Kenali Sumbawa lewat Festival Pesona Moyo

Ada festival tahunan yang diadakan di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namanya festival moyo. Festival ini menampilkan seluruh tradisi asli setiap daerah yang ada di kabupaten Sumbawa.

Dinamakan festival moyo karena di pulau Sumbawa ada sebuah pulau kecil ternama yang memiliki keindahan dan eksotisme yang rupawan. Belum lagi, pulau moyo memiliki panorama alam dan bawah laut yang memukau setiap mata yang memandang.

Tahun ini, Festival Moyo akan digelar pada tanggal 10 September - 8 Oktober 2018. Ini adalah kali ke-7 festival ini diselenggarakan sejak tahun 2012 lalu. Adanya festival ini ditujukan untuk meningkatkan sektor wisata dan ekonomi kreatif serta membangkitkan nilai dan tradisi seni budaya di Kabupaten Sumbawa. Lebih dari itu, festival ini digelar juga untuk membangkitkan seni dan budaya di Kabupaten Sumbawa.

Berbagai karnaval, pawai budaya, pagelaran budaya, pameran expo UMKM, temu usaha UMKM, Dialog Pariwisata, Jambore Kader Konservasi, Jelajah Alam Pulau Moyo, Jaran Utama, Melala Satu Muharam, Balap Sampan, Kontes Mision, Diskusi Budaya, Diskusi Kelompok Terfokus, Gebyar Pesta Jagung, Rantok 1000 Denek, Samawa Sepuloka, Pentas Budaya Empang, Barapan Kebo dan dll. Akan ditampilkan dalam festival yang digelar satu tahun sekali itu.

sumber : pesonalomboksumbawa.travel

Kaya akan budaya Sumbawa, festival yang digelar satu tahun sekali ini memamerkan produk-produk dari masyarakat asli Sumbawa melalui pameran UMKM dan temu usaha UMKM. Ada pula jelajah alam Pulau Moyo yang membawa Sahabat untuk bisa menikmati pulau yang terletak sejauh 3 kilometer dari lepas daratan Sumbawa. Pulau Moyo memiliki laut yang indah lho, Sahabat. Dengan pemandangan bawah laut, seperti terumbu karang yang masih terjaga, hiu putih yang berenang bersama ikan pari dan ikan tropis lainnya, Pulau Moyo menjanjikan keindahan alam yang tidak ada duanya. Bahkan, konon katanya, hiu putih senang berenang di dekat penyelam juga. Menyenangkan bukan bisa berenang dan bermain bersama hiu putih di laut lepas yang pemandangan lautnya masih terjaga?

sumber : pesonalomboksumbawa.travel

Di festival ini juga ada pentas teater yang menampilkan kekayaan ragam cerita rakyat asli Sumbawa yang kaya akan sejarah. Menariknya, cerita rakyat ini diperankan oleh anak-anak usia sekolah. Dan pentas ini bisa membuat penontonnya menonton dengan khidmat dan serius. Semua penonton tenang menyaksikan alur cerita yang ditampilkan dalam pentas teater. Jadi, Sahabat bisa fokus menonton hingga cerita yang dipaparkan selesai.

 

Pentas ini pun dilombakan, dan untuk bisa tampil, setiap sekolah harus mengikuti rentetan seleksi yang akhirnya membuat mereka terpilih untuk tampil. Nantinya, setelah tampil, juri akan menilai penampilan masing-masing dari sekolah dan mengumumkan pemenangnya di akhir acara. Seru sekali, bukan? Jangan melewatkannya ya Sahabat!


Keterangan
Lokasi : sumbawa, nusa tenggara barat