Festival Sentani: Yuk, Ketahui Megahnya Salah Satu Festival Terbesar di Papua

Ternyata pesona wilayah Indonesia bagian timur, khususnya Papua, tidak kalah loh dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Papua menyimpan keberagaman budaya yang menarik untuk dinikmati. Kekayaan budaya berbagai suku di Papua dapat terlihat dalam sebuah festival yang bernama Festival Danau Sentani. Yuk, Sahabat! Kenali Festival Danau Sentani ini lebih dekat.

Apa itu Festival Danau Sentani?

Festival Danau Sentani adalah salah satu festival terbesar yang telah diadakan sejak tahun 2007 dan menjadi acara tahunan untuk mempromosikan pariwisata di Papua.

Dengan tema “One in Diversity to Achieve Greatness”, festival ini ingin menunjukkan persatuan dan keberagaman banyak suku yang ada di wilayah sekitar Danau Sentani. Selama festival berlangsung, Sahabat bisa menyaksikan kebudayaan dan adat istiadat dari beragam etnis/suku yang mendiami kawasan tersebut.

Baca juga: Tradisi Bakar Batu, Tradisi Tua yang Unik dari Papua

Jenis Keragaman Budaya Apa Saja yang bisa Dilihat?

Kemegahan festival ini akan membuat Sahabat berdecak kagum. Ada banyak hal yang bisa Sahabat saksikan di Festival Danau Sentani. Di antaranya:

Kekayaan Alam

Dengan berkunjung ke Festival Danau Sentani, Sahabat akan merasa kagum melihat keindahan dan kekayaan alam yang ada di sana. Saking indahnya, Sahabat akan menemukan banyak spot untuk berfoto.

sumber: ytimg

Danau Sentani juga merupakan danau penghasil ikan. Terdapat lebih kurang 33 jenis ikan yang bisa Sahabat temukan di sini. Tidak hanya menikmati kekayaan hayatinya, kegiatan lain yang bisa Sahabat lakukan yaitu, mengikuti tur wisata maupun berenang di Danau Sentani.

Budaya Lokal

sumber: farmstatic

Keramahan penduduk di Danau Sentani dalam menyambut orang luar merupakan bagian dari adat istiadat di sana. Sahabat akan diajak bercengkrama dengan penduduk setempat. Selain itu, Sahabat juga bisa menyaksikan proses pembuatan sagu dan kegiatan mengepang rambut yang menjadi budaya lokal di sana.

Makanan Khas

Sumber: wikipedia

Berbagai jenis kuliner khas tersedia di Festival Danau Sentani. Sahabat harus mencicipi keunikan dan kekhasan makanan lokal, yaitu papeda, ubi, buah matoa, dan pinang. Papeda adalah makanan yang terbuat dari sagu. Sedangkan pinang yang dicampur kapur dianggap sebagai pengganti rokok.

Kerajinan lokal

Berbagai kerajinan lokal yang unik dan berkarya seni tinggi, seperti tekstil batik Papua, kerajinan dari kulit kayu, kerajinan gerabah, dan rotan dijual di Festival Danau Sentani. Sahabat bisa membeli kerajinan-kerajinan tersebut sebagai suvenir untuk teman dan kerabat.

Tari-Tarian Tradisional

Sumber: www.festivaldanausentani.com

 

Pertunjukan tari-tarian tradisional dari suku/etnis yang ada di Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan di Festival Danau Sentani. Sahabat akan dihibur dengan berbagai macam jenis tari seperti tarian Suku Kamoro, Tari Perang, Felabhe, dan tari kolosal tradisional di kapal yang melibatkan ratusan orang, yaitu tari Isosolo atau Isolo.

Baca juga: Upacara Tiwah, Upacara Adat Khas Suku Dayak

Dimana Lokasinya?

Setelah menyimak informasi-informasi tentang Festival Danau Sentani, Sahabat harus melihat festival ini secara langsung. Segera kunjungi dan temukan lokasinya. Sahabat bisa langsung berkunjung ke Kawasan Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Sahabat, jadilah saksi kemeriahan festival ini!  Mari segera kunjungi Festival Danau Sentani, festival yang kaya akan nilai-nilai adat budaya!


Keterangan
Lokasi : jayapura, papua