Labuan Cermin, Danau Dengan Air Bak Cermin Di Kalimantan Timur

Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam di berbagai daerah. Kondisi geografis di negara inilah yang menghasilkan bentang alam yang begitu unik. Salah satunya ada di Pulau Kalimantan yang memiliki destinasi wisata yang sangat indah bernama Labuan Cermin.

Mau tahu seberapa indah danau Labuan Cermin ini, Sahabat? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini, ya!

Danau Indah Bak Cermin Raksasa

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu objek wisata air yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur atau lebih tepatnya berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur.

Untuk sampai ke lokasi ini Sahabat bisa menempuh perjalanan darat dari Bandara Kalimarau dengan waktu perjalanannya cukup lama bahkan bisa mencapai hingga 8 jam. Sahabat bisa menggunakan jasa travel yang ada di Kabupaten Berau agar perjalanan jadi lebih mudah. Selain itu, Sahabat juga bisa menghemat energi karena semua kebutuhan perjalanan sudah dipersiapkan oleh pihak travel.

https://dolanyok.com/wp-content/uploads/Wisatawan-Labuan-cermin.jpg

Meskipun perjalanan yang ditempuh sangat jauh dan memakan waktu sangat lama, semua rasa lelah tersebut dapat terbayar setelah Sahabat melihat keindahan dari Labuan Cermin ini. Sesuai namanya, air yang ada di danau ini memang terlihat seperti cermin raksasa. Bahkan Sahabat bisa melihat dasar bebatuan di dasar danau saking beningnya.

Nggak hanya Danau Labuan Cermin saja yang indah, namun pemandangan sekitar danau juga pasti akan membuat kagum siapapun yang melihatnya. Danau Labuan Cermin ini dikelilingi oleh hutan bakau yang dipenuhi oleh pepohonan yang sangat rimbun sehingga sangat tepat untuk dijadikan tempat melarikan diri dari keramaian.

Danau Dengan Dua Rasa

Apa yang menjadikan danau ini terlihat begitu bening? Nah, ternyata terdapat dua lapisan air di sini, di mana lapisan permukaan merupakan air laut asin sedangkan pada bagian dasar danau merupakan air tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga air di danau dapat memantul. Selain itu air ini membuat danau memiliki dua rasa air yang berbeda sehingga tak jarang orang menyebutnya dengan panggilan “Danau Dua Rasa”.

https://ksmtour.com/media/images/articles13/danau-labuan-cermin-kalimantan-timur.jpg

Hal menarik lainnya dari Danau Labuan Cermin adalah airnya yang begitu tenang sehingga cocok untuk untuk berenang. Meskipun terlihat dangkal, tetapi Sahabat harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 sampai 5 meter.

Fasilitas Yang Cukup Lengkap

Danau Labuan Cermin juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup menarik seperti tersedianya alat snorkeling lengkap beserta pelampungnya untuk menyelam ke dalam danau. Jika Sahabat nggak ingin basah-basahan juga masih ada penyewaan ban yang memiliki kaca transparan di bawahnya, jadi Sahabat bisa melihat keindahan dasar danau tanpa perlu menyelam.

Jika Sahabat ingin menginap di kawasan ini, juga tersedia biduk-biduk penginapan. Harganya juga beragam mulai dari Rp100.000,- sampai Rp300.000,-. Namun, Sahabat yang ingin menghemat uang dalam perjalanan alias backpacking, bisa juga menginap di rumah warga di sekitar biduk-biduk.

Labuan Cermin menjadi destinasi wisata yang wajib untuk Sahabat datangi. Apalagi jika Sahabat hendak plesir ke Pulau Derawan dan Maratua. Jadi, nggak ada salahnya untuk memasukkan Labuan Cermin ini ke dalam daftar kunjungan di Kalimantan, ya!




Keterangan
Lokasi : berau, kalimantan timur
Jelajah KALIMANTAN TIMUR

10-08-2017 9:42 AM
Dandito

09-03-2018 3:53 AM
Tabligh Akbar HUT Balikpapan