Pertunjukan Kelas Dunia dari Masyarakat Papua Lewat Festival Lembah Baliem

Berkunjung ke Papua, jangan sampai Sahabat melewatkan festival bertaraf dunia, Festival Lembah Baliem. Festival ini sangat unik dan kaya akan tradisi serta nilai-nilai budaya dari Suku Asmat. Ingin tahu seperti apa festivalnya? Yuk, simak di sini!

Festival Lembah Baliem: Festival Budaya Berskala Internasional

 

Pernahkah Sahabat mendengar Festival Lembah Baliem dari Papua? Ternyata, festival ini sudah sangat terkenal di kalangan turis mancanegara, loh. Saking terkenalnya, Festival Budaya Asmat ini mendapatkan penghargaan dan telah diakui dunia sebagai situs warisan budaya.

Festival ini diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya setiap tahun. Tujuannya untuk mempertahankan kelestarian nilai-nilai budaya Suku Asmat sekaligus memperkenalkan Kabupaten Asmat sebagai destinasi wisata yang eksotis dari Papua. Festival bertaraf dunia ini dulunya diadakan setiap bulan Oktober, namun sekarang sering diadakan di bulan Agustus.

Jika Sahabat berkesempatan langsung menghadiri Festival Lembah Baliem ini, kamu akan merasakan langsung pengalaman menakjubkan bersentuhan langsung dengan kebudayaan dan tradisi dari berbagai suku yang ada di Papua tanpa perlu mendatangi perkampungan setiap suku.

Saat pertunjukan berlangsung, kamu bisa menyaksikan berbagai atraksi perang adat,  musik tradisional, tarian, lelang patung, lomba perahu, demo membuat ukiran, nyanyian, dan pemilihan Abang None Asmat juga, loh.

Sumber : gardanasional

Kamu juga akan melihat secara langsung perwakilan dari Suku Dani, Yali, dan Lani, baik laki-laki maupun perempuan, lengkap dengan pakaian adat mereka masing-masing. Para pria akan menggunakan koteka, penutup alat kelamin yang dipakai oleh suku-suku di Papua. Wajah mereka juga dipenuhi dengan berbagai hiasan dan pernak-pernik tradisional, seperti mikak (kalung), dan wamaik (taring babi).

Perempuan dari ketiga suku tersebut juga memakai rok tradisional dan berkalung noken. Kamu juga bisa melihat mumi. Mumi-mumi tersebut merupakan mumi dari kepala-kepala suku dan panglima perang yang sangat dihormati oleh suku Dani. Mumi-mumi tersebut pada hari biasa dapat dilihat di Distrik Kurulu, Distrik Assologaima dan Distrik Kurima.

Sejarah Festival Lembah Baliem

 

Tahun 1989 merupakan awal mula diselenggarakannya Festival Lembah Baliem. Festival ini awalnya hanya mempertunjukkan cerita penyerbuan ladang yang baru dibuka dan penculikan warga. Selain itu, festival ini juga memuat cerita perang antar suku, yaitu Suku Dani, Lani, dan Yali.

Saat itu, festival ini juga lebih menekankan pada ajang adu kekuatan antar suku. Festival ini sekarang masih terus berlangsung setiap tahunnya dan telah diselenggarakan sebanyak 28 kali, Sahabat!

Lokasi Festival Lembah Baliem

Jika kamu ingin berkunjung, Festival Lembah Baliem ini biasanya diadakan di Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Tahun 2019, festival ini akan diadakan sekitar tanggal 7-9 Agustus 2019 di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya. Selain menyaksikan berbagai pertunjukan, kamu juga bisa menikmati eksotisme alam di Papua. Apakah Sahabat tertarik menyaksikan langsung Festival Lembah Baliem di Papua Tahun 2019 ini?

Cara Menuju ke Festival Lembah Baliem

Sumber : Triptus.com

 

Karena lokasi Festival Lembah Baliem berada di ujung timur Indonesia, ada banyak kesulitan yang akan dihadapi untuk ke sana. Jika kamu ingin menuju Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, kamu harus membeli tiket pesawat dengan tujuan ke Wamena. Sebelum menuju Wamena, pesawat akan transit di Jayapura. Namun, jika kamu baru pertama kali mengunjungi Papua, ada baiknya kamu mengikuti paket perjalanan yang memang dikhususkan untuk menikmati festival ini. Tujuannya agar perjalanan kamu lebih lancar dan menyenangkan.


Wah, memang menarik sekali, ya, Festival Lembah Baliem di Papua ini. Yuk, jadikan Festival populer di dunia ini tujuan destinasi wisata ke Papua selanjutnya!


Keterangan
Lokasi : jayawijaya, papua