Kue Mantau Fya, Penganan Unik yang Wajib Diborong dari Balikpapan

Pernahkan Sahabat mendengar tentang kue mantau khas Balikpapan? Banyak yang mengira bahwa kue mantau sama dengan bakpao, namun sebetulnya berbeda. Kue mantau merupakan sejenis kue yang bentuknya seperti bakpao, namun teksturnya lebih berisi dan padat.

Penyajian dari kue mantau umumnya digoreng sehingga kulitnya terasa crispy. Tetapi tidak sedikit orang lebih menyukai dalam bentuk aslinya yaitu mantau kukus. Kue mantau ini bisa dipadukan dengan isian daging lada hitam atau dengan isian rasa yang lain.

Asal Usul dan Sejarah Kue Mantau

sumber : masteroleholeh.com

 

Mantau dalam bahasa Tiongkok artinya adalah kue yang dikukus. Yap, kue ini memang berasal dari Tiongkok, Sahabat. Biasanya warga Tiongkok memakannya sebagai makanan pokok. Hal tersebut dikarenakan hasil pokok di bagian utara Tiongkok adalah gandum, bukan beras atau makanan pokok lainnya.

Dalam proses pembuatan kue mantau diperlukan tepung terigu giling, air dan agen ragi. Umumnya ukuran kue mantau yang mereka buat berkisar 4 cm dengan tekstur lembut dan halus yang biasanya disajikan di restoran. Ada juga kue mantau berukuran lebih dari 15 cm dengan tekstur padat yang disajikan untuk makan siang para pekerja.

Mantau ini juga dikenal di beberapa negara seperti Korea dan Jepang. Apakah kamu sudah pernah mencicipi kue ini, Sahabat?

Mantau Fya Khas Balikpapan

Nah, seiring dengan perkembangan zaman ternyata ada banyak sekali kreasi menarik dari mantau ini. Di Balikpapan ada satu merk mantau yang terkenal yaitu Kue Mantau Fya. Kreasi dari mantau yang dipadukan dengan berbagai isian rasa yang menarik seperti sapi lada hitam, coklat lumer, kepiting sampai keju. Selain itu juga ditambahkan pewarna makanan pada mantau tersebut sehingga lebih berwarna dan disukai oleh anak-anak.

sumber : flickr.com

 

Kue Mantau Fya ini telah menjadi ikon khas Balikpapan yang cukup populer sehingga banyak wisatawan yang membawanya sebagai oleh-oleh. Sebelumnya, awal mula merk ini mulai dikenal setelah terpilih menjadi salah satu food startup Indonesia 2018 oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF). Dalam berbagai ajang perlombaan kuliner khas Nusantara yang lain juga kerap menjadi nominasi terbaik.

Ada dua varian yang disediakan yaitu mantau yang masih basah atau mantau kering yang sudah digoreng. Keduanya sama-sama enak namun pada mantau kering lebih terasa crispy pada bagian luarnya. Semuanya menyatu dalam kenikmatan kue mantau yang luar biasa hanya dalam sekali gigitan, lho Sahabat! Jadi jangan sampai kelewatan membeli Kue Mantau Fya ini karena sangat berharga sekali dijadikan sebagai oleh-oleh khas setelah berkunjung ke Balikpapan.

Nah Sahabat, itulah sedikit penjelasan mengenai kue mantau fya yang menjadi oleh-oleh khas Balikpapan. Sahabat bisa membeli berbagai varian rasanya untuk dibagikan kepada kerabat dekat atau keluarga di rumah.

 


Keterangan
Lokasi : balikpapan, kalimantan timur
Jelajah KALIMANTAN TIMUR

10-08-2017 9:46 AM
Depot Simpang Empat

10-08-2017 10:05 AM
Pakaian Adat Tradisional Kustin