Bukit Kapur Jaddih, Tempat Wisata Bekas Pertambangan Kapur Yang Eksotis Di Madura

Madura merupakan daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata pantai, air terjun, bukit sampai hutan pun ada di sini. Nah, ada satu tempat wisata yang unik dan recommended untuk Sahabat nih, namanya adalah Bukit Kapur Jaddih. Tempat wisata ini sangat Instagramable dan menjadi salah satu tempat wisata andalan dari Madura.

Penasaran dengan Bukit Kapur Jaddih ini? Yuk, simak informasinya di bawah ini, Sahabat!

Mengenal Bukit Kapur Jaddih di Madura

Percaya atau nggak, dulunya Bukit Kapur Jaddih ini adalah kawasan penambangan kapur putih, lho. Sampai saat ini pun di beberapa sudut masih terdapat aktivitas penambangan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya truk dan kendaraan berat yang berlalu lalang. Namun, karena pemandangan yang sangat unik dan bagus, banyak wisatawan tetap datang ke tempat ini.

https://www.flickr.com/photos/7262046@N04/34329205603/in/photolist-Uiy9Pe-AFUBE1-QD6RP1-P5JVs4-DCEWyH-CPy5Xp-EjqiLz-F63U7w-GENt4A-FgJmte-EjiKzn-TPyRJA-22EAwvn-T88ANN-UkNspC-TPxp5L-WVheYH-VdsbaT-RWTRBm-UkRhyE-RuXp3C-SxGZ4A-2cK8cEw-JKT5Lo-V7ytSp-26wc7Bq-GcJkwf-D9LjTw-CPwLqB-CPy9na-DAwUuS-DJCez1-ScAXms-Q99qoL-SJa1cQ-qksaGW-wjPbqC-vEpCkd-wBUUz6-wAJ4XU-wjNzCj-SxH6Th-xUCwPT-FgHbWk-F8f7cD-Ej6bYW-FgHAYZ-F64gcY-F8nA8p-EPb75E

Lokasi Bukit Kapur Jaddih ini berada di kecamatan Socah, Desa Jaddih, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur. Bukit ini berjarak 10 kilometer dari pusat Kabupaten Bangkalan dan berjarak 28 kilometer dari Kota Surabaya. Nah, untuk masuk ke tempat ini, Sahabat cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp5.000,- per orangnya. Dengan tiket terjangkau dan dapet nuansa indah, oke banget kan, Sahabat?

Bukit Kapur Jaddih yang Eksotis

Meskipun dikenal sebagai tempat penambangan, Bukit Kapur Jaddih ini memiliki daya tarik wisata yang sangat tinggi, terutama saat sunrise. Sahabat bisa melihat keindahan cahaya yang memancar perlahan dari balik bukitnya. Paduan sinar matahari pagi dengan bukit-bukit berwarna putih akan menghasilkan suasana yang lain daripada yang lain.

Berbeda dengan wisata bukit kapur di tempat lain, di Bukit Kapur Jaddih ini terdapat kolam air berwarna kebiruan. Kolam tersebut sangat cocok digunakan sebagai background untuk berfoto karena sangat Instagramable. Warna air yang biru ditambah dengan bukit kapur yang putih akan membuat perpaduan warna yang sangat menarik.

https://www.flickr.com/photos/franciscus_nanang_t/22767739224/in/photolist-Uiy9Pe-AFUBE1-QD6RP1-P5JVs4-DCEWyH-CPy5Xp-EjqiLz-F63U7w-GENt4A-FgJmte-EjiKzn-TPyRJA-22EAwvn-T88ANN-UkNspC-TPxp5L-WVheYH-VdsbaT-RWTRBm-UkRhyE-RuXp3C-SxGZ4A-2cK8cEw-JKT5Lo-V7ytSp-26wc7Bq-GcJkwf-D9LjTw-CPwLqB-CPy9na-DAwUuS-DJCez1-ScAXms-Q99qoL-SJa1cQ-qksaGW-wjPbqC-vEpCkd-wBUUz6-wAJ4XU-wjNzCj-SxH6Th-xUCwPT-FgHbWk-F8f7cD-Ej6bYW-FgHAYZ-F64gcY-F8nA8p-EPb75E/

Semakin spesial, tempat ini ternyata juga dekat dengan wisata sejarah seperti bungker peninggalan Belanda, lho Sahabat. Bungker ini dulunya digunakan oleh Belanda sebagai tempat penyimpanan senjata. Di dekat tempat tersebut juga terdapat goa Jepang, namun jika ingin ke tempat ini disarankan untuk datang saat weekend karena kabarnya goa jepang ini hanya buka saat weekend.

Persiapan Sebelum Datang Ke Bukit Kapur Jaddih

Mengingat Bukit Kapur Jaddih merupakan area pertambangan, pastinya lingkungannya sangat gersang dan bersuhu panas. Sebaiknya, Sahabat membawa payung, topi kacamata hitam dan memakai sunblock agar terhindar dari sengatan sinar matahari. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan masker karena area ini cukup berdebu apalagi jika sedang padat pengunjung.

Jika Sahabat ingin merasakan suasana yang damai di tempat ini bisa datang pada weekdays karena pengunjungnya yang nggak terlalu ramai. Jadi, segera siapkan waktu libur untuk datang ke Bukit Kapur Jaddih ini, ya!




Keterangan
Lokasi : surabaya, jawa timur
Jelajah JAWA TIMUR

06-08-2017 8:38 AM
Bumi Surabaya City Resort

04-12-2018 10:25 AM
Yoiki Ngalam (Malang)

08-08-2017 7:47 AM
Rental Mobil Banyuwangi.com