Ini Dia Oleh-Oleh khas Bangka yang Wajib Sahabat Bawa Pulang

Pulau Bangka yang mulai dikenal berkat fenomena film dan novel Laskar Pelangi ini ternyata tak hanya menyimpan keindahan alam yang memesona. Budaya serta kekayaan kulinernya menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang datang ke sana.

Berkunjung tanpa membawa buah tangan saat pulang tentu akan membuat kunjungan Sahabat terasa kurang lengkap. Oleh-oleh khas Bangka yang sedap dan populer berikut ini adalah pilihan terbaik untuk orang-orang terkasih di rumah.

Otak-Otak Ase

Saat berkunjung ke Pangkal Pinang, makanan berbahan dasar ikan yang mirip dengan empek-empek Palembang ini wajib Sahabat coba. Otak-otak bakar berbungkus daun pisang maupun otak-otak rebus berbentuk lonjong dan tebal ini selalu menjadi pilihan pertama oleh-oleh khas Bangka bagi para wisatawan. Selain dari ikan tenggiri, ada juga yang berbahan dasar cumi.

Bong Lia Piang

sumber : goodnewsfromindonesia.id

Kue dengan isian selai nanas yang asam manis ini diberi nama Bong Lia Piang karena dibuat dengan perpaduan budaya pribumi dan Hakka Tiongkok. Kue ini dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, gula aren dan santan dengan rasa manis asam bercampur gurih. Bentuknya yang mirip dengan bakpia ini merupakan bukti bahwa keberagaman budaya Bangka menjadi salah satu faktor keberagaman kuliner di sini.

Kemplang

sumber : priangansari.co.id

Dengan potensi baharinya yang tak terbatas, Bangka juga memiliki hasil laut yang berkualitas dan banyak dijadikan makanan olahan. Kemplang atau kerupuk kemblang ini adalah salah satunya.

Dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka, kemplang terasa renyah dan gurih dijadikan camilan atau teman makan. Selain berbahan dasar ikan tenggiri, Sahabat juga bisa mencicipi rasa lain seperti cumi-cumi dan udang.

Lempok Cempedak

sumber : bukalapak.com

Jika daerah lain di pulau Jawa punya banyak pilihan oleh-oleh dodol, maka Bangka punya lempok cempedak. Kudapan manis dan kenyal ini dibuat dari buah cempedak. Lempok cempedak adalah salah satu pilihan buah tangan bagi para wisatawan yang berlibur ke Pulau Bangka maupun Belitung.

Kricu

Selain bentuknya yang unik, putih memanjang, kricu, camilan khas Pulau Bangka Belitung ini terbuat dari bahan baku yang berbeda dari yang lain: telur cumi-cumi segar. Hasil tangkapan laut ini dicampur tepung terigu dan bumbu-bumbu lain kemudian digoreng. Hasilnya adalah camilan yang lezat dan gurih yang cocok sekali dijadikan buah tangan sekembalinya Sahabat dari Bangka.

Sirup Jeruk Kunci

sumber : instagram.com/sirupjerukkunci

Medan punya sirup markisa yang tersohor, sementara Cirebon terkenal dengan sirup cangkolainya. Bangka juga punya minuman yang tak kalah ikonik: sirup jeruk kunci. Minuman dalam kemasan botol ini dibuat dari jeruk kunci yang berukuran sebesar bola pingpong dengan rasa asam yang menyegarkan.

Untuk menikmatinya, Sahabat bisa mencampurnya dengan air hangat ataupun dingin. Agar lebih sedap, campurkan dengan somboi atau manisan Cina. Harga sebotol sirup jeruk kunci juga sangat terjangkau untuk dijadikan buah tangan.

 

Berkunjung ke Bangka memang akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi siapapun. Dengan membawa pulang oleh-oleh khas Bangka, liburan Sahabat pun akan terasa semakin lengkap.


Keterangan
Lokasi : bangka, kepulauan bangka belitung