Kios Ibu Soekiran, Kios Oleh-oleh Khas NTT yang Menyediakan Berbagai Macam Oleh-oleh

Oleh-oleh setelah berkunjung ke suatu tempat bisa jadi bukti kalau Sahabat benar-benar datang ke sana, bukan omong doang. Tak hanya itu, oleh-oleh juga menujukkan betapa perhatiannya Sahabat pada keluarga dan teman-teman yang tidak ikut ngetrip bersama. Jika dalam waktu dekat Sahabat punya rencana melancong ke Kupang, Pulau Komodo, Pulau Alor, Labuan Bajo, dan sekitarnya, jangan pelit untuk berbelanja oleh-oleh khas NTT sebelum pulang.

Di Kota Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur Sahabat bisa menemukan toko, kios, dan pedagang eceran yang menyediakan oleh-oleh. Mulai dari macam-macam makanan sampai kain tenun bermotif Ende hingga Timor, semuanya tersedia. Tinggal rajin-rajin mencari lokasi yang pas untuk membeli oleh-oleh yang Sahabat inginkan.

Meski bukan satu-satunya, bisa dibilang Kios Ibu Soekiran adalah tempat paling direkomendasikan untuk memborong oleh-oleh khas NTT. Nama kios ini sudah terkenal di kalangan wisatawan yang sering datang ke Kupang, agen wisata, hingga instansi pemerintahan setempat.

Alamat Kios Oleh-oleh Khas NTT Ibu Soekiran

Cara mengakses lokasi kios yang beralamat di  Jalan Mohammad Hatta No. 16, Kelurahan Bonipoi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, ini gampang sekali. Sahabat bisa naik angkot yang melewati rute Jalan Mohammad Hatta.

Pilih saja angkot bernomor satu, dua, atau tiga, ongkosnya cuma Rp3.000 sekali jalan. Katakan kepada sopir atau kondektur untuk menurunkan Sahabat di depan RS Tentara Wirasakti Kupang. Di seberang jalan depan rumah sakit itulah, Kios Ibu Soekiran berada. Kios buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00 WITA, dan Minggu pukul 08.00-14.00 WITA.

Harga Oleh-oleh Khas NTT di Kios Ibu Soekiran

sumber: adadikupang.com

Kios Ibu Soekiran menawarkan aneka oleh-oleh dari berbagai daerah di NTT seperti Timor, Sumba, Alor, dan Flores yang dikemas rapi dan menarik. Pas sekali untuk buah tangan keluarga Sahabat di rumah.

Emping Jagung, kue bagia, kacang kenari, kacang mede, kopi flores, abon sapi, dendeng sapi, paru sapi kering, madu, dan sambal luat khas NTT disediakan di kios tersebut. Ada juga makanan khas NTT yang tak akan Sahabat temukan di daerah lain yaitu sei sapi dan sei ikan, daging atau ikan asap yang dikemas dalam bungkus kedap udara dan dibekukan.

Abon sapi dibanderol mulai Rp57.000 untuk kemasan berisi 250 gram. Sementara sei sapi kecil dihargai Rp50.000 per bungkus dan madu asli dengan ukuran isi 250ml seharga Rp50.000.Untuk camilan manis seperti kue bagia, diberi harga sekitar Rp30.000 dan untuk cemilan yang lain seperti emping, kacang mede dibandrol sekitar Rp30.000 hingga Rp80.000. Jika Sahabat membeli oleh-oleh dalam jumlah nominal minimal Rp200.000, mereka akan memberikan kemasan kardus khusus.

Satu lagi keunggulan Kios Ibu Soekiran, selain menyediakan oleh-oleh yang lengkap juga status halalnya terjamin. Semua produk yang dijual sudah berlabel dengan izin Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta BPOM. Jadi Sahabat tidak perlu kuatir soal kualitas, rasa, dan keamanan produk bagi kesehatan.

Agar lebih yakin lagi, tak hanya wisatawan dari berbagai daerah yang menyerbu Kios Ibu Soekiran, melainkan instansi pemerintah. Biasanya mereka memesan oleh-oleh sebagai cenderamata untuk tamu-tamu resmi yang berkunjung ke Kupang.

Itu saja info penting buat Sahabat yang masih bertanya-tanya ke mana membeli oleh-oleh khas Kupang dan apa saja yang mau dibeli. Semoga artikel ini sudah menjawab semuanya.

 


Keterangan
Lokasi : kupang, nusa tenggara timur