Dodol Ny.Lauw, Kudapan Legendaris Khas Tangerang yang Tidak Lekang Dimakan Waktu

Sahabat, siapa yang tidak tahu dodol? Ya, kudapan tradisional yang satu ini identik dengan perayaan hari raya imlek dan masih digemari hingga sekarang. Bahkan, ada beberapa produsen dodol legendaris yang masih beroperasi dan menggunakan teknik memasak tradisional. Seperti Dodol Ny.Lauw di Kota Tangerang. Sebuah akun bernama @r1nald1 berhasil mengabadikan proses pemasakan dodol untuk mengikuti Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance. Lalu, foto ini berhasil menempati juara favorit ketiga, loh. Jadi, sebenarnya apa sih spesialnya dodol Ny.Lauw ini? Yuk simak dibawah.

Sejarah Dodol Ny.Lauw

 

Dodol Ny.Lauw pertama kali diproduksi pada tahun tahun 1969. Pada saat itu, Lauw Nyim Keng, pendiri dodol Ny.Lauw memperhatikan bahwa tetangganya suka membuat dodol untuk dibagikan ke kerabat pada saat perayaan hari raya imlek. Dodol dibagikan sebagai tanda silaturahmi. Melihat kebiasaan ini, Ny.Lauw berpikir bahwa ini adalah peluang usaha yang bagus dan akhirnya membuat beliau memproduksi dodol buatan sendiri yang diberi nama Dodol Ny.Lauw. Terhitung, dodol Ny.Lauw kini sudah berdiri selama 49 tahun.

Dodol Ny. Lauw sekarang

Sumber : bukalapak

 

Walaupun sudah beroperasi selama puluhan tahun, dodol Ny.Lauw masih kerap digemari oleh pelanggan setia maupun yang baru mencoba. Salah satu alasan mengapa dodol Ny.Lauw memiliki cita rasa yang sama sejak pertama kali dibuat adalah cara memasaknya. Seperti yang telah diabadikan dalam foto di atas, Dodol Ny.Lauw dimasak dengan cara tradisional. Dodol dimasak menggunakan kayu bakar. Lalu, beras ketan yang menjadi bahan bakunya diolah dengan cara ditumbuk, bukan digiling. Sehingga dodol yang dihasilkan menjadi legit dan enak. Hal inilah yang menjadikan dodol Ny.Lauw berbeda dengan dodol lainnya.

Varian Rasa Dodol Ny.Lauw

Sumber : Tokopedia

 

Dengan cita rasa yang tradisional, Dodol Ny.Lauw memproduksi tiga varian rasa yang bisa membuat Sahabat ketagihan saat mencobanya. Berikut tiga varian rasanya:

 

  1. Dodol Lapis

Varian dodol ini dibuat menggunakan resep tradisional yang terjamin keasliannya. Sehingga tidak heran jika cita rasa dari dodol ini sangat legit dan enak sampai sekarang.

 

  1. Dodol Wijen

Dodol wijen juga tersedia di dodol Ny.Lauw. Menggunakan resep yang sama dengan dodol lapis, pembedanya adalah dodol wijen diberikan tambahan wijen oseng sehingga cita rasa dodol menjadi lebih garing dan wangi.

 

  1. Dodol Duren

Bukan dodol namanya jika tidak ada yang mempunyai wangi duren. Ya, bagi Sahabat yang menyukai buah durian, jangan khawatir karena dodol Ny.Lauw juga memproduksi dodol yang memiliki aroma buah durian. Sehingga membuat Sahabat lebih lahap saat memakannya.

Lokasi dan Harga Dodol Ny.Lauw

 

Dodol Ny.Lauw tidak membuka cabang dimanapun. Sehingga Sahabat perlu pergi ke Kota Tangerang jika ingin mencicipi dodol legendaris ini. Dodol Ny.Lauw terletak di Jalan Lio Neglasari, Kota Tangerang. Lebih tepatnya di dekat pintu air sepuluh.

 

Selain itu, kudapan ini bisa dijadikan untuk oleh-oleh. Sahabat perlu merogoh kocek sebesar Rp75.000 hingga Rp90.000 per kilonya sesuai dengan varian rasa yang Sahabat inginkan. Lalu jika Sahabat ingin memesan dodol ini untuk hari raya imlek, ada baiknya untuk memesan jauh-jauh hari karena dodol ini akan menjadi buruan banyak pelanggan.

 

Bagaimana Sahabat? Terlihat sangat enak bukan kudapan tradisional yang satu ini? Jangan lupa untuk mampir dan membeli dodol Ny.Lauw saat berkunjung ke Tangerang ya, Sahabat!


Keterangan
Lokasi : tangerang, banten
Jelajah BANTEN

03-12-2017 10:35 PM
AliefaCollection Com

18-09-2017 10:43 AM
Emping Melinjo

18-09-2017 10:01 AM
Rumah Adat Banten

18-09-2017 9:44 AM
Pantai Tanjung Lesung