Cantiknya Bentukan Alam di Danau Love, Jayapura

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah. Papua diberkahi dengan alam yang indah, terbukti dari banyaknya destinasi wisata yang ada, seperti Puncak Trikora dan Taman Nasional Wasur. Namun, tahukah Sahabat bahwa di Papua terdapat sebuah danau yang unik?

Danau Love atau yang dikenal dengan Telaga Cinta merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kabupaten Jayapura, Papua. Dinamakan love karena bentuk danau menyerupai simbol cinta padahal nama aslinya adalah Danau Imfote. Keunikan inilah yang membuat Telaga Cinta begitu populer, tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan dari luar daerah Jayapura.

Mengintip Keindahan Telaga Cinta di Jayapura

Telaga Cinta berlokasi di Atabar, kecamatan Ebungfau, kabupaten Jayapura, Papua. Destinasi wisata ini terletak cukup jauh dari pusat kota Jayapura, mencapai 36 kilometer dengan waktu tempuh selama lebih dari satu jam perjalanan. Sementara dari kota Sentani waktu yang dibutuhkan hampir dua jam lamanya.  

Sesampainya di lokasi, rasa lelah selama berkendara menguap begitu saja. Sahabat akan merasakan kesegaran nan alami. Semangat pun kembali membara. Sejauh mata memandang, perbukitan hijau terbentang luas di hadapan. Sangat menyejukkan mata.

Dari atas bukit, Telaga Cinta tampak begitu indah, dikelilingi perbukitan nan hijau. Warna air yang kebiruan berpadu apik dengan warna di sekitarnya. Konon, di atas bukit inilah spot terbaik untuk swa foto. Bahkan tak jarang orang datang hanya untuk melakukan pengambilan gambar prewedding.

http://cms.akurat.co/images/uploads/images/danau.jpg

Selain cantik, danau ini tampak memesona. Nuansa romantis pun terasa kental, tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama pasangan. Meski panas menyengat, tetapi keindahannya berhasil memikat hati siapa pun yang datang bertandang.

Pesona Danau Love semakin menjadi kala matahari mulai tenggelam dari kejauhan. Warna keemasan berpendar, berkilauan terpantul air danau. Desau angin terdengar bagai simfoni yang indah.

Sayangnya, danau ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti tempat duduk, toilet, dan warung makan. Sahabat yang ingin menghabiskan waktu lebih lama harus membawa bekal makanan.

Kendati demikian, jalanan menuju danau ini tergolong memadai. Akan lebih baik lagi jika dapat ditingkatkan. Tujuannya, untuk menarik minat wisatawan. Pengelolaan wisata danau ini sudah cukup baik apalagi bila dikembangkan semaksimal mungkin oleh pemerintah setempat. Tidak menutup kemungkinan, obyek wisata ini menjadi favorit di Indonesia.

Asal Mula Nama Telaga Cinta, Danau Unik di kabupaten Jayapura

 

Telaga Cinta memang sudah ada sejak lama, tetapi baru menjadi perhatian publik di akhir tahun 2014, setelah dipublikasikan melalui Facebook oleh masyarakat setempat. Namanya pun berubah, yang semula Danau Imfote berganti menjadi Telaga Cinta.

Kabarnya, nama tersebut dicetuskan oleh seorang penduduk yang setiap hari melewati danau. Lantaran sering memerhatikan, ia pun mulai yakin bahwa Danau Imfote berbentuk hati. Alasan itulah yang membuatnya berani mengemukakan pendapat pada kepala desa setempat.

 

Nah, bagaimana Sahabat? Ternyata unik sekali ya Danau Love di Jayapura. Untuk menikmati keindahan alam di danau ini Sahabat harus berkunjung langsung ke Jayapura. Yuk Sahabat, liburan!

 


Keterangan
Lokasi : jayapura, papua