Bersiaplah Terpesona dengan Indahnya Goa Batu Hapu

Halo, Sahabat. Bagi Sahabat yang gemar berwisata, mengunjungi lokasi yang unik dan menarik tentunya sudah menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan ketika berwisata. Bagi Sahabat yang sedang, atau berencana untuk berwisata ke Kalimantan Selatan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi lokasi wisata alam yang cukup menarik, yaitu Goa Batu Hapu.

Menurut penduduk sekitar, cerita terbentuknya Goa Batu Hapu mirip dengan cerita Malin Kundang dari Padang, Sumatera Barat. Asal-usul goa tersebut yakni dari puing-puing kapal milik seorang anak durhaka bernama Angui. Angui yang telah sukses dan berhasil menikahi seorang putri raja dalam perantauannya enggan mengakui ibu kandungnya, seorang janda miskin yang bernama Nini Kudampai ketika pulang ke kampung halamannya. Sang ibu yang murka akhirnya mengutuk Angui menjadi batu.

Di Manakah Objek Wisata Goa Batu Hapu?

Sumber: Indonesiakaya.com

Goa Batu Hapu terletak di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Lokasinya dapat diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor dan berjarak sekitar 154 km dari Kota Banjarmasin dan sekitar 43 km dari Kota Rantau. Sahabat dapat menemukan lokasi wisata ini di dekat Pasar Binuang, jarak yang harus ditempuh dari pasar Binuang sekitar 16 km.

Walaupun terletak di pedesaan, jalan menuju lokasi wisata ini tergolong baik dan layak untuk dilalui kendaraan bermotor. Suasana pedesaan dan pegunungan yang bersahabat akan menemani Sahabat selama perjalanan menuju lokasi wisata, jadi Sahabat tidak perlu khawatir akan merasa bosan selama perjalanan. Sahabat dapat memarkir kendaraan di lahan parkir yang telah disediakan setelah sampai pada pos penjagaan lokasi wisata.

Seperti Apakah Keindahan Goa Batu Hapu?

Meskipun objek wisata ini identik dengan kisah mitosnya yang terkenal, Sahabat tidak perlu ragu untuk mengunjunginya, karena keindahan dan kesejukan yang dapat Sahabat rasakan ketika sudah tiba di goa yang terletak di antara pegunungan ini. Namun, Sahabat harus mempersiapkan lampu senter atau headlamp sebelum memasuki goa ini, karena tidak ada penerangan di dalam goa.

sumber: geosecretlife.blogspot.com

Kesan pertama para turis yang masuk ke dalam Goa Batu Hapu mungkin adalah kesan mistis dan menyeramkan, karena kegelapan dan kesunyian di dalamnya. Namun jangan khawatir, setelah disoroti cahaya dari senter atau pantulan sinar matahari di siang hari, isi goa yang mayoritas adalah stalaktit dan stalakmit ini akan mengubah pemandangan menjadi begitu menakjubkan.

Waspada dengan kondisi jalanan di dalam goa yang serba basah, lembap, dan licin. Oleh karena itu, Sahabat harus memakai sepatu atau sandal yang aman dan tidak membuat Sahabat tergelincir. Satu hal lagi yang perlu diingat, jika Sahabat ingin mengambil foto, pilihlah bagian dalam goa yang masih normal (belum dirusak atau dicoret-coret). Ternyata Goa Batu Hapu juga telah menjadi salah satu korban vandalisme oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Seusai berwisata, Sahabat mungkin akan merasa lapar dan haus, namun sayangnya di sekitar Goa Batu Hapu jarang sekali ada kios yang menjual jajanan atau masakan khas daerah tersebut. Jadi, Sahabat disarankan untuk membawa perbekalan yang ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Jadi, selamat berwisata ke Goa Batu Hapu, ya, Sahabat!


Keterangan
Lokasi : banjarmasin, kalimantan selatan