Mengenal Budaya Nias Lewat Pesta Ya'ahowu

Nias merupakan salah satu pulau di Provinsi Sumatera Utara yang secara administratif dibagi menjadi 4 kabupaten dan 1 kota. Nias terkenal sebagai surga peselancar dan budaya megalitik kunonya yang eksotik. Berjarak 1 jam penerbangan dari Medan, Pulau Nias menjadi tempat hidup bagi lebih dari 160.000 jiwa. Sama seperti suku-suku lain di Indonesia, Suku Nias juga memiliki kebudayaan tersendiri yang selalu menarik untuk disaksikan. Salah satu budaya Nias yang populer adalah Pesta Ya’ahowu.

Pesta Ya’ahowu merupakan sebuah perayaan tahunan yang digelar setiap tahun. Melibatkan anggota masyarakat dan pemerintah, perhelatan ini dilakukan untuk melestarikan budaya Nias sekaligus memperkenalkannya kepada khalayak luas, termasuk wisatawan mancanegara.

Dalam perayaan yang berlangsung selama hampir satu minggu itu, para pengunjung akan disuguhi berbagai tradisi budaya setempat dan pagelaran seni. Fahombo, atraksi lompat batu khas Nias pun bisa Sahabat saksikan di sana. Selain itu, masih ada permainan rakyat yang menarik seperti Fafusi, Fabelugama, Rago Ue, serta Fabiri.

Sumber : Misteraladin

Ya’ahowu dan Kepribadian Masyarakat Nias

Sumber : Niasoke.com

Dalam kehidupan Ono Niha (Ono Niha merupakan sebutan masyarakat Nias untuk diri mereka), ya’ahowu memiliki makna mendalam. Ya’ahowu merupakan ucapan salam yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya “semoga diberkati”. Di sanalah sebuah filosofi yang mendalam tentang masyarakat Nias yang bisa Sahabat temukan.

Lebih dari sekadar ucapan salam, ya’ahowu merupakan wujud harapan akan kebahagiaan orang lain. Rasa perhatian, tanggungjawab, hormat dan pengetahuan terkandung di dalamnya. Dengan dasar itulah pesta tahunan ini digelar guna mempererat rasa persaudaraan antarmanusia sebagai jalan menuju pembangunan dan pengembangan hidup bersama.

Pesta Ya’ahowu Tahun 2018

Jika Sahabat berencana mengunjungi Nias tahun ini, masih ada kesempatan untuk bisa menyaksikan sendiri gegap gempita pesta rakyat ini. Sama seperti tahun lalu, tahun ini Pesta Ya’ahowu akan dilaksanakan lewat kerja sama antara pemerintah kabupaten dan kota. Dalam acara yang akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 20 November ini, Sahabat bisa menyaksikan beragam atraksi budaya khas Nias yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain.

Berpusat di Kota Gunungsitoli, pada hari pertama para pengunjung akan disuguhi pameran kerajinan tangan terbaik hingga sajian kuliner khas setempat. Di hari yang sama, festival patung dan ukiran tradisional pun dimulai untuk memperkenalkan perajin dari seluruh pulau.

Di sore hari, ada parade budaya khusus yang akan dilangsungkan dari Lapangan Merdeka menuju Taman Ya’ahowu yang menjadi titik tempat Sahabat bisa menyaksikan keindahan Pulau Nias secara utuh. Dalam parade yang juga diikuti oleh kepala pemerintah dan pejabat daerah ini yang berpakaian adat, Sahabat bisa menyaksikan serunya atraksi seni dan budaya di sana.

Di hari berikutnya, pertunjukan seni akan dilanjutkan di Lapangan Merdeka. Di sana akan digelar berbagai kompetisi termasuk lomba dayung tradisional. Pada malam puncak yang sekaligus menjadi malam penutupan, selain kedatangan seniman lokal para pengunjung juga akan dihibur oleh bintang populer nasional. Rangkaian acara meriah dari salah satu budaya Nias ini tidak boleh Sahabat lewatkan jika berkunjung ke sana.

 


Keterangan
Lokasi : nias, sumatera utara