Gurihnya Kacang Goyang, Kacang Penuh Warna Oleh Oleh Khas Manado

Berlibur ke Manado nggak lengkap rasanya kalau nggak membawa kacang goyang sebagai oleh-olehnya. Kacang yang ini bukan kacang yang bisa bergoyang sendiri, lho. Kacang goyang adalah camilan unik yang hanya bisa ditemukan di Manado. Bentuknya seperti batu kerikil dan memiliki warna-warni yang sangat mencolok.

Sejak dulu, Manado memang dikenal memiliki banyak oleh-oleh yang sangat khas, salah satunya adalah kacang goyang ini. Itulah mengapa jika datang ke Manado jangan sampai melewatkan kacang goyang ini sebagai buah tangan. Daripada semakin penasaran, yuk simak informasinya di sini Sahabat!

Cita Rasa Unik dari Kacang Goyang

Kacang goyang memiliki cita rasa yang sangat unik, yakni paduan tekstur renyah, rasa gurih dan manis. Saat dikunyah memang terasa renyah pada bagian luarnya, namun sangat gurih di bagian dalamnya. Guna menarik perhatian pembeli, biasanya pembuat kacang goreng menambahkan pewarna makanan agar lebih menarik.

Cara membuat kacang goyang ini terbilang sangat sederhana, lho Sahabat. Kacang tanah kering yang sudah dikupas dari kulitnya kemudian disangrai menggunakan pasir. Cara menyangrainya juga unik karena sembari digoyang-goyang agar terlepas dari kulit arinya. Inilah mengapa dinamakan kacang goyang karena pembuatannya dengan cara digoyang-goyang.

sumber : indonesiakaya.com

Setelah mendapatkan kacang tanah bagian dalamnya, kemudian menyiapkan gula yang sudah dicairkan pada wajan. Kacang dimasukkan ke dalam lelehan gula tersebut dengan ditambahkan pewarna makanan. Jadi, warna-warni yang dihasilkan akan lebih menarik dan tetap aman untuk dikonsumsi. Setelah agak dingin, gula tersebut akan mengeras dengan sendirinya dan baru bisa dikemas.

Dahulu kala, masyarakat Manado membuat kacang goyang ini menggunakan tungku tanah liat dan wajan besar yang berisi pasir. Teknik menggoyang-goyangkan tersebut bukan semata untuk ciri khas saja, melainkan bertujuan untuk menghindari kacang menjadi gosong. Jadi, ketika mulai menyangrai memang nggak boleh berhenti di tengah jalan ya, Sahabat.

Tekstur keras yang berasal dari gula yang mengeras tadi dengan sedikit rasa pahit karena proses kacang yang disangrai tersebut menambah cita rasa pada sajian ini. Jadi, kacang goyang ini memang pasti bikin Sahabat ketagihan. Tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke Manado dan memborong kacang goyang ini untuk dibawa pulang.

sumber : indonesiakaya.com

Oleh-Oleh yang Wajib Dibawa Dari Manado

Jika Sahabat tertarik membelinya, bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada di Manado karena mudah ditemukan di tempat tersebut. Jadi, untuk mencarinya pun tak perlu bersusah payah. Harga per bungkusnya sendiri mulai dari Rp10.000,- sampai Rp30.000,- tergantung dari berat dan ukuran kacang goyangnya. Biasanya, kacang goyang dikemas dalam bungkusan plastik atau ada juga yang menggunakan toples. Masing-masing memiliki harga sendiri, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat.

Jadi kapan Sahabat berlibur ke Manado? Jangan lupa untuk membeli kacang goyang ini sebagai oleh-oleh, ya! Tentunya kacang goyang sangat berharga karena dari segi rasa dan warnanya sangat menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat pulang.


Keterangan
Lokasi : manado, sulawesi utara
Jelajah SULAWESI UTARA

19-07-2017 3:18 AM
Tari Maengket

19-07-2017 3:00 AM
Ikan Woku Belanga

19-07-2017 3:02 AM
Taman Laut Tumbak

19-07-2017 3:19 AM
Klappertaart