Kagumi Indahnya Pulau Banda dan Beberapa Tempat Wisatanya

Memang tidak akan ada habisnya jika membicarakan tentang keindahan alam Indonesia. Mulai dari Sabang hingga Merauke, tersedia banyak sekali kepulauan dengan keindahan alam yang tidak tertandingi indahnya. Salah satunya adalah Pulau Banda yang terletak di Maluku. Seperti yang ditunjukan dalam foto dari akun @werryson, finalis dari Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance, Pulau Banda terlihat sangat cantik. Lalu, kira-kira seperti apa indahnya Pulau Banda ini?

Letak Pulau Banda

 

Pulau Banda adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Ambon. Di dekat Pulau Banda terdapat beberapa pulau lain seperti Pulau Neira, Pulau Ai, Pulau Hatta dan Pulau Rhun. Kurang banyak informasi mengenai Pulau Banda, padahal Pulau Banda memiliki beberapa pesona alam yang mengagumkan seperti gunung, terumbu karang dan juga pantai yang sangat indah.

Pulau Banda merupakan daerah penghasil pala terbesar

 

Indonesia terkenal akan sumber daya alamnya yang melimpah. Tidak terkecuali Pulau Banda. Pulau Banda merupakan daerah penghasil buah pala terbesar di Indonesia. Buah Pala bisa digunakan menjadi rempah-rempah dan mempunyai nilai jual yang tinggi juga. Sehingga tidak jarang pada zaman dahulu, bangsa Portugis dan Belanda kerap memperebutkannya.

 

Destinasi wisata Pulau Banda

Sumber : Flickr

 

Tidak hanya memiliki alam yang indah, terdapat beberapa destinasi wisata di Pulau Banda yang patut dikunjungi. Seperti beberapa tempat di bawah ini:

Siap-siap mengagumi indahnya Gunung Api Banda

Layaknya pulau lain, Pulau Banda juga memiliki satu gunung yang menjadi ikon khasnya yaitu Gunung Api Banda. Gunung api ini memiliki ketinggian sekitar 656 meter di atas permukaan laut. Sekedar informasi, gunung ini pernah meletus di tahun 1988 dan letusannya menyebabkan Pulau Banda diselimuti oleh abu selama berhari-hari. Tidak hanya itu, letusan ini juga menyebabkan ekosistem laut yang ada seperti terumbu karang menjadi rusak.

Surga bawah laut di Pulau Banda

Bagi Sahabat yang mempunyai hobi travelling, jangan ragu untuk mengunjungi Pulau Banda karena Sahabat akan terpesona dengan keindahan bawah lautnya. Salah satu spot diving yang perlu Sahabat kunjungi adalah Lava Flow. Spot diving ini menawarkan pesona bawah laut yang menakjubkan berupa ikan warna-warni dan terumbu karang. Terdapat sekitar 124 jenis terumbu karang di Pulau Banda.

Wisata sejarah di Benteng Belgica

Pulau Banda merupakan wilayah yang dulunya diperebutkan oleh dua negara besar, Portugal dan Belanda. Sekarang, Sahabat bisa mengunjungi sebuah benteng yang menjadi saksi bisu atas sejarah ini. Benteng ini bernama Benteng Belgica. Benteng indah ini dibangun oleh VOC di tahun 1611 untuk menghalangi upaya rakyat Banda melakukan protes terhadap tindak monopoli pala oleh VOC. Benteng ini berbentuk segi lima dan sering disebut sebagai Pentagon of Indonesia.

Akses ke Pulau Banda

Ada dua pilihan transportasi yang bisa dipilih. Yaitu dengan pesawat atau kapal laut. Jika menggunakan pesawat, Sahabat akan turun di bandara Pulau Banda dari kota Ambon. Namun karena Pulau Banda merupakan pulau kecil, dalam seminggu hanya ada dua kali penerbangan yaitu Rabu dan Jumat.

 

Lalu jika naik kapal laut, ada kapal Pelni yang akan membawa Sahabat ke Pulau Banda. Namun perlu diperhatikan karena tidak setiap saat kapal tersedia. Dibutuhkan waktu sekitar tujuh setengah jam dari kota Ambon untuk menuju Pulau Banda.

 

Bagaimana Sahabat? Jangan lupa untuk mampir ke Pulau Banda jika sedang berkunjung ke Maluku, ya.


Keterangan
Lokasi : ambon, maluku
Jelajah MALUKU

19-07-2017 2:26 AM
Danau Rana

01-02-2018 4:09 PM
Festival Teluk Ambon 2017

19-07-2017 2:25 AM
Papeda