Manortor, Tarian Purba Asli Suku Batak

Manortor atau menari Tor Tor tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Tarian tersebut selalu ada di setiap kegiatan Suku Batak, baik dalam acara suka maupun duka. Akun @ninja_hatori_moto lewat hasil jepretan lensa kameranya berhasil mengabadikan tarian Tor Tor untuk Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance.

 

Mari kita ulas lebih dalam lagi mengenai tarian purba asli dari Sumatera Utara ini, Sahabat!

Apa itu Manortor?

 

Manortor atau menari Tor Tor adalah sekelompok orang khususnya Suku Batak yang menari dengan gerakan riang, berlenggak-lenggok dengan gerakan yang monoton dan disajikan menggunakan musik gondang.

 

Tarian ini dulunya juga lekat dengan dunia roh dan spiritual. Tarian ini biasa digunakan untuk upacara ritual dengan menggunakan beberapa patung batu yang telah “dimasuki” roh, di mana kemudian patung yang disebut sebagai patung sigale-gale ini akan “menari”, Sahabat!

 

Seiring dengan berkembangnya zaman, Manortor sudah menjadi sebuah seni budaya dan bukan lagi tarian yang “mistis”. Terlebih tari Tor Tor kini memiliki peminat yang cukup besar, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin lebih mendalami tentang tarian ini.




Jenis-Jenis Tari Tor Tor

  1. Tor Tor Pangurason



Sumber : Merdeka.com

 

Tarian ini adalah tarian pembersihan yang dilaksanakan ketika acara pesta besar. Sebelum acara pesta besar tersebut dimulai, akan diadakan pembersihan dengan media jeruk purut. Hal ini dilakukan dengan maksud dan tujuan agar saat diadakan pesta besar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

      2. Tor Tor Sipitu Cawan



 

Tarian ini sering disebut juga Tari Tujuh Cawan, dan dilakukan pada saat pesta pengangkatan raja. Tor Tor Sipitu Cawan bercerita tentang tujuh putri yang berasal dari kayangan turun ke bumi untuk mandi di Gunung Pusuk Buhit.

      3. Tor Tor Tunggal Panaluan

 


Tarian ini diadakan pada saat suatu desa sedang terkena musibah. Tari Tor Tor ini dilakukan oleh para dukun untuk mendapat wahyu petunjuk dalam mengatasi musibah tersebut, Sahabat.

 

Keunikan Tari Tor Tor



Tari Tor Tor merupakan suatu perangkat budaya dalam kehidupan masyarakat Batak. Kesederhanaan tergambar di dalamnya, mulai dari busana hingga gerakannya, Sahabat.

 

Sumber : Simamarta



Seorang penari Tor Tor cukup memakai kain ulos untuk busananya. Kain Ulos merupakan kain tenun khas Batak. Namun, jenis ulos yang digunakan harus disesuaikan dengan pesta apa yang sedang berlangsung.

 

Tari Tor Tor memiliki gerakan-gerakan yang sederhana. Hentakan kaki dan gerakan tangan yang terbatas menjadi ciri khasnya. Penari bergerak mengikuti iringan dari magondang yang terdiri dari berbagai alat musik tradisional seperti gondang, tagading, seruling, terompet batak, ogung, sarune, odap gordang dan hesek.

 

Tarian ini dipimpin oleh seorang pengatur acara atau juru bicara yang disebut sebagai Paminta Gondang yang memiliki kemampuan untuk memahami urutan gondang dan menjalin kata-kata yang sopan dan santun untuk meminta kepada penabuh gondang.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sang penari pada saat manortor, yaitu tangan tidak boleh melewati batas setinggi bahu ke atas. Apabila hal itu dilakukan, maka berarti si penari sudah siap menantang siapapun dalam hal bidang perdukunan, pencak silat, ilmu kebatinan dan lain sebagainya. Jadi, harus hati-hati, ya, Sahabat!

 

Manortor ini Memiliki nilai luhur budaya yang sarat akan makna kearifan lokal. Bagaimana sahabat, apakah anda tertarik untuk menyaksikannya secara langsung?


Keterangan
Lokasi : minahasa, sulawesi utara
Jelajah SULAWESI UTARA

19-07-2017 2:59 AM
Bubur Tinutuan (Bubur Manado)

19-07-2017 3:14 AM
Rental Mobil anugerah

19-07-2017 3:11 AM
Janji Laut Resort

19-07-2017 3:12 AM
Arung Jeram Sawangan