Ini Loh Keuntungan Tinggal dan Berinteraksi dengan Masyarakat Lokal Saat Liburan

Hai, sahabat! Termasuk Tipe traveler apakah Sahabat? Baik grup ataupun solo, masing-masing memiliki perlakuan serta perencanaan berbeda ketika bepergian. Nah, untuk yang kedua, ada hal menarik berkenaan dengan penginapan di tempat wisata. Alih-alih memesan hotel atau sejenisnya, menginap di rumah warga bisa menjadi pilihan bagus, karena ada beberapa keuntungan di dalamnya.

Menjadi Sebuah Alternatif

Tinggal dengan masyarakat lokal adalah cara yang tepat untuk solo traveler dalam menghemat biaya akomodasi, mengingat tidak perlu mengeluarkan dana besar seperti saat menginap di hotel. Tidak perlu sungkan, karena kultur masyarakat kita sudah terkenal akan sikap ramah tamah terhadap tamu atau pendatang. Meski mereka tidak mematok harga, hargailah dengan memberikan sejumlah uang sebagai ucapan terima kasih atas jamuannya.

Bisa Mendapatkan Pemandu Wisata Terbaik

sumber : borderzine.com

Tarif pemandu wisata terbilang cukup menguras budget. Belum lagi, Sahabat tidak ditemani sepanjang waktu. Dengan menginap di rumah warga, informasi-informasi detail tentang tempat wisata bisa didapatkan kapan saja dengan mudah. Selain itu, pengalaman berharga dengan turut serta dalam kegiatan sehari-hari atau acara kebudayaan adalah bonus yang sangat berkesan.

Mendapatkan Kemudahan Akses

Salah satu faktor yang membuat tempat wisata tidak menjadi sorotan adalah sulitnya akses untuk menuju tempat tersebut. Padahal, sering kali pemandangannya begitu memanjakan mata lantaran masih asli atau belum terjamah. Untuk mendapatkan kepuasan liburan tersebut, orang lokal bisa mengantarkan sahabat ke sana.

Kunci agar mendapatkan bantuan ini, pertama-tama harus menyatu dengan kehidupan warga setempat, kemudian mampu menempatkan diri melalui adaptasi gaya hidup. Jangan bangun pembatas dan bersikaplah ramah agar tidak ada kecanggungan satu sama lain.

Merasakan Kuliner Asli Warga Setempat

Selain tempat wisata itu sendiri, kuliner adalah suatu hal yang mampu menjadikan liburan lebih menarik. Perbedaan tentu ada ketika menyantapnya di tempat makan, hotel, dan kafe, atau di kediaman warga setempat. Dari harga, jelas sangat berpengaruh, terlebih dari segi keaslian rasa. Menariknya lagi, sahabat bisa ikut serta dalam proses pembuatannya. Kalau mencari oleh-oleh berupa makanan, jasa pengolahan mereka juga dapat dimanfaatkan.

Mungkin sempat ada pikiran kalau menginap di rumah warga cukup merepotkan lantaran harus mencarinya terlebih dahulu ketika sampai di tempat tujuan. Jangan urungkan rencana ini, karena Couchsurfing dan AirBNB akan sangat membantu layaknya memesan penginapan. Pada situs penginapan yang pertama, Sahabat bisa tinggal secara gratis, tapi selanjutnya ada tarif murah meriah yang ditetapkan.

 

Keuntungan terbesar menginap di rumah warga adalah mampu menghemat pengeluaran semasa liburan, khususnya bagi solo traveler. Ada juga hal-hal yang tidak bisa didapatkan di penginapan yaitu sensasi membaur atau interaksi dengan lingkungan baru lewat kebiasaan dan budaya masyarakat. Selain itu, menemukan teman baru di setiap kunjungan merupakan pengalaman menyenangkan loh Sahabat!


Keterangan
Lokasi : jakarta barat, dki jakarta
Jelajah DKI JAKARTA

18-09-2017 9:33 AM
Resort Pulau Ayer Kep. Seribu

18-09-2017 8:39 AM
Seni tari Topeng

03-12-2017 10:34 PM
Abdullah Collection

07-03-2018 7:00 AM
Java Jazz Festival, Jakarta