Ingin Ngirit tapi Tetap Nyaman Saat Berlibur? Ini Tips Memilih Penginapan Murah namun Tetap Nyaman

Liburan seolah menjadi gaya hidup baru yang tengah menjamur di kalangan masyarakat modern. Tak ayal, fenomena tersebut membuat banyak tempat wisata baru mulai bermunculan untuk memikat hati wisatawan. Agar bisa menikmati semua tempat wisata tersebut, tentunya tak cukup bila dilakukan dalam satu hari saja.

Oleh karena itu, penginapan menjadi modal penting yang harus dipersiapkan apabila Sahabat ingin melakukan perjalanan lebih dari satu hari. Tak harus mahal, Sahabat juga bisa memilih penginapan murah hingga gratis, lho. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini.

1. Pilih Penginapan Sederhana namun Nyaman untuk Ditinggal

Fasilitas biasanya menjadi penentu mahal tidaknya sebuah penginapan. Semakin bagus fasilitas yang diberikan, tentu semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Coba cari penginapan dengan fasilitas sederhana tapi tetap nyaman untuk ditinggali. Hostel misalnya.

Meski satu kamar hostel biasanya dihuni oleh 4-10 orang, namun hostel  bisa menjadi opsi terbaik bagi Sahabat yang memiliki anggaran minim. Selain hemat, dapat berinteraksi dengan tamu lainnya menjadi keuntungan tambahan yang akan Sahabat dapatkan selama menginap di sini.

Baca Juga: Nikmati Sensasi Menginap di Rumah Pohon Mekarsari Bogor

2. Pesan Penginapan dari Jauh-Jauh Hari

Kalau lusa pergi berlibur, jangan pesan penginapannya sekarang. Pesanlah dari jauh-jauh hari agar mendapatkan penginapan murah. Oh iya, sebelum memesan, waktu liburan juga perlu diperhatikan nih. Pasalnya, penginapan akan menawarkan harga tertinggi saat high season, yaitu pada musim liburan, hari-hari libur nasional, atau akhir pekan.

3. Carilah Penginapan di Pinggiran Kota

Selain fasilitas, lokasi yang berdekatan dengan objek wisata bisa memengaruhi harga sebuah penginapan, lho. Untuk mendapatkan harga murah, Sahabat bisa mencari penginapan yang berada di pinggiran kota. Meski sedikit jauh, pastikan penginapan tersebut terjangkau oleh transportasi umum agar tak terlalu repot ketika ingin pergi ke wisata tujuan.

4. Berburu Voucher Penginapan

Biasanya, situs-situs pemesanan hotel sering menawarkan beberapa promo menarik yang bisa Sahabat manfaatkan untuk mendapatkan potongan harga. Penawaran diskon khusus juga bisa datang untuk Sahabat yang menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan alat transaksi ini, pemesanan penginapan Sahabat bisa mendapatkan potongan hingga 30% dari harga normal. Menarik bukan?

5. Berlangganan Newsletter dari Situs Pemesanan Penginapan Online

Pernah dengar istilah newsletter? Newsletter sendiri merupakan pemberitahuan yang dikirim secara berkala kepada seseorang yang terdaftar sebagai anggota. Dari newsletter inilah, Sahabat bisa tahu informasi tentang harga sekaligus promosi diskon penginapan yang ada di tempat-tempat tertentu. Oleh sebab itu, jangan remehkan kekuatan newsletter, ya.

Setelah mengetahui bagaimana cara mendapatkan penginapan murah, kini giliran Sahabat untuk mempraktekkannya. Selamat mencari dan selamat berlibur!