Bentor, Transportasi Tradisional Asli Medan yang Masih Bertahan Hingga Kini

Sahabat, tentunya kamu sudah nggak asing lagi dengan bentor atau becak motor. Kendaraan ini merupakan gabungan antara becak dengan mesin motor sebagai tenaga penggerak. Becak motor dikenal sebagai alat transportasi asli Medan yang sampai sekarang masih banyak digunakan, bahkan di luar Kota Medan.

Namun, tahukah kamu di mana letak perbedaan becak motor di Medan dengan becak motor lainnya? Berbeda dengan becak motor yang Sahabat jumpai di kota-kota di Pulau Jawa atau kota lainnya, tempat duduk penumpang pada becak motor di Medan tidak berada di depan pengemudi, melainkan di sebelah kiri pengemudi.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang bentor Medan dan sejarah di balik kendaraan yang satu ini? Yuk, simak artikelnya hingga selesai, ya.

Sejarah Bentor Asli Medan

Sumber : federaloil.co.id

 

Bentor di Kota Medan memang memiliki ciri khas tersendiri jika dibanding becak motor di kota-kota lain. Selain tampilannya, hal lain yang membuatnya berbeda adalah adanya Peraturan Pemerintah Kota Medan yang mengatur tentang jenis motor yang boleh digunakan sebagai penggerak becak. Peraturan ini juga mengatur tentang tentang jalur atau wilayah Kota Medan yang boleh dilalui oleh becak motor.

Menurut sejarah, becak motor di Medan sudah ada sejak tahun 1960-an. Pertama kali kendaraan ini ada, bentuknya nggak seperti becak motor yang kamu jumpai saat ini, Sahabat. Dulu, kendaraan ini menggunakan mesin dari Jerman dengan merek Rex. Mesin sederhana dengan silinder kecil ini mulanya dipasang pada becak dayung.

Kemudian, tenaga penggerak becak beralih ke sepeda kumbang Gobel. Mesin yang dipasang pada sepeda tersebut akan menyala ketika sepeda dikayuh. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, becak motor benar-benar menggunakan mesin motor sebagai tenaga penggerak.

Motor pertama yang digunakan pada becak motor di Medan adalah motor klasik sejenis BSA Norton yang bermesin 350cc-500cc, Drampt Kraft Wagen (DKW), Birmingham Small Arm (BSA) buatan Inggris, Triumph, BMW, dan Harley-Davidson. Motor-motor klasik tersebut merupakan motor yang tahun pembuatannya di mulai tahun 1941, 1948, 1952, dan 1956. Beberapa di antaranya bahkan pernah digunakan sebagai kendaraan perang.

Melihat Wajah Bentor di Setiap Daerah

 

Becak motor merupakan kendaraan umum yang banyak digunakan di daerah Sumatera. Namun, tahukah Sahabat? Becak motor yang Sahabat jumpai di berbagai daerah di Sumatera, ternyata menggunakan mesin motor yang berbeda-beda, lho.

Coba Sahabat perhatikan bentor yang ada di Medan. Saat ini, motor yang digunakan pada becak motor di Medan, kebanyakan adalah motor dengan merek Win. Meski beberapa becak motor dengan motor klasik, terkadang masih bisa  Sahabat dijumpai di beberapa titik kota tersebut. Becak motor dengan motor klasik memang mulai dilarang digunakan di Medan. Karena mesin pada motor klasik cenderung menimbulkan polusi udara yang lebih besar dibanding motor lainnya.

Sumber : kaskus

 

Merek berbeda oleh becak motor di gunakan di Padang Sidimpuan. Becak motor di kota ini menggunakan Vespa. Jika diperhatikan bentuknya, becak motor Padang Sidimpuan nggak jauh berbeda, kok, dengan becak motor di Medan. Hanya saja, diameter roda becak motor ini lebih kecil karena untuk mengimbangi tinggi motor vespa yang digunakan.

Nah, kalau sahabat kepingin naik becak motor yang digerakkan oleh motor sport keren, langsung deh ke Tebing Tinggi. Karena becak motor di kota ini menggunakan motor-motor, seperti Suzuki Thunder, Honda Tiger, bahkan Kawasaki Ninja!

Sumber : beritagar.com

Hal berbeda juga ditunjukkan pada becak motor yang ada di Kepulauan Riau. Di Pulau Penyengat yang termasuk bagian dari Kepulauan Riau, kursi penumpang pada becak motor telah dimodifikasi dengan apik. Atap dari becak motor di sini dipasang pada rangka tetap, sehingga tidak bisa dibuka atau ditutup.


Nah, Sahabat, jika dulu kamu hanya kenal dengan bentor Medan saja, kini kamu tahu bahwa ada berbagai jenis dan model becak motor yang ada di Sumatera. Bagikan informasi ini ke teman-temanmu juga, ya. Agar mereka juga tahu perbedaan becak motor Medan dengan becak motor lainnya.


Keterangan
Lokasi : medan, sumatera utara
Jelajah SUMATERA UTARA

23-07-2017 12:58 PM
Kampung Ladang

23-07-2017 12:56 PM
Danau Toba

23-07-2017 1:03 PM
Kacang Sihobuk

23-07-2017 12:47 PM
Merdeka Walk

23-07-2017 12:55 PM
The Le Hu Garden