Kagumi Keindahan Danau Singkarak di Sumatera Barat

Saat mengambil jeda dari rutinitas, tentunya Sahabat ingin menyegarkan mata dari penatnya pemandangan ibu kota. Bayangkan Sahabat duduk di tepi danau dengan air yang jernih, langit yang biru, dikelilingi oleh pepohonan, dan angin sepoi-sepoi menerpa wajah. Ingin merasakan pengalaman tersebut? Kunjungi Danau Singkarak. Tidak hanya menyegarkan mata, Sahabat juga bisa memancing di sana.

Singkarak sebagai Danau Wisata

sumber : ranahminanggeopark.com

Danau Singkarak adalah danau vulkanik yang terletak di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Dengan luas kurang lebih 11.200 hektare, menjadikan Danau Singkarak sebagai danau terluas kedua setelah Danau Toba. Danau ini bentuknya memanjang karena memiliki panjang sekitar 20 kilometer dan lebar 6.5 kilometer. Danau Singkarak memiliki kedalaman 268 meter.

Keindahan Danau Singkarak membuat Sahabat memandang tak jemu. Butiran pasir halus membentang di bibir danau. Jika ingin melihat danau lebih dekat, Sahabat bisa menyewa perahu motor atau becak danau. Lihatlah riak air danau saat perahu melewatinya. Bahkan Sahabat juga bisa berenang di sini. Wah, pasti akan jadi pengalaman yang menyenangkan!

Di sekitar danau juga banyak warung dan tempat makan untuk mengisi perut yang lapar. Sambil makan, Sahabat bisa melihat panorama danau dengan latar belakang Bukit Barisan yang memukau. Sahabat juga bisa melihat Gunung Singgalang dan Marapi yang menakjubkan.

Kuliner Ikan yang Patut Dicoba

sumber : takaitu

Sahabat juga bisa memancing di sini. Danau Singkarak memiliki 19 jenis ikan seperti ikan asang, piyek, balingka, ikan baung, dan ikan sasau. Jenis ikan di Danau Singkarak terhitung sedikit untuk danau seluas ini. Hal ini dikarenakan jumlah plankton yang terbatas akibat kedalaman danau yang membuat matahari sulit menembusnya.

Ikan bilih yang merupakan ikan khas Danau Singkarak. Konon, ikan ini hanya bisa dibudidayakan di Danau Singkarak saja. Kalaupun bisa dibudidayakan di tempat lain, rasa ikannya akan berbeda saat dimakan. Ikan bilih paling enak dimakan dengan cara digoreng kering dan dicocol sambal. Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi ikan bilih sebagai kuliner khas Danau Singkarak ya!

Tempat Foto Terbaik

Untuk mendapatkan panorama yang luas, Sahabat bisa melihat Danau Singkarak dari Puncak Gobah, Puncak Thailand atau Bukit Pulau, Bukit Cinangkiak atau Puncak Chi Nang Kiek, dan Puncak Pusaran Angin. Siapkan kamera dengan lensa yang lebar untuk bisa menangkap pemandangan seluruhnya.

Danau Singkarak juga terkenal namanya karena sering dijadikan tempat ajang balap sepeda taraf internasional yaitu Tour de Singkarak. Balap sepeda yang pertama kali diadakan pada tahun 2009 ini rutin diadakan setiap tahunnya. Biasanya acara berlangsung selama seminggu, di antara bulan April hingga Juni.

Cara Menuju ke Sana

Kawasan Danau Singkarak berjarak 70 km dari Padang, 20 km dari Solok, dan sekitar 36 km dari Bukittinggi. Untuk mencapai Danau Singkarak, menggunakan mini bus dengan rute Padang-Solok dari Bandara Internasional Minangkabau. Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota menuju Singkarak Tembok dan Tikakak. Jika ingin lebih cepat dan nyaman, Sahabat juga dapat menyewa mobil.

 

Yuk, ajak keluarga dan teman-teman Sahabat berlibur ke Danau Singkarak. Dijamin akan menyenangkan!


Keterangan
Lokasi : padang, sumatera barat