Berencana Backpacker-an ke Malang? Ini Dia Itinerary Yang Bisa Sahabat Pakai

Malang akhir-akhir ini memang banyak didatangi oleh wisatawan. Selain karena tempat wisatanya yang menarik juga karena kulinernya yang beragam. Ditambah lagi dengan suasana kotanya yang sangat sejuk tentu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk datang.

Bagi Sahabat yang ingin mencoba backpacker-an ke Malang, harus benar-benar menyiapkan itinerary yang terbaik, nih. Ada dua hal yang menjadi pertimbangan, pertama adalah jarak antara tempat wisata dan yang kedua adalah transportasinya. Banyak yang salah dalam mengatur itinerarynya dan liburan jadi nggak optimal karena banyak destinasi wisata yang terlewat.

Padahal, jika membuat itinerary lebih rapi maka akan lebih puas dalam berlibur. Dalam itinerary, Sahabat bisa membaginya dalam beberapa tujuan yaitu tempat wisata utama, wisata pelengkap dan wisata kuliner.

Wisata utama yang dimaksud adalah tempat wisata yang sekiranya padat wisatawan dan membutuhkan banyak waktu untuk dihabiskan di sana.

Sedangkan wisata tambahan adalah tempat wisata yang tidak membutuhkan banyak waktu, misalnya spot selfie, spot pemandangan dan sebagainya. Jadi itinerary dalam sehari harus dapat mencakupi wisata utama, wisata tambahan dan wisata kuliner.

Nah, dari pembagian tersebut mungkin Sahabat bisa langsung mencari spot tempat wisatanya di Malang, nih. Di bawah ini ada sedikit contoh bagaimana membuat itinerary agar liburan Sahabat di Malang bisa lebih maksimal.

Backpacker-an Ke Malang

Setelah tiba di stasiun atau bandara, Sahabat bisa langsung melanjutkan perjalanan ke penginapan untuk beristirahat sejenak. Jika memang belum bisa check-in di penginapan maka bisa memilih untuk berwisata kuliner terlebih dahulu ya, Sahabat.

Di Malang Sahabat bisa menyewa sepeda motor atau menggunakan layanan ojek online sebagai transportasi utamanya. Jika Sahabat ingin menggunakan transportasi umum juga bisa, kok. Saat merasa kebingungan jangan sungkan untuk bertanya dengan warga sekitar, ya.

Hari Pertama

08.00 -  Tiba di Malang (Stasiun atau Bandara)

08.30 - Makan pagi (pilih salah satu, Rawon Tessy, Bakso Bakar Pak Man atau Rumah Makan Inggil)

09.30 - Jatim Park II (Batu Secret Zoo)

15.00 - Kuliner (Jungle Fast Food, Warung Cak Tono, Warung Khas Batu)

16.00 - Check-in ke penginapan

18.00 - BNS (Batu Night Spectacular)

22.00 - Kuliner Malam Sekitar BNS dan kembali ke penginapan

Hari Kedua

07.00 - Makan pagi

08.00 - Museum Angkut

11.00 - Coban Rondo dan Taman Labirin

14.00 - Omah Kayu dan Bukit Paralayang

18.00 - Kuliner sekitar Bukit Paralayang (rekomendasi karena suasana romantis) atau kuliner sekitar Alun-Alun Batu (Pos Ketan Legenda, jajanan kaki lima)

21.00 Kembali ke penginapan

Hari Ketiga

07.00 Sarapan dan check-out

08.00 Wisata petik apel

12.00 Pusat Oleh-Oleh Batu atau Malang

14.00 Menuju stasiun atau bandara

Ada beberapa opsi lagi jika Sahabat ingin memasukkan wisata alam, seperti Gunung Bromo atau Gunung Semeru ke dalam itinerary. Namun, jika ingin ke tempat-tempat wisata tersebut dibutuhkan persiapan dan perencanaan waktu yang lebih matang, ya. Karena jika ingin berkunjung ke Bromo, ada waktu-waktu tertentu yang harus diutamakan, misalnya saat sunrise, saat mengunjungi kawah dan saat melewati gurun pasir di sekitar Bromo.

 

Nah, itu dia contoh itinerary yang bisa Sahabat contoh. Jadi, kapan mau ke Malang? Banyak tempat wisata yang asyik di sana, lho!

 


Keterangan
Lokasi : malang, jawa timur
Jelajah JAWA TIMUR

08-08-2017 8:40 AM
Geti

18-09-2017 10:57 AM
Wisata sejarah ke Goa Jepang

08-08-2017 8:34 AM
Jurug Bening

08-08-2017 8:07 AM
Patria Garden Hotel

01-02-2018 4:38 PM
Sunday Morning Festival