Bukit Tenau Sumba, Hamparan Sabana di NTT yang Cocok untuk Bermeditasi

Indonesia memiliki banyak panorama dan wisata alam yang menakjubkan, salah satunya yaitu Bukit Tenau Sumba. Bukit ini memang belum terlalu banyak diketahui para wisatawan dunia, tidak sepopuler Bali, namun sejatinya bukit yang terletak cukup dekat dengan Kota Waingapu tersebut sangatlah cantik dan eksotis.

Bukit Tenau Sumba merupakan hamparan sabana yang menghijau dengan bentuk yang sangat unik dan menarik. Hamparan sabana yang menyerupai bukit-bukit kecil ini tampak saling menyambung membentuk perbukitan yang begitu indah dan menyejukkan mata.

Di Bukit Tenau Sumba, sejauh mata memandang, Sahabat dapat merasakan kesejukan dan ketenangan. Sahabat dapat duduk santai di atas bukit sambil menikmati ketenangan dan embusan angin sepoi yang begitu menyejukkan. Di sini, Sahabat dapat bermeditasi dengan tenang dan nyaman, serta merasakan kedamaian jiwa. Setiap inci kawasan tersebut tentu menyajikan keindahan alam yang sangat memukau dan menenangkan. Begitu Sahabat merasakan keindahan kawasan ini, dijamin Sahabat merasa tak pernah ingin meninggalkannya.

Bukit Tenau Sumba terletak sekitar 15 km dari Kota Waingapu. Bukit tersebut dapat Sahabat capai dengan berkendara sepeda  motor sekitar 20 hingga 30 menit. Untuk mencapai bukit cantik ini ternyata belum terdapat petunjuk arah yang jelas, jadi untuk bisa sampai ke lokasi tersebut Sahabat harus menanyakan ke penduduk setempat agar tidak tersesat atau mengikuti arahan berikut ini:

Sebagai acuan untuk memudahkan Sahabat yang ingin menuju Bukit Tenau Sumba, dari Kota Waingapu Sahabat bisa melanjutkan perjalanan menuju Jembatan Kambaniru. Setelah melewati Jembatan Kambaniru, Anda akan dihadapkan pada persimpangan jalan. Ambil jalur ke arah kanan untuk menuju Bukit Tenau Sumba. Jika Sahabat mengambil jalur lurus, maka Sahabat akan menuju ke bandara.

Setelah mengambil jalur ke arah kanan di persimpangan yang pertama, selanjutnya Sahabat akan bertemu kembali dengan dua persimpangan jalan. Di persimpangan jalan yang pertama, Sahabat harus mengambil jalur ke arah kiri, selanjutnya pada persimpangan berikutnya Sahabat harus mengambil jalur ke arah kanan hingga mencapai kawasan Bukit Tenau Sumba yang hijau dan memesona.

Sumber : Instagram

Untuk menikmati keindahan dan kedamaian bukit cantik yang berada di Tanah Sumba tersebut memang sedikit diperlukan perjuangan, karena tidak ada angkutan umum yang bisa membawa para wisatawan dari Kota Waingapu menuju ke kawasan ini. Jadi, Sahabat harus menyewa motor atau mobil agar bisa sampai ke bukit yang sangat menawan ini.

 

Tanah Sumba memang terkenal sebagai salah satu surganya Indonesia, Bukit Tenau Sumba merupakan salah satu bukti betapa cantiknya Tanah Sumba. Jadi, jika Sahabat berkunjung ke NTT, pastikan tidak melewatkan destinasi wisata yang sangat cantik ini.