Mengucap Doa Nan Khusyuk Di Gua Maria Pohsarang

Gua Maria Pohsarang atau juga dikenal dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang adalah salah satu tempat ziarah bagi umat Katolik di Kediri. Gua Maria ini memiliki bangunan yang sangat unik karena terinspirasi dari Gua Maria Lourdes di Perancis. Jika dilihat dari luar, akan tampak bangunan yang terbuat dari batu sungai. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ziarah ini, Sahabat.

Gua Maria Pohsarang menjadi salah satu destinasi ziarah favorit bagi umat Katolik di Indonesia. Tempatnya yang damai dan sunyi memang sangat cocok untuk berdoa. Sebelumnya, gua kecil tersebut biasa dikunjungi oleh umat Katolik untuk berdoa Rosario dan Novena. Namun, lama kelamaan tidak hanya dari umat Katolik saja yang datang namun banyak orang yang berkunjung untuk melakukan meditasi atau memohon berkat di tempat tersebut.

Selain pada hari-hari khusus perayaan umat Katolik, ternyata Gua Maria Pohsarang juga dipadati pengunjung meski di hari biasa. Nah, bagi pengunjung yang datang untuk bermeditasi atau berdoa biasanya akan datang pada malam atau dini hari. Di bawah ini adalah berbagai informasi menarik tentang sejarah dari Gua Maria Pohsarang, fasilitas dan akses menuju lokasi tersebut, yuk simak di sini, Sahabat!

Sejarah Gua Maria Pohsarang

Keberadaan umat Katolik di Kota Kediri memang sudah bisa ditemukan sejak tahun 1925 di bawah pelayanan Prefektur Apostolik Surabaya. Nah, melihat diperlukannya tempat ibadah untuk umat yang ada di daerah lereng Gunung Wilis tersebut, Pastor Jan Wolters CM memiliki inisiatif untuk membangun gereja. Pembangunan tersebut selesai pada tahun 1934 dengan bantuan arsitek bernama Henricus Maclaine Pont.

sumber : blogspot

Pada tahun 1986, nggak jauh dari gedung serbaguna gereja terdapat Gua Maria yang dibuat oleh Romo Emilio Rossi CM. Di Gua Maria tersebut terdapat patung Bernadet yang berlutut di depan Maria lengkap dengan tulisan di atas kuningan menggunakan bahasa Jawa.

Bunyinya adalah “Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenengan Dalem” yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Bunda Maria yang terkandung tanpa noda dan dosa asal, berkatilah aku yang datang berlindung kepadamu”.

Lama kelamaan memang Gua Maria tersebut dikunjungi oleh umat Katolik lain nggak hanya dari Kediri saja. Lalu pada tahun 1998 dimulai peletakan batu pertama sebagai tanda awal pembangunan Gua Maria Pohsarang.

Berbagai Fasilitas di Gua Maria Pohsarang

Ada berbagai fasilitas yang tersedia di tempat ini mulai dari toilet, area parkir luas, toko souvenir, taman dan masih banyak lagi. Bagi umat yang datang untuk berdoa, di sini terdapat area jalan salib, kapel, wisma menginap untuk peziarah yang ingin menginap dan area untuk misa.

sumber : blogspot

Jadi, jangan khawatir jika Sahabat datang dari luar kota dan membutuhkan tempat menginap, di sini semua sudah tersedia, kok. Harganya mulai dari Rp45.000,- sampai Rp90.000,- per orang tergantung dari fasilitas kamar yang dibutuhkan.

Berbagai fasilitas tersebut juga buka selama 24 jam mengingat pengunjung juga banyak yang datang pada dini hari. Selain itu juga ada jasa tour guide dan driver jika Sahabat ingin berlanjut berkeliling ke kota Kediri.

Akses Menuju Lokasi

Gua Maria Pohsarang terletak di Komplek Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jadi, jika dari arah Jakarta, Sahabat bisa naik bus atau kereta dengan tujuan Kediri, dilanjutkan dengan naik angkutan lokal yang menuju arah Gua Maria Pohsarang ini. Jika diperlukan, ada banyak jasa sewa motor yang tersedia di Kediri juga. Jadi jangan ragu untuk berkunjung ke tempat ini walau baru pertama kali, Sahabat.

 

Tentunya bagi Sahabat yang ingin berkunjung ke Gua Maria Pohsarang untuk berdoa atau berwisata bisa datang kapanpun. Gua Maria Pohsarang memang menjadi pilihan banyak orang karena tempatnya yang damai dan tenang bisa membuat pikiran menjadi segar kembali. Yuk, terus telusuri berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia, Sahabat!


Keterangan
Lokasi : kediri, jawa timur
Jelajah JAWA TIMUR

01-02-2018 4:14 PM
Ijen Summer Jazz

06-08-2017 10:24 AM
Topeng Malangan

08-02-2018 2:48 AM
Bang Wetan 2018

08-08-2017 7:58 AM
Seblang