Kagumi Indahnya Danau Kelimutu Yang Mempunyai 3 Warna di NTT

Bagi Sahabat yang gemar berwisata, rasanya belum lengkap apabila Anda belum mengunjungi Flores. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini menyimpan sejuta keindahan alam yang membuat Anda menyadari bahwa surga rupanya hadir pula di muka Bumi.

Salah satu sudut yang menawarkan keelokan surgawi adalah Danau Kelimutu. Tahukah Sahabat, apa yang membuat danau ini begitu tersohor dan istimewa? Selain lokasinya yang berada di puncak Gunung Kelimutu dan dikelilingi oleh pepohonan rindang, danau ini dapat berubah warna pada waktu-waktu tertentu.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, warna-warna danau merepresentasikan peristiwa-peristiwa mistis tertentu. Saat danau berubah menjadi warna biru (Tiwa Nuwa Muri Koo Fai), maka artinya jiwa-jiwa para muda-mudi yang telah meninggal sedang berkumpul di sana. Apabila warna danau menjelma putih (Tiwa Ata Mbupu), maka itu artinya, jiwa-jiwa para orang tua tengah berada di sekitar Danau Kelimutu.

Nah, bila danau berubah warna menjadi merah (Tiwa Ata Polo), maka artinya, di danau tersebut, arwah para orang jahat sedang berkumpul di sana. Cukup mengerikan, ya, Sahabat? Namun inilah yang membuat Danau Kelimutu menjadi unik dan tak terlupakan. Tidak ada danau lain di muka Bumi ini yang memiliki keajaiban layaknya Danau Kelimutu

Baca juga: Yuk Ke Tempat Wisata di Bangka Yang Kekinian, Danau Camoi Aek Biru

Danau Kelimutu, Antara Keindahan dan Kearifan Lokal Masyarakat Setempat

https://thumb.saliha.id/image/2017/07/27/4ea132da6c61772d72485fb0d7ffb805_ntt,-danau-kelimutu1a-Cropped-(2).jpg

Bukan sekadar indah, masyarakat setempat mempercayai bahwa arwah-arwah yang bersemayam di sekitar Danau Kelimutu memberikan kesuburan bagi daerah sekitar. Bahkan, di sekitar danau, terdapat ragam flora yang unik, berbeda dengan flora alias tumbuhan yang terdapat di bagian lain Pulau Flores.

Untuk itu, setiap tanggal 14 Agustus, masyarakat setempat kerap mengadakan upacara adat Pati Ka Du'a Batu Ata Mata, atau upacara pemberian makan bagi para arwah tersebut. Dengan diiringi musik tradisional Lio-Ende dan juga doa-doa khusus, upacara ini berlangsung dengan sangat khidmat.

http://www.wacana.co/wp-content/uploads/2015/05/wacana.co_Upacara-Pati-Ka-Dua-Bapu-Ata-Nusa-Tenggara-Timur.jpg

Nah, Sahabat, bila ditilik secara lebih dalam, upacara ini memang memiliki pengaruh terhadap kelestarian alam di sekitar Danau Kelimutu. Ritual ini mengingatkan penduduk setempat tentang betapa pentingnya menjaga Danau Kelimutu yang sakral. Pemerintah pun juga senantiasa mendukung keberlangsungan ritual ini lho.

Sahabat tertarik dengan keindahan kilau tiga warna Danau Kelimutu? Anda bisa mencapai Danau Kelimutu melalui perjalanan darat dengan truk sejauh 13 kilometer, dari Desa Moni, Ende, Nusa Tenggara Timur. Berbagai fasilitas pun disediakan tak jauh dari danau, mulai dari tempat makan, toilet, hingga losmen yang nyaman.

Oh ya, selain keindahan warna danau, Sahabat juga bisa menikmati kesempurnaan matahari terbit dari sana. Sahabat bisa datang ke Danau Kelimutu sebelum pagi menjelang, agar bisa melihat matahari terbit. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian tebal, karena udara di sana cukup dingin dan mampu membuat Anda menggigil.

Baca juga: Cantiknya Bentukan Alam di Danau Love, Jayapura

 

Jadi, ingin pilihan wisata yang dapat menyegarkan fisik dan pikiran Anda? Ingin mengenal lebih dalam salah satu kebudayaan unik nan filosofis di Indonesia? Sahabat jelas harus mencoba wisata menuju Danau Kelimutu. Selamat merasakan pengalaman liburan paling ajaib yang pernah ada dalam hidup Sahabat!