Kenali Yuk Festival Erau, Festival Tahunan Kebanggaan Masyarakat Kutai

Tidaklah lengkap liburan ke Kutai, Kalimantan Timur, tanpa menikmati Festival Erau yang terkenal ini. Berikut adalah beberapa hal yang Sahabat harus tahu tentang festival tahunan ini.

Apakah Festival Erau itu?

sumber: Erau

Festival Erau merupakan festival tahunan kebanggaan masyarakat Kutai, Kalimantan Timur. Dulunya festival ini merupakan kegiatan sakral berupa ritual dan juga sebagai acara hiburan di kerajaan Kutai.

Saking terkenalnya, festival ini tidak lagi dikaitkan dengan kebudayaan yang berasal dari Keraton Kutai Kartanegara, melainkan menjadi salah satu acara kebanggaan pariwisata nasional. Festival ini diadakan sekitar dua belas hari dan diikuti oleh berbagai daerah dan beberapa negara lain.

Di festival ini para peserta unjuk kebolehan atraksi kebudayaan yang beragam dari daerah atau negara mereka.

Bagaimana Sejarah Festival Erau?

Tahukah Sahabat? Kata “erau” dalam bahasa Melayu Kutai “eroh” berarti keramaian atau berpesta ria.

Dulu Erau merupakan acara besar Kesultanan Kutai dan warganya di sebagian Kalimantan Timur. Berbagai lapisan masyarakat mengikuti acara ini  selama 40 hari 40 malam. Rakyat Kutai mempersembahkan hasil bumi sebagai wujud rasa syukur atas kekayaan hasil bumi yang melimpah.

Mereka membawanya ke ibu kota kesultanan. Rakyat kemudian dijamu oleh keluarga besar kesultanan dengan sajian-sajian sebagai tanda terima kasih atas pengabdian rakyatnya.

Sampai sekarang Festival Erau ini bertahan dan masih bisa dinikmati oleh semua masyarakat.

Acara-Acara Apa Saja yang bisa Dilihat?

Festival Erau menunjukkan keragaman budaya yang terhimpun dalam banyaknya acara yang berlangsung selama kurang dari dua belas hari. Berikut ini adalah acara-acaranya.

- Hari pertama, Sahabat bisa menyaksikan secara langsung upacara adat Beluluh Sultan, Menjamu Benua, dan Merangin.

- Hari kedua, Sahabat bisa menyaksikan lanjutan upacara adat Merangin.

- Hari ketiga, Sahabat akan menyaksikan acara kirab budaya dan upacara adat Merangin, dan acara penyambutan (welcome party).

- Hari keempat, berbagai acara seperti parade peserta International Folklore & Art Festival, upacara adat “Mendirikan Ayu”, acara pembukaan Erau Pelas, pembukaan Kukar Art & Craft Expo, upacara adat Beluluh dan Bepelas, dan beberapa pagelaran seni dari luar negeri.

- Hari kelima, berbagai macam acara pun telah menanti. Mulai dari olahraga tradisional, lanjutan Kukar Art & Craft Expo, resepsi Sultan Kutai bersama delegasi IFAF, festival kuliner, upacara adat Beluluh, IFAF Street Performance, upacara adat Bepelas, dan pagelaran seni berbagai negara.

- Hari keenam, acara-acaranya hampir sama dengan hari kelima. Yang membedakannya adalah Sahabat bisa melihat festival seni tari, lomba Ngapeh dan lomba Tarsul serta balap perahu Ketinting.

- Hari ketujuh, Sahabat bisa melihat fashion adat Kanak Kutai, pemilihan Teruna Dara Cilik, pembukaan Festival Perahu Naga Mahakam Internasional, upacara adat Dayak Modang, pembacaan doa/barjanji. Selain itu, semua kegiatan sama dengan hari keempat dan kelima.

- Hari kedelapan, acaranya merupakan kelanjutan di hari ketujuh. Yang berbeda adalah acara upacara adat Dayak Benuaq, adat Bepelas, dan fashion show batik daerah.

- Hari kesembilan, acara-acaranya berupa Green Tenggarong dan penanaman pohon oleh delegasi EIFAF, olahraga nasional, lanjutan Festival Perahu Naga Mahakam Internasional, lanjutan Kukar Art & Craft Expo, upacara adat Beluluh, Dayak Kenyah, Bepelas, festival tari, dan pagelaran seni.

- Hari kesepuluh, Sahabat bisa melihat event Mengulur Naga, Belimbur, farewell party, dan upacara adat Bepelas (malam terakhir).

- Hari kesebelas merupakan acara penutup, yaitu upacara adat Merebahkan Ayu.

Dimana Lokasi Festival Erau?

Bagi Sahabat yang ingin secara langsung melihat Festival Erau, bisa langsung berkunjung ke lokasi pusat kegiatan yang berada di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia.

Bagaimana Cara Mengakses Lokasi Festival Erau?

Sahabat yang berasal dari luar kota atau daerah, bisa naik pesawat ke Samarinda dari bandara Sepinggan Balikpapan. Sahabat juga bisa menggunakan bus atau mobil travel menuju Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Bagaimana? Apakah Sahabat tertarik untuk melihat Festival Erau secara langsung?

Baca juga: Panduan Bagi Sahabat yang Ingin Mengunjungi Festival Paling Romantis di Indonesia, Dieng Culture Festival 2018

Keterangan
Lokasi : kutai kartanegara, kalimantan timur