Bandeng Lumpur, Sambal Ceremai,  Lalap Salam Koja

Tapak Bumi Eco-Village (TBE-V) bukan restoran, melainkan sebuah tempat pendidikan konservasi alam yang digagas dan dibangun oleh arsitek dan pemerhati bambu, DAS Albantani.
Berdiri di atas tambak-tambak bandeng keluarga seluas sekitar 5 hektare, sekitar seratus meter di sisi timur kanal masuk Pelabuhan Karangantu, Banten Lama, TBE-V dibangun dengan konsep rumah-rumah bambu beratap kraras/rumbia, dengan bangunan utama berupa rumah panggung terbuka yang bisa berfungsi sebagai ruang serbaguna untuk pameran benda seni, ruang diskusi dan seminar, atau  untuk pertemuan keluarga dan arisan RT.

    Tak sulit mencapai lokasi TBE-V. Kendaraan roda empat bisa parkir di halaman Pelabuhan Karangantu, sekitar 14 km ke arah utara dari gerbang tol Serang Barat. Bagi pengguna kereta api ekonomi Tanah Abang–Anyer,   turunlah di Stasiun KA Karangantu. Dari situ bisa naik becak, sepuluh menit ke pelabuhan,  untuk kemudian berjalan kaki (atau bersepeda) sekitar seratus meter ke lokasi TBE-V.

    TBE-V berkonsep mandiri. Air tawar dan pengadaan sumber listrik misalnya, didapat dengan memanfaatkan sistem pembangkit bertenaga kincir angin. Singgah dan bermalam di TBE-V yang dilengkapi akomodasi rumah bambu dan perlengkapan berkemah untuk 24 orang amat sangat menyenangkan. Untuk makan minum? Pengelola siap dengan beberapa menu andalan, seperti Goreng Kepiting Soka Lada Hitam, Sayur Tutut atau Keong Emas, serta Bandeng Lumpur (bandeng segar yang disalut lumpur, sebagai pengantar panas, sebelum dipanggang di atas api).
Nasinya dari beras merah, sambal ceremai, dan lalap salam koja yang di kawasan itu populer sebagai bagal-tikus. Menginap plus makan tiga kali dan coffe break cuma Rp200.000 per orang. Tertarik mencoba tinggal di atas tambak bandeng?

Lokasi: DAS Albantani (0811139994)

Courtesy of https://www.femina.co.id/food-review/berburu-kuliner-khas-tanah-banten


Keterangan
Lokasi : serang, banten
Jelajah BANTEN

18-09-2017 9:39 AM
Nasi Sumsum

18-09-2017 9:47 AM
Pulau Sangiang

15-11-2017 10:12 AM
Anyer