Mencicipi Gudeg Yu Jum Asal Jogja Yang Legendaris

Berkunjung ke Jogja memang tak lengkap rasanya jika tak mencicipi gudeg sebagai makanan khasnya. Jogja memang dikenal sebagai kota gudeg, di mana hampir setiap sudut kotanya banyak yang menjual gudeg. Kuliner yang berbahan baku nangka muda ini sangat digemari oleh banyak kalangan karena rasanya yang manis legit dan ada berbagai campuran lauk pendamping yang enak.

Santapan Legendaris Dari Jogja

Tak salah jika banyak wisatawan yang datang ke Jogja pasti mampir untuk makan gudeg. Jika Sahabat belum pernah merasakan gudeg tersebut, ada satu tempat rekomendasi yang cocok nih. Tempatnya ada di Gudeg Yu Jum yang terkenal paling enak dan legendaris di Jogja. Kuliner gudeg di sini sudah ada sekitar 80 tahun lalu dan masih menggunakan resep asli, lho Sahabat.

Dalam satu porsi gudeg Yu Jum terdapat berbagai menu yang tersaji. Gudeg yang sudah ditambah dengan nasi lalu disiram dengan kuah areh kental, kemudian ditambahkan sambal krecek, irisan telur, suwiran ayam, tahu, tempe, ampela ati, dan masih banyak lagi. Wah membayangkannya saja sudah bikin ngiler, ya Sahabat?

Harga Satu Porsi Gudeg Yu Jum

Sahabat masih bisa menambah lauk lain jika masih kurang seperti ayam goreng, kerupuk dan aneka gorengan. Untuk satu porsi lengkap dari gudeg Yu Jum sekitar Rp10.000,- tanpa ayam, sedangkan jika Sahabat menambah lauk ayam hanya perlu membayar Rp30.000,-. Sebelum berpetualang di Jogja memang paling pas jika sarapannya dengan gudeg Yu Jum ini. Rasa manis yang keluar ditambah rasanya yang sangat lezat bisa menambah energi sebelum bepergian.

Oh iya Sahabat, ada dua variasi yang disediakan oleh gudeg Yu Jum yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering biasanya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena lebih tahan lama sekitar 3 hari, sedangkan gudeg basah untuk dimakan di tempat langsung agar lebih nikmat.

Ada yang unik jika Sahabat memesan gudeg kering yaitu pengemasannya menggunakan besek atau kendil. Kendil adalah sejenis wadah yang terbuat dari tanah liat yang biasa dipakai untuk tempat menyimpan makanan di Jogja. Satu kendil biasanya untuk porsi yang besar dengan harga Rp150.000 sampai Rp200.000,- lengkap dengan satu ekor ayam dan telur 10 buah.

Banyak Cabang Jadi Lebih Mudah

Sebelum menikmati gudeg kering tersebut, Sahabat hanya perlu mengukusnya sebentar agar aroma dan cita rasanya keluar. Menurut cerita, rasa enak dari gudeg Yu Jum ini memang dari resep aslinya dan cara pengolahan yang berbeda. Yu Jum menggunakan kayu bakar sehingga aroma yang terasa seperti ada bakar-bakarnya gitu Sahabat.

Dahulu gudeg Yu Jum ini dirintis pertama kali di Jalan Wijilan Yogyakarta tahun 1942 dan sampai sekarang sangat terkenal memiliki banyak cabang di Jogja. Ada sekitar 7 cabang yaitu di Jalan Kaliurang KM 5 Koncoran Gang Sri Katon 2, Jalan Kaliurang KM 4.5, Jalan Wijilan No. 167, Jalan Laksda Adisucipto KM 9 No. 6A, Jalan Dagen No. 2C, Jalan AM Sangaji No. 93 Monjali dan Jalan Wates KM 12 Kalakan, Bantul.

 

Sahabat hanya perlu datang ke salah satu cabangnya tersebut atau yang paling dekat dari posisi Sahabat. Walau memiliki cabang yang banyak namun cita rasanya masih sama dengan gudeg aslinya. Yuk segera cicipi lezatnya rasa legendaris dari gudeg Yu Jum ini, ya Sahabat!


Keterangan
Lokasi : yogyakarta, di yogyakarta