5 Oleh-Oleh Khas Manado yang Wajib Kamu Borong Saat Berkunjung ke Sana

Manado dikenal memiliki banyak destinasi tempat wisata alam yang menakjubkan. Tak heran jika nama kota ini dikenal luas sampai ke mancanegara. Salah satu destinasi yang paling terkenal adalah Taman Laut Bunaken yang menjadi surga bawah air terbaik bagi para diver dunia.

 

Setelah puas menjelajah kota Manado, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Manado ketika pulang ke kota asal, ya. Banyak oleh-oleh yang bisa Sahabat temukan di Manado, dari sajian makanan hingga pernak-pernik yang menarik. Yuk, simak apa saja oleh-oleh yang wajib Sahabat bawa dari Manado di bawah ini!

 

  1. Kacang Goyang, Kacang Warna Warni yang Menarik Hati

Sumber : Flickr

 

Kacang goyang merupakan salah satu camilan khas Manado yang berbahan dasar kacang berlapis tepung. Sebenarnya kacang goyang ini hampir mirip seperti kacang atom, namun pada lapisan luarnya masih ditambahkan gula dan pewarna. Pada proses pembuatannya pun harus digoyang-goyang, dari situlah asal nama kacang goyang, Sahabat.

 

Teksturnya yang renyah ditambah warna-warni yang indah tentu membuat jajanan ini wajib Sahabat bawa pulang sebagai buah tangan. Harganya berkisar antara Rp10.000,- sampai Rp25.000,- per kemasan. Kacang goyang banyak dijual di berbagai pusat oleh-oleh khas Manado, namun yang paling terkenal karena rasanya ada di Kotamobagu.

 

2. Panada, Makanan Legendaris Peninggalan Portugis

Sumber : Flickr

 

Oleh-oleh selanjutnya yang wajib dibawa pulang adalah panada. Sebetulnya makanan ini merupakan peninggalan Portugis yang datang ke Minahasa. Namun, seiring berjalannya waktu, panada malah jadi makanan khas Manado, Sahabat.

 

Makanan ini berbentuk pastel dengan isian ikan cakalang yang dibumbui cabe merah, kemangi, daun bawang, bawang merah dan daun jeruk. Sudah kebayang enaknya, kan? Harga satuan untuk panada ini biasa dijual dengan harga bervariasi mulai dari  Rp1.250,- tergantung ukuran dan isinya.

 

3. Halua Kenari, Si Manis Teman Ngopi

Sumber ; Gotravelly.com

 

Yakin rela meninggalkan Manado tanpa oleh-oleh satu ini? Halua kenari adalah makanan khas Manado yang berbahan dasar kacang kenari dan gula merah. Halua kenari adalah salah satu makanan yang nggak bisa Sahabat temukan di tempat lain selain Manado, lho.

 

Kacang kenari yang dicampur dengan gula merah yang sudah dicairkan sebelumnya sangat cocok untuk teman ngopi Sahabat. Rasanya sangat manis, gurih dan renyah ketika masuk ke dalam mulut.

 

Untuk mendapatkan makanan ini, Sahabat bisa datang ke pusat oleh-oleh Manado. Penganan ini memiliki kisaran harga bervariasi mulai dari Rp10.000,- hingga Rp45.000,- per kemasan.

 

4. Dodol Amurang, Dodol Khas Manado

Sumber : Gotravelly.com

 

Manado juga punya dodol khasnya sendiri, namanya adalah dodol amurang. Terbuat dari beras ketan, gula aren, minyak kelapa murni, kacang dan kayu manis; dodol amurang memiliki cita rasa legit. Dodol ini memiliki bentuk seperti permen yang dibungkus dengan daun kelapa. Harga dari dodol amurang sekitar Rp500,- sampai Rp5.000,- tergantung ukurannya, ya.

 

5. Kain Bentenan Khas Minahasa yang Indah di Mata

Sumber : Gotravelly.com

 

Kain bentenan merupakan kain khas Minahasa yang terbuat dari bahan alami. Kain ini terbuat dari bahan alami seperti serat kulit kayu dari pohon Sawukouw dan Lahendong. Ada juga yang terbuat dari serat nanas, bambu atau pisang. Kain bentenan memiliki berbagai motif dengan warna yang beragam yang bisa Sahabat pilih. Kisaran harganya sendiri dijual mulai harga Rp100.000,- atau lebih mahal tergantung dari motif dan ukurannya.

 

Setelah puas berwisata ke berbagai destinasi wisata di Manado tak ada salahnya mampir untuk membeli oleh-oleh tersebut. Nggak hanya oleh-oleh makanan saja, namun berbagai cinderamata khas Manado juga bisa diborong sebagai buah tangan untuk orang-orang terdekat Sahabat. Jangan ragu untuk bertanya pada warga lokal dan meminta saran tempat membeli oleh-oleh yang terbaik, ya, Sahabat!


Keterangan
Lokasi : manado, sulawesi utara
Jelajah SULAWESI UTARA

19-07-2017 3:02 AM
Taman Laut Tumbak

19-07-2017 3:01 AM
Bukit Kasih

19-07-2017 3:18 AM
Tari Maengket

19-07-2017 3:00 AM
Es Manado

19-07-2017 3:04 AM
Bobocha Siladen