Kecap Benteng SH, Kecap Paling Tua dan Bersejarah di Indonesia

Kecap dikenal sebagai salah satu bumbu wajib yang harus ada di dapur masyarakat Indonesia. Kecap dapat memberikan rasa manis dan gurih pada masakan. Itulah sebabnya kecap menjadi salah satu bahan wajib yang ada di dapur.

Ternyata di Indonesia terdapat kecap tertua yang masih eksis sampai sekarang, lho. Merk kecap tersebut adalah kecap Benteng SH atau Siong Hin yang ada di Tangerang. Kecap ini mulai populer sejak tahun 1920 silam, lho!

Bagi warga Tangerang sendiri memang nggak asing lagi dengan kecap Benteng SH karena banyak orang yang menggunakan kecap ini. Mulai dari warung pinggir jalan, rumah tangga sampai restoran terkenal pun banyak yang menggunakan kecap ini sebagai pelengkap bumbu masakannya.

sumber : abouttng.com

Sejarah Kecap Benteng SH

Sejarah dari kecap Benteng SH ini berawal dari masyarakat Cina Benteng yang berada di Tangerang. Awal mulanya diperkenalkan oleh seorang yang bernama Lo Tjit Siong, kemudian perlahan mulai dikenal luas oleh masyarakat sekitar Tangerang karena cocok dengan lidah mereka. Setelah cukup lama berdiri, merk kecap Benteng SH ini diteruskan oleh generasi penerusnya dan masih eksis hingga hari ini.

Pabrik kecap Benteng SH berada di Jalan Saham, Kawasan Pasar Lama, Tangerang. Jaraknya sendiri hanya beberapa ratus meter saja dari GOR Tangerang. Memang sekarang ini banyak merk kecap lain yang beredar di Tangerang, namun tetap saja merk kecap Benteng SH ini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Berbagai masakan mulai dari makanan pinggir jalan sampai kelas atas pun banyak yang menggunakan kecap ini. Ditambahkan ke siomay, batagor, gado-gado, tumis dan berbagai masakan lain juga enak, lho. Kini kecap Benteng SH dikemas dalam berbagai kemasan yang menarik dan nggak kalah dengan merk kecap terkenal lainnya.

Menjaga Kelezatan Sampai Generasi Keempat

Sekarang ini kecap Benteng SH sudah berada di generasi keempatnya yang dipegang oleh Latief Sukaryadi. Dalam proses produksi kecapnya, pabrik tersebut nggak melakukan produksi secara massal, hanya terbatas dalam jumlah tertentu saja. Sampai sekarang pun resep rahasia dari kecapnya juga nggak bocor ke publik. Jadi, baik dari kualitas dan rasanya benar-benar terjaga sampai sekarang ini, ya Sahabat.

Bagi wisatawan yang datang ke Tangerang tentu nggak akan lengkap rasanya kalau nggak membawa kecap Benteng SH ini sebagai buah tangan saat pulang. Kecap ini bahkan telah jadi salah satu oleh-oleh khas dari Tangerang, lho. Maka dari itu untuk mendapatkan kecap ini Sahabat bisa datang ke pusat oleh-oleh yang ada di Tangerang.

sumber : kecapindonesia1.wordpress.com

Saksi Sejarah yang Tak Terlupakan

Kecap Benteng SH memang memiliki sisi perjuangan dari pendirinya, namun sejarah dari kecap ini juga membuat merek ini terkenal sampai sekarang. Bahkan kecap ini sampai disimpan sejarahnya di dalam Klenteng Boen Tek Bio dan Museum Heritage Tangerang, keren kan Sahabat? Selain itu dalam buku historis Jalan Raya Pos, Jalan Daendels milik Pramoedya Ananta Toer juga memuat sejarah kecap Benteng SH ini.

Jadi, kecap ini memang dikenal sebagai kecap sejak zaman Hindia Belanda yang berhasil bertahan hingga hari ini. Dari kualitas dan rasa jangan diragukan lagi, ya!

 

Jika Sahabat sedang berkunjung ke Tangerang, jangan lupa untuk mampir dan membeli kecap Benteng SH ini, ya! Dijamin saat dibawa pulang dan dicampur dengan masakan akan semakin meningkatkan selera makan Sahabat!


Keterangan
Lokasi : tangerang, banten
Jelajah BANTEN

18-09-2017 9:45 AM
Pulau Umang

18-09-2017 9:39 AM
Nasi Sumsum

18-09-2017 10:44 AM
Sate Bandeng

18-09-2017 9:47 AM
Pulau Sangiang