada saat Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance lalu, akun bernama @aeriallook.30 berhasil mengabadikan keindahan Curug Cimarinjung dan foto ini berhasil menjadi 50 foto terbaik. Penasaran? Yuk ketahui lebih jauh tentang Curug Cimarinjung ini.

Apa itu Curug Cimarinjung?

Curug Cimarinjung adalah sebuah tempat wisata air terjun yang terletak di Geopark Cileteuh. Lebih tepatnya di desa Ciwaru, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Awalnya, wisata air terjun ini terbilang masih belum banyak diketahui karena lokasinya yang tersembunyi. Namun seiring dengan berkembangnya usaha promosi yang dilakukan, sudah mulai banyak wisatawan yang berdatangan ke Curug Cimarinjung. Bahkan badan internasional UNESCO pernah berkunjung ke Curug Cimarinjung untuk meneliti.

Menuju Curug Cimarinjung

Akses untuk menuju Curug Cimarinjung terbilang masih sulit. Sahabat bisa memilih dua opsi jalur, yaitu jalur laut atau jalur darat. Bila Sahabat ingin menggunakan jalur laut, Sahabat harus menyewa kapal dari Pelabuhan Ratu lewat Teluk Cileteuh menuju Pantai Palangpang. Perjalanan lewat jalur laut akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

 

Untuk jalur darat, ada dua opsi rute yang bisa Sahabat pilih. Rute pertama adalah melewati kota Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu via Citarik. Rute kedua adalah tetap dari kota Sukabumi, namun menuju arah Ujunggenteng via Ciracap. Berhubung dengan minimnya kendaraan umum untuk menuju Curug Cimarinjung, Sahabat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

 

Sahabat juga perlu berhati-hati karena kualitas jalanan menuju Curug Cimarinjung terbilang belum layak. Medan jalan menuju Curug Cimarinjung terdiri dari tikungan tajam dan beberapa turunan. Ditambah fasilitas keamanan seperti lampu penerang jalan, marka jalan dan rambu-rambu penanda jalan masih minim.

Keindahan Curug Cimarinjung

Sumber : tourbandung.com

 

Dibalik perjalanannya yang membutuhkan perjuangan ekstra, rasa lelah Sahabat akan terbayar lunas saat tiba di Curug Cimarinjung. Sahabat akan menyaksikan betapa megahnya air terjun setinggi 45 meter yang ada di Curug Cimarinjung. Ditambah dengan suasana yang tenang bak pedesaan yang jauh dari suara bising perkotaan, suasana di Curug Cimarinjung akan terasa lebih sempurna untuk rileks.

 

Tidak hanya air terjun, Sahabat akan melihat indahnya pemandangan tebing berwarna merah kecoklatan dengan tumbuhan hijau yang menempel di atasnya. Selain itu, di Curug Cimarinjung terdapat dua bongkahan batu besar yang mengapit aliran air sebelum turun. Semakin indah saja bukan pemandangan di Curug Cimarinjung.

Tips berkunjung ke Curug Cimarinjung

Agar dapat menikmati keindahan dari wisata air terjun ini secara maksimal, ada beberapa tips yang perlu Sahabat tahu, seperti:

  • Tempat wisata ini kurang cocok bagi keluarga yang membawa bayi, balita atau lansia karena aksesnya yang masih sulit.

  • Jika Sahabat ingin menikmati indahnya tebing di Curug Cimarinjung, disarankan untuk datang di musim kemarau. Lain hal jika Sahabat ingin menikmati derasnya air terjun, datanglah pada musim hujan saat debit air sedang tinggi.

  • Disarankan bagi Sahabat untuk berkunjung tidak terlalu sore dan membawa perbekalan sendiri. Hal ini karena masih minimnya pedagang makanan yang ada di Curug Cimarinjung

 

Nah, bagaimana Sahabat? Jangan lewatkan untuk mengunjungi Curug Cimarinjung saat berkunjung ke Sukabumi ya. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp3.000, Sahabat sudah bisa menikmati megahnya wisata air terjun ini.


Keterangan
Lokasi : sukabumi, jawa barat
Jelajah JAWA BARAT

22-07-2017 12:36 PM
Garutama Trans

06-08-2017 9:22 AM
Karinding

15-11-2017 11:07 PM
One day in Bogor

06-08-2017 7:48 AM
Neo Samadikun Cirebon

06-08-2017 9:10 AM
Mulia Car Rental