Nasi Sumsum

Tradisi kuliner di Banten juga punya nasi sumsum, one dish meal berupa nasi berbumbu dalam bungkus daun pisang yang dipanggang atau dibakar sebelum dihidangkan. Tak ada resep baku tentang ramuan bumbu dan bahan-bahan apa saja yang dicampurkan pada nasi sebelum dibungkus dan dipanggang.

Tiap juru masak punya resep rahasia masing-masing. Namun yang pasti, tiap olahan nasi sumsum akan selalu diimbuhi sumsum dari tulang kerbau. Saat dipanggang, akan menghasilkan lelehan minyak yang menyalut nasi dan bahan lainnya, menghasilkan aroma dan cita rasa istimewa yang membangkitkan selera makan.

Nasi sumsum kini terbilang langka. Namun, di  dekat   alun-alun Kota Serang, masih ada warung tenda lesehan  malam yang menjualnya. Bahan-bahan  disiapkan dari rumah, termasuk sumsum tulang kerbau siap olah. Nasi sudah dimasak terpisah. Bumbu rahasia yang akan menentukan rasa nasi sumsum pun sudah ditumbuk atau diulek halus.

Di lokasi dagang, bumbu olahan dicampurkan dengan nasi dan sumsum tulang kerbau. Campuran nasi dan sumsum yang telah diberi bumbu  itu lantas dibungkus daun pisang, siap dipanggang untuk memenuhi pesanan. Dalam keadaan hangat, nasi sumsum biasa dihidangkan bersama sate lidah kerbau siap santap!

Lokasi: Nasi Sumsum Mang Puri, Pasar Lama Banten

Courtesy of https://www.femina.co.id/food-review/berburu-kuliner-khas-tanah-banten


Keterangan
Lokasi : serang, banten
Jelajah BANTEN

18-09-2017 9:47 AM
Pulau Sangiang

18-09-2017 9:49 AM
Patra Jasa Anyer