Agar Puas, Yuk Baca Tips Ini Sebelum Berkunjung ke Candi Borobudur

Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Syailendra yang merupakan salah satu warisan kebudayaan dunia. Candi Borobudur ini juga sudah diakui sebagai monumen candi Buddha termegah di dunia. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke candi ini.

Mengingat Candi Borobudur ini memiliki ukuran yang sangat besar dan luas. Jadi untuk sampai ke puncaknya pun tentu butuh perjuangan, Sahabat. Nah, jika Sahabat baru pertama kali berkunjung ke Candi Borobudur simak tips di bawah ini agar kunjungan terasa makin menyenangkan, ya!

Pakai Alas Kaki yang Nyaman dan Kacamata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Candi Borobudur ini memiliki ukuran yang sangat luas, terlebih lagi untuk sampai ke puncaknya butuh perjuangan ekstra. Untuk itu Sahabat perlu membawa alas kaki yang nyaman, karena jika tidak kaki Sahabat bisa lecet, lho. Jika Sahabat datang pada waktu siang hari, bisa membawa perlengkapan tambahan, yaitu kacamata untuk menghindari cahaya yang terlalu silau.

Hindari Bawa Barang Bawaan Terlalu Banyak

Jangan membawa barang bawaan yang terlalu banyak, ya! karena bisa mengganggu perjalanan selama berlibur di Candi Borobudur. Sebaiknya bawa perlengkapan yang dibutuhkan saja, seperti kamera, uang tunai, makanan ringan dan air minum.

Bawa Payung dan Topi

Payung bukan hanya sebagai perlengkapan di saat hujan, namun juga pada waktu panas terik. Di Candi Borobudur memang banyak tempat untuk berteduh, namun jika sudah masuk ke dalam kompleks candinya tidak akan ada lagi tempat untuk berteduh. Sebaiknya Sahabat membawa payung jika berkunjung saat siang hari dan berjaga-jaga jika hujan turun

Pilih Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Setiap tempat wisata tentu ada waktu terbaik untuk berkunjung, ya. Nah, waktu terbaik untuk berkunjung di Candi Borobudur adalah di pagi hari dan sore hari. Saat pagi, Sahabat bisa merasakan sejuknya hawa di sekitar lokasi candi. Kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise di sini, lho. Sore hari pun juga sangat mengesankan apalagi datang saat sunset tiba. Pemandangan dari puncak candinya akan tampak sangat menakjubkan, Sahabat!

Dengan berbagai tips tersebut, Sahabat kini bisa lebih maksimal untuk berkunjung ke Candi Borobudur. Selain persiapan fisik yang sehat, tentu harus didukung dengan perlengkapan yang memadai. Tak ada salahnya untuk mampir ke kedai makanan lokal untuk merasakan nikmatnya kuliner sekitar Candi Borobudur.

sumber : trivindo.com

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga tiket masuk di Candi Borobudur sekitar Rp30.000 untuk dewasa dan Rp12.500 untuk anak-anak di bawah 6 tahun (harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan). Jika Sahabat datang bersama rombongan bisa mendapatkan diskon harga 10% dengan minimal 30 orang pengunjung.

Jika sudah puas berkunjung ke Candi Borobudur, jangan sungkan untuk berkunjung ke pengrajin gerabah yang ada di Klipoh sekitar Candi Borobudur. Di tempat itu Sahabat bisa belajar lebih banyak tentang kehidupan masyarakat lokal.

 

Berkunjung ke Candi Borobudur memang harus dengan persiapan yang matang agar pengalaman yang didapatkan akan menjadi kenangan manis nantinya. Berbagai tips dan panduan tersebut bisa Sahabat terapkan saat berkunjung, ya. Jangan lupa untuk menjelajah destinasi wisata lain di sekitar Candi Borobudur, ya!


Keterangan
Lokasi : magelang, jawa tengah
Jelajah JAWA TENGAH

08-08-2017 8:56 AM
Tahu Gimbal

15-11-2017 10:05 AM
Kebumen

13-12-2017 7:53 AM
TING TING GEPUK

10-08-2017 11:05 AM
Wisata malam di Pasar Ngarsopuro