Ini dia Kuliner Populer Khas Tanah Minang

Menjelajahi Sumatra Barat tidak akan lengkap jika belum mencoba ragam makanan khasnya. Dari segi cita rasa, kuliner Minang memang memiliki kelezatan yang tiada tandingannya. Penggunaan rempah-rempah yang kompleks dan cara pemasakan yang unik adalah beberapa faktor mengapa masakan bagian barat Pulau Sumatra tersebut selalu mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Berikut adalah beberapa sajian khas Minang populer yang wajib Sahabat coba:

Rendang

Sumber: Orami.com

Mendapat predikat sebagai makanan paling enak di dunia pada tahun 2017, rendang muncul sebagai salah satu hidangan internasional yang paling dinanti di berbagai belahan bumi.

Hidangan yang terbuat dari daging sapi ini membutuhkan proses pemasakan yang relatif tidak singkat hingga memakan waktu berjam-jam lamanya. Setelah santan mendidih, bumbu yang dihaluskan seperti cabai merah, lengkuas, dan jahe dimasukkan bersama dengan potongan daging. Jika sudah berwarna cokelat kemerahan, rendang siap untuk disajikan.

Sate Padang

Sumber: Goodindonesiafood.com

Bagi penggemar sate, Sahabat tidak boleh melewatkan sate Padang. Hidangan yang ditusuk ini mempunyai rasa dan aroma yang menggoda. Tidak seperti jenis sate yang lain, sate Padang menggunakan bahan dasar lidah dan daging sapi yang telah direbus. Setelah dipotong-potong dan dibumbui, bagian dalam hewan tersebut dibakar di atas bara api hingga matang. Sate Padang biasanya disajikan dengan saus kuning yang terbuat dari cairan tepung beras dan aneka bumbu seperti bubuk kari, jintan, dan ketumbar.

Soto Padang

Soto Padang adalah kuliner Minang berkuah yang disajikan dengan kerupuk merah. Berbeda dengan hidangan soto dari daerah lain, soto Padang menggunakan potongan daging sapi yang telah dipotong tipis dan digoreng. Kaldu beningnya yang terasa gurih sangat cocok disantap bersama nasi hangat baik pada saat makan siang ataupun malam. Bumbu-bumbu yang dipakai mencakup daun jeruk, serai, dan kunyit bakar.

Nasi Kapau

Sumber: Takaitu

Sesuai dengan namanya, nasi Kapau adalah hidangan sejenis nasi campur yang berasal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam. Ciri khas dari hidangan ini adalah penggunaan gulai nangka pada setiap penyajiannya. Gulai yang tidak menggunakan banyak santan ini dimasak dengan sayuran lain seperti pakis, rebung, jengkol, dan kacang panjang. Selain itu, nasi Kapau didampingi gulai tunjang, ayam panggang, dan sambal lado hijau.

Dendeng Balado

Sumber: Blogspot/Dendeng Balado Minang

Hidangan khas Minang dengan tampilan seperti beef jerky ini mempunyai tekstur yang renyah jika digigit. Perpaduan antara potongan daging sapi tipis berwarna coklat tua dengan cabai merah yang diulek kasar membuat lidah Sahabat akan selalu bergoyang. Selain daging khas dalam, dendeng balado menggunakan bumbu perendam yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.

 

 

Tidak hanya tampilan yang atraktif, kuliner Minang juga mempunyai cita rasa autentik khas yang tidak bisa dibandingkan dengan makanan apa pun. Sudahkah Sahabat mencoba salah satu hidangan yang disebutkan di atas?


Keterangan
Lokasi : padang, sumatera barat