Cokelat Monggo, Cokelat Lokal Yogyakarta yang Nikmat

Siapa tak suka cokelat, si legit eksotis yang telah menjadi favorit sejak ratusan tahun lalu. Sahabat, beruntung kita lahir pada zaman ketika cokelat bisa dengan mudah diperoleh. Di masa-masa awal penemuannya, mengonsumsi cokelat adalah sebuah kemewahan. Tidak semua kalangan sanggup menyuguhkan cokelat di rumah mereka. Dalam sejarah kebudayaan masyarakat Mesoamerika, biji cokelat bahkan sempat digunakan sebagai alat tukar setara mata uang.

Dari sekian banyak produk cokelat di pasaran, cokelat yang banyak digemari mayoritas masih didominasi merek asal luar negeri. Walau belum setenar merek impor, cokelat hasil produksi dalam negeri sangat layak dijajal oleh para pencinta cokelat sejati. Salah-satunya ialah Cokelat Monggo, cokelat lokal Yogyakarta yang nikmat. Kualitas dan rasanya tidak kalah dengan buatan negara-negara Eropa.

Baca juga: Kisah Baju Joger Bali yang Melegenda

Ihwal Mula Keberadaan

Cokelat Monggo merupakan hasil inspirasi seorang berkebangsaan Belgia. Maka tak heran ketika kepingan-kepingannya lumer di mulut, menghadirkan sensasi senikmat mengecap cokelat Belgia. Sejak mulai diperkenalkan pada tahun 2005, cokelat yang namanya dalam bahasa Jawa bermakna ‘silakan’, telah dipasarkan ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Bali.  

Keistimewaan yang Membuat Berbeda

Sahabat yang tengah menjalani program diet, tidak perlu khawatir ketika ingin mencicipi cokelat yang sangat menggugah selera ini. Setiap batangnya dibuat dari dark chocolate premium yang berasal dari biji kakao pilihan, dengan kandungan kakao sebanyak 69% sehingga relatif rendah lemak. Rasanya memang tidak semanis merek cokelat lain yang memiliki kandungan susu lebih tinggi.   

Kemasan cokelat yang memanfaatkan limbah kertas, yang didaur ulang kemudian diberi gambar bertema aneka ragam budaya Yogyakarta, membuatnya menjadi terlihat lebih unik dan menarik. Sangat cocok dijadikan buah tangan untuk orang tersayang.

Varian Rasa

Cokelat buatan anak bangsa ini memiliki varian rasa cukup banyak dan semuanya mengundang penasaran untuk dicicipi satu persatu. Beberapa di antaranya adalah : white chocolate, marzipan, macadamia, caramello, red chilli, mangga, dan durian.  

Kisaran Harga

Kisaran harga antara Rp29.000 hingga Rp100.000 masih sangat ramah di kantong, untuk cokelat lokal berkualitas dan bercita-rasa internasional.

Cara Membeli

Sumber: Spotnik

 

Sahabat yang kebetulan berada di Kota Yogyakarta bisa langsung menyambangi Kedai Cokelat Monggo di Jln. Dalem KG III/ 978, Purbayan, Kotagede. Jika kesulitan untuk datang ke sana, Sahabat masih bisa mendapatkannya ketika mampir ke tempat-tempat berikut: Museum Jawa Klasik, Mirota Batik, Mirota Kampus, dan Ullen Sentanu.

Untuk Sahabat yang berada di luar Yogyakarta, pembelian secara online dapat dilakukan di http://cokelatmonggo.blogspot.co.id.

Baca juga: Ini Dia Bakpia Legendaris dari Yogyakarta, Bakpia Pathok 25

Hasil penelitian ilmiah menyatakan bahwa makan cokelat, dengan kadar kokoa yang lebih tinggi daripada kandungan lainnya, efektif menurunkan tekanan darah. Selain itu, flavoids yang terkandung dalam cokelat dapat memacu sistem kekebalan tubuh dalam memproduksi enzim dan protein. Dengan kata lain, cokelat berguna untuk memerangi kanker, sakit jantung, dan penuaan dini.

Yuk, jangan takut makan cokelat. Kita dukung produk-produk lokal berkualitas seperti Cokelat Monggo, agar lebih mendapat tempat di pasar dalam negeri.


Keterangan
Lokasi : semarang, jawa tengah
Jelajah JAWA TENGAH

01-02-2018 4:27 PM
Event Bersama Pakudjembara 2017

10-08-2017 10:48 AM
Mandiri Rent Cars

10-08-2017 10:37 AM
Swiss-Belinn Saripetojo Solo

08-08-2017 9:06 AM
Pantai Maron

10-08-2017 11:05 AM
Wisata malam di Pasar Ngarsopuro